Air Terjun Tiu Pituq. Pulau Lombok merupakan wilayah dengan segudang lokasi wisata alam dengan keindahan yang menakjubkan, pantai-pantainya yang terkenal tidak saja di dalam negeri tapi juga sudah kesohor hingga ke mancanegara, menjadikan Pulau Lombok sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit di Indonesia.

Selain pantai-pantainya yang indah, wisata gunung dan air terjunnya juga tak kalah menarik dan indah untuk dikunjungi. Sebut saja Gunung Rinjani, air terjun Tiu Pupas, Tiu Teja dan Tiu Kelep juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Diantara tempat-tempat wisata yang cukup terkenal tersebut, masih banyak lokasi wisata yang indah-indah yang belum banyak diketahui para traveller, salah satunya adalah Tiu Ptiuq. Tempat wisata air terjun di Lombok memang banyak yang menggunakan nama Tiu. Tiu dalam Bahasa Lombok juga bisa berarti kolam sedangkan pituq atau pitu’ berarti tujuh.

Tiu Pituq berada di Kabupaten Lombok Utara tepatnya di Kecamatan Gangga, Desa Gelanggang, Dusun Penjor. Dari kota Mataram menuju ke Rembiga melalui Tanjung Lombok Utara. Setelah itu lanjut perjalanan menuju Desa Gondang dan menuju pertigaan Lendang Bagian ambil arah kanan menuju Dusun Penjor. Tak terlalu jauh dari Dusun Penjor kamu akan menemukan Tiu Pituq.

Tiu Pituq berarti tujuh kolam, dinamai Tiu Pituq karena memiliki tujuh kolam yaitu Tiu Tinggi, Tiu Ras, Tiu Lisung, Tiu Serangga, Tiu Alat-alat, Tiu Bunter dan Tiu Tawah. Anda bisa merasakan segarnya mandi di kolam-kolan yang ada sambil menikmati suara air terjun dan udara yang masih segar dengan rindangnya pepohonan di sekitar lokasi.

Anda juga memuaskan diri dengan selfie di spot-spot yang sangat menarik yang memang sudah disediakan untuk selfie di lokasi Tiu Pituq. Anda bisa selfie di atas papan yang ada dekat air tejun. Berugak yang merupakan sebuah balai bambu juga sangat menarik untuk dijadikan lokasi selfie. Rumah pohon, tower dan juga jembatan juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi selfie Anda dan teman-teman.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/