Curug Pandawa 5 yang juga dikenal sebagai Curug Cibareubeuy II memiliki 5 tingkat yang cukup unik yang menarik perhatian para travelers. Curug ini berada di desa Cibeusi, kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang. Subang memang terkenal memiliki banyak air terjun yang mempesona meskipun belum semua diketahui oleh wisatawan. Beberapa diantaranya memang sudah dikembangkan menjadi wisata sejak waktu yang lama dan sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Saat ini, wisata curug yang paling trend di kalangan pengguna social media adalah Curug Pandawa 5. Letaknya memang berdekatan dengan Curug Cibareubeuy, itulah mengapa sebutan Curug Cibareubeuy II diberikan.

  • Aktifitas yang Harus Kamu Coba di Curug Pandawa 5

Bagi kamu yang hobi selfie, tempat ini tepat sekali untuk dikunjungi. Curug Pandawa 5 memang masih dalam proses pengembangan. Belum lama ini, warga setempat mempunyai inisiatif untuk membangun Menara selfi. Mengambil foto dengan background Curug Cibareubeuy yang nampak dari kejauhan tentu akan membuat anda terlihat menakjubkan. Wajar saja banyak pengguna social media yang penasaran dan mulai berdatangan untuk membuktikan keindahan Curug Pandawa 5. Tak hanya itu saja, diatas menara anda bisa melihat pemandangan alam sekitar dari atas. Menara selfie tersebut juga dilengkapi dengan gazebo yang akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan rileks. Anda juga bisa menikmati aneka cemilan dan teh hangat yang akan membuat santai anda menjadi lebih sempurna.

Rute Perjalanan Ke Curug Pandawa 5

Untuk menuju Curug Pandawa 5, anda bisa naik kendaraan umum dari arah Bandung. Dari Bandung, silahkan naik angkot Stasiun Hall- Lembang, lalu dari Lembang dilanjutkan dengan naik kendaraan umum menuju Ciater. Setelah tiba di Ciater, anda bisa menggunakan ojek karena tidak ada kendaraan umum lagi yang melewati area tersebut.
Jika anda merasa lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa langsung menuju Ciater. Di Ciater, silahkan belok ke arah wisata Sari Ater. Di sisi kanan gerbang Sari Ater, anda akan menemukan jalan desa. Anda harus mengikuti jalan tersebut sampai anda bertemu dengan pertigaan besar. Sampai di pertigaan, anda harus belok kanan untuk menuju desa Cibeusi. Sekitar 2 km kemudian, anda akan melihat lokasi parkir curug Cibaraubeuy yang terletak tidak jauh dari Curug Pandawa 5.

Lokasi

Curug Pandawa 5 terletak tidak jauh dari wisata Sari Ater di Ciater. Rutenya pun satu jalan. Untuk menuju lokasi, anda memang harus berjalan kaki sekitar 3-4 km dari tempat parkir. Jarak ini bisa ditempuh dengan estimasi waktu 1 – 1,5 jam. Jika anda mau melewati rute hutan, waktu tempuh yang dibutuhkan memang lebih pendek, akan tetapi medannya cukup sulit dilalui karena menanjak dan menembus hutan. Kami sarankan anda melewati rute persawahan yang memang sedikit lebih jauh dan memutar tapi lebih mudah untuk dilewati. Anda jangan khawatir, lelah yang anda rasakan untuk mencapai puncak tentu akan terbayar dengan pemandangan yang ditawarkan. Selain itu, anda akan menemukan banyak warung di tengah sawah. Anda bisa beristirahat sebentar di warung di tengah sawah menikmati kopi. Pastikan anda memakai sepatu yang nyaman digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jalan kaki yang cukup jauh.

Akomodasi

Kabar baik bagi anda yang berasal jauh dari Subang yang ingin menghabiskan malam anda di Curug Pandawa 5. Di sini sudah dikelola tempat penginapan yang berbentuk gazebo simple. Selain itu, anda juga bisa bermalam dengan membawa tenda dan camping. Tak jarang beberapa organisasi ataupun keluarga melakukan camping di wilayah ini. Jadi jangan ragu lagi untuk menjadikan curug Pandawa 5 sebagai destinasi wisata anda.

Keindahan Curug Pandawa 5 yang tersebar di sosial media dapat dilihat dari beberapa akun instagram :

curug pandawa 5 insta fauziyyahindah

Instagram: @fauziyyahindah

curug pandawa 5 insta danuhandikha11

Instagram: @danuhandikha11

curug pandawa 5 insta robiatunnurlatifah

Instagram @robiatunnurlatifah

curug pandawa 5 insta miarahmiati23

Instagram: @miarahmiati23

Masih banyak foto-foto keindahan Curug Pandawa 5 di sosial media yang bisa Kamu temukan, tapi dengan foto-foto ini Kamu pasti penasaran kan pingin kesini?

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/