meski udah banyak info soal VISA KOREA, namun boleh dong saya share pengalaman saya.

jadi ini kedua kalinya saya mengurus visa, dua-duanya saya urus secara mandiri alias tanpa menggunakan jasa travel agent, sedikit cerita mengenai kondisi saya yang masih pelajar, ibu saya yang melanjutkan usaha ayah saya setelah ayah saya meninggal, namun kami belum mengurus ulang urusan pajak dan sekarang SPT adalah hal yang wajib bagi yang ingin mengurus visa korea, berbekal informasi dari google,grup BD, dan informasi dari pihak kedubes, maka tanggal 14 November 2016 saya beranikan diri mengurus visa korea saya.

Berikut dokumen yang saya lampirkan:
1. form aplikasi visa, yang saya isi sejujur2nya
2. paspor dan fotokopi paspor bagian informasi data pribadi, cap stempel visa, dan halaman belakang paspor, fyi paspor saya hanya berisi visa korea tahun 2013 (jujur itu yang membuat saya agak pede dan sedikit tenang)
2. pas foto 3,5×4,5 (ukuran 4×6 juga diterima), latar belakang putih.
3. surat keterangan mahasiswa aktif dalam bahasa inggris.
4. surat izin orang tua dalam bahasa inggris dan bermaterai 6rb jangan lupa ditandatangani oleh orang tua.
5. surat keterangan tidak mempunyai SPT (dalam bahasa inggris, dan menerangkan alasan mengapa saya tidak ada SPT, dan ditanda tangani di atas materai 6rb oleh saya pribadi)
6. fotokopi KK, AKTA LAHIR, KTP, Kartu mahasiswa, namun saya lampirkan juga kartu aktivitas kuliah saya juga.
7. rekening koran 3 bulan milik saya
8. rekening koran 3 bulan milik ibu saya
9. surat referensi bank BRI mama saya
10. surat referensi bank mandiri milik saya
11. fotocopy surat kematian ayah saya
12. print out semua tiket pesawat
13. print out bukti booking hostel
14. berdoa

tepat tanggal 14 november saya jalan kedubes sehabis kuliah, sampai sana dapat antrian nomor 12, selang 15 menit nomor urut saya dipanggil, saya langsung memberikan dokumen sambil menyapa petugas.

pada saat di loket saya ada interview singkat mengenai “ke korea sama siapa?” “kok berani sendirian, kuliahnya gmn? udah libur ya?” saya jawab dengan mantap dan tegas mengenai tujuan saya, setelah membayar saya diinfokan bahwa pengambilan visa saya diperkirakan keluar tanggal 18 nov 16, dan dapat dicek online di www.visa.go.kr , biaya pembuatan visa 544rb untuk single visa.

hari hari berlalu dengan rasa deg2an karena saya takut visa ketolak, walaupun agak tenang karena sudah pernah mengajukan visa korea sebelumnya, namun menurut saya sekarang memang lagi diperketat, tapi staff kedubes cukup membantu dan sangat baik menjawab setiap pertanyaan saya di telepon.

tepat jam 12 tadi saya cek aplikasi saya ternyata sudah approved! terima kasih informasi di grup ini teman2!

UPDATE-
barusan banget saya ambil visa, memang ada beberapa yang visanya kena tolak, namun buat yg ingin ajuin visa jangan berkecil hati, visa saya lolos bahkan tanpa menyerahkan SPT, buang pikiran negatif tentang visa, yang penting bisa membuat pihak kedutaan yakin kalo kita gak berniat jadi imigran gelap.
#BDKOREA #BDVISAKOREA #BDKORSEL #visakorea

※ 비자포털은 IE 7 이상, 크롬, 파이어폭스, 사파리, 오페라 브라우저와 1024*768 화면에 최적화 되어 있습니다.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/