🇪🇬♥️Hi, mau bagi info untuk yang ada rencana pergi ke Mesir sebagai solo traveler, small private group atau yang nggak mau ikut tour rohani atau umroh. Saya pergi tahun lalu, sekitar awal October. ✌🏽🇪🇬 #biegypt #bivisa #bimesir #bicairo

Durasi: 5 Hari
Group: 3 orang di Cairo, Aswan, Luxor.
Tour: Nggak ikut big group tour karena waktu terbatas dan lebih bias atur itinerary sendiri. Saya hire private guide/driver selama si Mesir-namanya Kang Fauzi, atau “Akang Cairo”.

Itinerary:

Day 1-Sampai di airport malam hari, check in ke Mena House Hotel.


Day 2-Foto2 di Mena House, Tour Pyramids of Giza, Egyptian Museum, St Simeon Church (Coptic Church)Tahrir Square. Late flight ke Aswan.

Day 3- Sampai di Aswan malam hari. Jam 3 Pagi mulai tour ke Abu Simbel. 3 Jam perjalanan via van ke Abu Simbel, deket South Sudan. Tour Abu Simbel, Philae Temple, Cruise di Nile river naik felucca boat dan Nubian Village. Nginap di daerah Aswan.

Day 4- Pagi2 dari Aswan pake van, ke Kom Ombo Temple dan Edfu Temple. Lanjut perjalanan ke Luxor untuk tour Luxor Temple. Bikin souvenir nama in Egyptian alphabet di atas papyrus,
Sore hari balik ke Cairo dgn pesawat. Nginap di mess Kedutaan Indo-$US35 pax.

Day 5,6,7-Pergi ke Jordan.

Day 8-Balik dari Jordan pagi hari, half day tour di Cairo. Liat Pyramid Joser di Saqqara, Tomb and Sarcofagus, Imhotep Museum, Mesjid Mohammad Ali Pasha. Sore hari, terbang ke Indo.

**EGYPTIAN VISA**
Diurus di kedutaan Mesir di Menteng. Pake Jasa “Mas Ito-Visa Mesir”, untuk Nomor, tlg PM yah. Multiple visa-800Ribu (Multiple) tambah fee untuk ngurus visa.

Kirim: Visa application, Tiket PP, Kartu Ijin Tinggal, Paspor dan 2 Foto. Untuk full list buat apply visa, tolong refer ke peraturan terbaru, soalnya saya ngurusnya setahun lalu, jadi mungkin udah berubah.

Visa Mesir memang susah untuk didapet akhir2 ini dengar kabar, apalagi bagi solo female traveler. Ada ketentuan female traveler harus masuk dalam tour group minimal 10 org . Dengar2 dubes baru memang resek dan skrg tambah diperketat, jadi yang mau kesana (co dan ce) harus pakai tour group atau ikut tour rohani. Business hours buat ngurus visa pun cuma dikasih sejam, jadi memang repot sekali. Ada dua cara yg saya recommend.

1. Kontak Mas Ito yang membantu visa saya, supaya bisa apply visa sebagai satu group minimal 10 org. Apply visa jauh2 hari, sekitar 3-4 bulan.
2. Kontak “Alkhan Tour” untuk membantu visa ke mesir. Saya ngga pernah coba agent ini, tapi ada member BI yang berhasil dapet VOA lewat mereka, jadi saya cantumkan disini. Sekali lagi, apply dari jauh2 hari (3-4 bulan). Dokumen yang diminta cuma scan passport dan informasi pribadi. Akhan tour ini langsun berurusan dgn pihak imigrasi di Cairo. Nanti bakal dapet konfirmasi VOA, sampai di Mesir janjian dengan “Tukang Jemput” atau “Travel Agent” untuk dapet stempel visa Mesir. Tolong kontak mereka langsung untuk harga terakhir jasa pengurusan visa.

**EGYPT TRAVEL TIPS**
-Untuk solo female traveler, begitu sampai di Mesir, harus ada orang mesir khusus yg “Jemput”. Jadi mereka ini biasanya org travel atau org yg kenal imigrasi untuk “Menjemput” traveler tersebut. Biaya “Jemput” ini $US50-cash. Duit ini kasih ke orang yang jemput langsung.

-Kondisi selama disana aman kok. Ngga ada yang gangguin atau jail. Paling2 minta tips aja melulu setelah mereka mau baik2in.

-Untuk yang cewe, saya saranin pake kaftan cantik2 disana(mau yang muslim atau non-Muslim). Bagus bgt buat foto2 narsis, sopan dan tertutup tapi ngga panas dan gerah kayak pake jeans atau celana.

-Duit ambil di atm atau bawa US Dollar. Tapi jgn tukerin di airport atau bank. Soalnya kurs jauh lebih bagus kalau tuker di black market(minta tolong guide tukerin di tempat yang kasih nya bagus). Jangan bawa rupiah, ngga laku disana.

-Bawa tisu basah buat di toilet.

-Beli air minum yang banyak.

-Banyak yg dikit2 minta tip disana. Kasian sih kadang, soalnya turisme mereka menurun drastis. Tapi kalo 100 org minta 10 EGP, kan males jugaaa. Jadi liat2 orgnya kalau mau kasih tip. Jgn mau gampang dibaik2in, ada maunya tuh.

**KEMANA AJA DI MESIR**

Mesir banyak bgt yang bisa dilihat. Bisa tour rohani, alam atau historical. Saya suka ancient Egyptian history, jadi saya bikin itinerary untuk tempat2 historical yang memang sudah niat diliat dari kecil sama ada di film The Mummy semua.

🇪🇬Mena House Hotel-Kita stay disini satu malam, soalnya memang bucket list untuk nginep sini. Hotelnya cantik sekali dan pyramid viewnya ngga ada yang ngalahin. Ada sih hotel Le Meridien menghadap pyramid juga, tapi Mena House hotel ini jauh lebih bagus bagi saya, ada historical value juga(Winston Churchill, Agatha Christie, Arthur Conan Doyle, semua pernah nginep disini). Semalemnya $80 pp ($160 pake diskon, aslinya sekitar $180). Yang ngga nginep sini, kayaknya bisa deh cuma numpang breakfast(buffet) dan foto2 di hotel ground (tanya sendiri ke hotel yah). Breakfastnya waktu itu $20.00(Cash). Pokoknya worth it banget!.

🇪🇬Giza Pyramids and Sphinx-Nggak butuh explanation lagi. Kalau sampai sini, bisa naek unta untuk jelajahin gurun sahara dan pyramidnya. Ke komplek pyramid itu 80 EGP, beli di pintu masuk aja, jangan beli di calo2 yang bertebaran di dekat pintu masuk. Kalau mau masuk ke dalam pyramid, bayar extra 200 EGP ($12.00). Seneng banget deh disini pokoknya.
Jangan lupa naek unta disini dan foto2 yang heboh ya. Kalau naek unta, minta diajak ke “Panoramic View” soalnya pemandangannya bagus bgt dari jauh. Semua pyramid (6 pyramids) keliatan semua-cantik banget. Hati2 disini, soalnya banyak yang nipu turis dengan harga mahal untuk naek unta. Kalau pake tour guide saya, minta quote untuk naek unta udah termasuk saja, biar ngga usah nawar2 lagi. Untuk menghindari kena rip-off. Soalnya org Mesir di pyramid tuh sangatlah pushy bahkan ke tour guide2 disana.

🇪🇬Egyptian Museum-Banyak banget ancient artifact disini. Yang suka history, pasti betah keliling2. Termasuk Mummy Ramses II dan Tutankhamun Exhibition. Boleh foto2 di dalam museum kecuali daerah King Tut’s Exhibition. Fee: 75 EGP. Lihat mummy bayar lagi, 100 EGP.

🇪🇬Tahrir Square-Tempat bersejarah yang dulu demo Egyptian Revolution tahun 2011 itu disini. Ngga ada yang spesial sih, cuma kayak lapangan luas aja. Temen saya aja ngebet foto disana soalnya ada travel advisory di website amrik untuk mengindari tempat ini jadi dia mau buktiin kalau kita itu lebih berani wkwkwk. Tapi aman2 aja kok, malah kita heboh foto2 J.

🇪🇬St Simeon Church-Ini Coptic Church di daerah pemulung. Gerejanya dibikin di hill side dan harus ngelewatin kawasan pemulung. Ada gereja Coptic yg bagus juga, tapi kita ngga sempat pergi, namanya Gereja Gantung. Masuk nya gratis.

🇪🇬Abu Simbel Temple-90 EGP. Bagus banget templenya. Sangat majestic. Pergi ke sini harus ikut tour yg dikawal sama polisi mesir, karena dekat dgn area Sudan-agak2 bahaya(Serem2 seru gitu deh). Makanya buat keamanan turis, tour yg ke abu simbel dikasih kawalan. Kawalan polisi cuma ada dua kali sehari, jam 3 dan 11 pagi. Abu simbel complex ada dua main temple, yang satu buat ramses dan nefertari. Disini bisa foto2 sama tukang yg jagainnya dan foto sama “Ankh”. “Ankh” itu dipercaya simbol untuk eternal life dan emang simbol yg populer. Kasih orangnya tips aja sekitar 10 EGP.

🇪🇬Philae Temple-50 EGP. Temple ini buat goddess of Isis di pulau philae. Persis di sungai nil. Kesana harus naek boat kecil. Temple ini cantik sekali, apalagi kalau ambil fotonya dari dalam kapan. Relic2nya juga masih terawat dan banyak yang utuh.

🇪🇬Nubian Village and Crusing the Nile. Cruising nile naek small boat, seru banget. Ngebayangin dulu Cleopatra, Caesar dan Pharaoh semuanya cruise di sungai nil. Kita juga stop di Nubian village buat makan dan explore village nya. Kita liat rumah penduduk asli Nubia, traditional bazaar, dan bisa pasang black henna juga disana.

***🇪🇬Untuk balik ke Cairo, kita rute darat naik van dari Aswan ngelewatin Kom Ombo, Edfu, sampai di Luxor. Baru dari Luxor naik pesawat ke Cairo lagi.***

🇪🇬Kom Ombo temple-40 EGP. Arah balik pulang ke Cairo, kita jalan darat naek van ngelewatin Luxor dan dua Temple besar. Yang pertama adalah Kom Ombo temple untuk god Sobek, yang bentuknya buaya. Temple ini dilewatin cruise krn memang di tepi sungai nil. Disini ada Cleopatra wall, yang dia bikin waktu berkuasa di mesir. Ada relic alat2 medis juga di salah satu tembok di dalam temple.

🇪🇬Edfu temple-60 EGP. Ini temple buat god Horus. Besar dan bagus sekali. Masih banyak yg terawat. Pintu depan templenya bagus buat foto2 dan bisa explore kompleknya yang luas.

🇪🇬Luxor-begitu sampai luxor, kita makan siang dan bikin nama di hieroglyph alphabet di kertas papyrus. Sekitar $60(beli 2).
Tour Luxor temple-60 EGP. Ini temple bagus sekali(semuanya juga bagus). Ada obelisk dan row of sphinx. Lanjut ke Karnak temple-80 EGP. Semua temple ini ada di film the mummy juga. Karnak itu temple terbesar di ancient egypt. Banyak kolum2 besar yang super megah. Ada row of rams, dengan style sphinx, obelisks, dan komplek yang luas, cantik, megah. Bisa minta orang mesir untuk foto2 juga disana, kasih tips aja.

🇪🇬Saqqara-80 EGP. Karena ini ada original pyramid atau step pyramid of Djoser, ini wajib saya datengin. Ada Imhotep museum juga, Imhotep itu ancient Egyptian architect. Disini ada beberapa tomb yang bisa dimasukin juga. Saya sempet foto2 dan liat sarkofagus king Titi. Kalau ke temple dan tomb, liat ke langit2nya deh. Pasti mereka bikin bintang2 di semua langit2 tempat suci mereka.

🇪🇬Citadel Al Saladin dan Mosque of Mohammad Ali Pasha. Bisa liat city view Cairo dari atas citadel. Dan wajib liat mesjid Muhammad Ali Pasha, cantik sekali katanya mirip dengan Blue Mosque yang di Istanbul, Karena ruler Egypt itu, memang asalnya dari turkey. Mesjid ini juga dinamain Alabaster Mosque karena dilapisin and marmer alabaster yang tadinya lapisan luar dari pyramid di Giza.

Tempat2 yang engga sempet didatengin tapi banyak disaranin:
-Alexandria
-Dahab dan Siwa
-Temple Dendera
-Hatshepsut palace, Valley of Kings, valley of queens, Colossi of Memnon, Unfinished Obelisk.
-Hot air balloon di luxor.
-Sharm El Sheikh

Semoga laen kali bisa kesini lagi.

Yak, segitu saja yah bagi cerita ttg Mesir. Semoga bisa bermanfaat.
Ig: vwatvwat

🇪🇬♥️✌🏽

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/