AIRBNB RUSSIA (& WORLDWIDE) : SISTEM & ETIKA

Sekalian nulis, mumpung ingat.

Aturan baru aplikasi visa Russia diantaranya adalah harus menyertakan reservasi penginapan yang sudah dibayar lunas dan ada bukti charge kartu kredit. Padahal, entah kenapa mayoritas penginapan Russia di booking dot com atau agoda hanya bisa dibayar on spot, maksimal cuma DP. Kalau mau minta bayar lunas musti email ke hotel dan ini jelas butuh waktu.

Maka saya memakai market place penginapan paporit saya : Airbnb. Selain punya banyak banget pilihan dan range harga, juga sistem Airbnb memang dibayar lunas dimuka. Cucok dg syarat dari Kedubes.

Maka huntinglah kandidat Airbnb yg lokasinya strategis, harga ekonomis, review bagus, syukur2 dapat superhost.

Berikut tata cara & etika supaya smooth ber-Airbnb :

1. In my opinion, Airbnb bersifat sangat kekeluargaan. Chat-lah dengan semua kandidat host yg sudah dipilih. Gunakan bahasa Inggris sederhana tapi sarat makna *halah* mengingat kebanyakan orang Russia bahasa Inggrisnya terbatas. Tanyakan apa saja yang perlu untuk menatapkan hati memilih host tsb : lokasi apakah dekat dengan terminal moda transport umum, jika berada di lantai atas apakah ada lift (kalau emang butuh banget lift), apakah boleh early check in/late check out, apakah menyediakan jasa antar jemput (berbayar ataupun tidak), dll. Maksimalkan fitur chat untuk membangun komunikasi sebaik mungkin dg host. Host yg memberikan respon bagus dan cocok dengan kriteria, diambil.

2. Budayakan membaca. Masing2 host sudah mencantumkan house rules : boleh merokok/tidak, children friendly environment/tidak, ada hewan peliharaan/tidak, dll. Jangan sampai menyusahkan host hanya karena kita malas membaca lalu seenaknya komplain atas hal2 yang sudah dituliskan. Misal sudah disebutkan ‘pet lives in the property’ yang artinya host punya pets, tanya petsnya apa. Kalau misal anjing dan kamu enggak suka, ya jangan memaksa diri reservasi tempat itu meskipun bagus dan murah, toh nantinya bisa jadi malah merepotkan host dan kasihan juga peliharaannya yg jadi korban komplain. Kalau saya mah malah nyari host Airbnb atau Couchsurfing yang punya gukguk, bisa jadi teman becanda dan main 😁

3. Maksimalkan komunikasi dengan host. Setelah reservasi dibayar, Airbnb akan menampilkan profil lengkap host yg ada no telepon. Mintalah no Whatsapps untuk komunikasi yang lebih intensif (misal tanya arah). Airbnb hanya akan menampilkan informasi ini setelah kita membayar reservasi, jadi jangan sekali-kali chat dan minta nomor kontak pribadi host sebelum membayar. Itu namanya enggak etis.

4. Puji Tuhan, selama ber-Airbnb di banyak tempat, host saya selalu baik banget. Ada yang mengantar jemput, ada yang masakin makanan khasnya, ada yang nemenin jalan, ada yang boleh check in check out fleksibel, ada yg warbyasah sabar dan baik ngurusin registrasi turis di Moscow yang prosesnya lebih dari 3 jam padahal doi tinggal di pinggiran Moscow yang jauh dari apartemen yg disewakan. Human angels are for real, you know πŸ˜‰

5. Biasakan untuk jadi tamu yang etis. Meskipun Airbnb berbayar, namun tetap rapikan tempat ketika akan check out. Kumpulkan sampah dengan rapi. Jangan lupa pamit lewat WA jika host tidak di tempat. Letakkan kunci sesuai instruksi host. Ucapkan terimakasih. Dan, kalau saya, biasanya bawa suvenir khas Indonesia entah gantungan kunci wayang, pembatas buku wayang, kartu pos atau kopi dibungkus kecil, untuk ditinggalkan sebagai kenang-kenangan.

6. Step terakhir dari Airbnb adalah review. Karena jauh sebelum memutuskan reservasi, saat proses reservasi maupun saat mau datang/selama periode menginap, selalu berusaha berkomunikasi intensif dg host lewat WA atau SMS (say hi, tanya kabar hasil periksa kandungan seorang host yg lagi hamil tua, dll. Small things that matter 😊), maka hampir semua reservasi Airbnb saya di berbagai tempat berjalan smooth. Maka saya selalu memberi full rating dan komentar yang baik sesuai yang saya alami.

7. Host juga berhak memberi review pada kita. Karena saya anak baik *qiqiqiqi* review saya dari host juga bintang 5 semua. Ini penting lho sebab kalau kredibilitas kita gak bagus di Airbnb maka kalau booking akan lebih sering di-declined host karena host juga berhak menolak calon tamu yang meragukan.

8. Barusan cek history Airbnb Russia yg saya booking dulu dan horeeeee…… para hostnya sekarang udah berpredikat superhost semua πŸ‘. Sewaktu saya booking dulu, ada yang belum superhost. Ikut senang deh kalau review saya ikut membantu reputasi host menjadi lebih baik.

8. Untuk mentemen yang mau ke Russia khususnya Moscow, St. Petersburg, Kazan, Suzdal, Nizhnij Novgorod dan butuh info host Airbnb yg rekomended, komen aja ntar saya kasih link-nya. Booking harus sesuai prisedur ya yaitu lewat Airbnb. Saya enggak mau kasih nomor kontak pribadi maupun alamat. Silakan lakukan sesuai prosesur Airbnb.

Sekian dan terima gaji 😁

#birussia
#bimoscow
#biairbnb
#bistpetersburg
#bisaintpetersburg
#bikazan
#bisuzdal
#travel101

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/