Akhirnya , selesai sudah solo backpacker saya ke Eropa . Sebelum saya lupa , saya akan membagi beberapa itinerary saya . Izinkan nubie untuk berbagi informasi ya .
Perjalanan saya dimulai tanggal 17 Oktober di Amsterdam , tiba dini hari dan dapet lapak di starbucks dekat dengan arrival 3 Schipol . Kemudian setelah saya rasa cukup istirahat , saya lanjutkan jalan sembari mencari region pass , setelah tanya sana-sini dapet informasi dijual di minimarket dan saya beli seharga (15 euro) . Awalnya saya percaya bahwa benar pass ini yang saya beli eh taunya saya salah beli pass , karena pass ini hanya ngecover GVB dan ns train , alhasil saya hanya jalan di Amsterdam saja . Saya jalan ke Museumplein dan Amsterdam Bijlmer stadium . Dari Schipol saya naik Amsterdam Airport Express bus 197 , stop di Museumplein . Kemudian saya lanjutkan jalan ke Waterlooplein buat beli jaket dan makan lumpia vietnam . Dan diakhiri dengan jalan-jalan ke Bijlmer stadium .
Hari kedua , pagi-pagi saya check out dari hostel dan menuju Amsterdam Sloterdijk menggunakan IC train (2,2 euro) , lanjut perjalanan ke Antwerp central , karena katanya stasiun ini bagus banget interiornya dan bener pas nyampe bagus banget stasiunnya , saya eksplor stasiun sekitar dua jam kemudian beli gopass (pass setengah harga yang bisa dibeli untuk yang dibawah 26 tahun) dari Antwerp-Brugge dan Brugge-Brussel (@ 7,9euro) , di Brugge saya jalan ke burg square dan the markt dari Brugge central naik bus 1,20 euro dan baliknya 2 euro menuju central . Dan lanjut ke Brussels Central saya taruh backpack di daerah lemonnier . Dari lemonnier ke jalan kaki sedikit ke Gare du Midi , dan lanjut naik subway line 6 ke heysel buat liat Atomium .
Di Italia saya pakai tri dan pakai paket yang 30000 untuk 3 hari .
Hari ketiga , saya menuju ke Brussel Charleroi untuk menuju Pisa (10euro) , dari Pisa aiport saya naik aeroporto Galilei de Pisa e03/e25 menuju Pisa-Piazza dei Miracoli sekitar 15 menitan nyampe Pisa . Sorenya lanjut menuju Roma dengan kereta (10euro) .
Hari keempat benar-benar saya hanya mengandalkan maps.me disini saya jalan kaki dari Colloseum , Roman forum , Trevi de fountain dan Pantheon . Kira-kira begitulah rutenya .
Hari kelima , seharian saya di Masjid Roma.Di hari ini saya berada pada titik dimana saya tidak ingin sama sekali jalan , tidak ingin eksplor kemana saja . Entah mengapa pada hari ini saya sungguh kesal melihat jalanan Roma . Hingga akhirnya tersesat di daerah moschea de rome , karena bus tidak lewat bahkan setelah saya jalan dua jam , dan saat sudah mulai pasrah tiba-tiba sinyal tri saya muncul dan akhirnya saya naik mytaxi . Dari hostel menuju masjid , kemudian dari masjid ke hostel dan dari hostel ke stasiun bus Roma total biayanya (17euro) karena sedang ada promo mytexi yaitu free ride 20euro bagi pengguna pertama kali . Kemudian naik bus malam dari Roma ke Turin .
Memasuki hari keenam di Eropa , tiba di Turin dengan cuaca yang lumayan menyiksa padahal temperatur hampir sama dengan Amsterdam tapi angin disini berbeda . Dari stasiun vitorio emanuele (palagiustizia) menuju porta nuova dengan bus 68 (2euro), menuju penginapan milik mas Andi , disini saya disambut bak keluarga dan sorenya diajak jalan-jalan di sekitar Turin ,melewati piazza castello , palazzo realle dan piazza san carlo .
Hari ketujuh, JUVENTUS STADIUM ! Pada hari ini saya beli pass biglieto urbano+suburbano region turin , seharga 6,5 euro dari torino porta nuova naik metro m1 menuju massaua sud kemudian jalan sedikit ada bus stasiun menuju stasiun bus stadio (ve1) . Stopnya ga jauh dari stadion Juventus kok, semuanya jelas , dan kemudian saya beli tiket untuk tour + museum Juventus seharga 20 euro . My dream become a reality ! . Pulangnya sama dengan pas datang tadi rutenya tinggal diputer . Malemnya terjadilah drama dengan eurobus , dengan seenaknya delaydan tanpa kejelasan buat penumpang, tapi untunglah masih ada flexbus dengan rute yang sama menuju Milan , pas di lampugnano pun hampir ketinggalan bus karena ngikutin google map yang lagi sesat , hehe . Untunglah masih dibolehin masuk walaupun telat hampir 10 menit . Dan perjalanan dilanjutkan menuju Zurich .
Masuk di hari kedelapan , karena mendadaknya waktu pergi saya sehingga tidak memungkinkan bagi saya untuk membeli pass yang ada , akhirnya setelah hitung-hitung uangnya hampir sama antara naik kereta dan tur , saya memutuskan untuk ikut tur mount titlis (110 euro) , pengeluaran terbesar pada euro trip saya , tapi semuanya โ€˜worth itโ€™ . Cuaca dan pemandangannya sangat mengagumkan . Malemnya saya melanjtkan perjalanan menuju Paris .
Di hari kesembilan saya ketika sampai langsung membeli mobilis one day pass REGION 1,2,3 seperti yang disarankan mas Abi , dari porte maillot menuju hostel saya di blanche . Rutenya ambil line 1 menuju charle de gaule kemudian switch ke line 2 menuju blanche , dari sini saya kemudian menuju line 1 charle de gaule untuk melihat arc de triumph , kemudian dari cdg etoile masih di line 1 menuju champs elysees clemencau untuk melihat pond alexander III , menuju sana melewati Grand palais dan Petit Palais , kemudian menyeberangi pond alexander III menuju invalides . Dari invalides saya jalan kaki menuju Eiffel lagi-lagi dengan bantuan maps.me , di Eiffel saya beli oleh-oleh yang lumayan murah . ketika disana trocadero sedang sepi jadi lumayan lama duduk dan foto-foto.Setelah Eiffel, saya menyeberang lewat sisi barat menuju champs elysees clemenceau untuk kembali menuju hostel di wilayah Blanche.
Memasuki hari ke-10 , masih di Paris dan karena montmartre tidak terlalu jauh dari hostel sehingga saya berjalan kaki menuju atas menggunakan tangga bukan yang pakai montmartre funiculare ya , kalau mau pakai bisa hargnaya kalau tidak salah 1,7 euro one way . Ketika sampai saya jalan-jalan di sekitar sacre coeur Basilica,Montmartre .Saya lumayan lama duduk di taman chevalier de la Barre masih di wilayah Montmartre.Dari sana kemudian saya menuju metro Abbesses line 12 menuju Concorde,tidak lupa saya membeli mobilis one day pass seperti kemarin dan pindah ke line 1 menuju stasiun Palais royal โ€“ Musee de louvre , antrenya sebentar dan tiket masuk museum 15euro , disini saya lama juga sekutar empat jam , saya paing suka duduk dan menikmati keadaan ketimbang mesti jalan jalan cepat entah apa yang mereka kejar , hehe . Disini sempat sefie sama mbak Mona lisa , setelah melewati kerumunan manusia . Dari de louvre saya lanjut menuju notre dame,mmasih di line 1 metro menuju hotel de ville station , ga jauh dari situ tinggal tembak lurus udah jelihatan notre dame . Setelah puas berkeliling kemudian karena ada sesuatu / titipan temen di Eiffel , saya kali ini naik RER semacem commuternya Paris , dari Paris st.Michel menuju Paris champ de mars , keluar stasiun ada kios yang jual oleh-oleh lebih murah dari yang jual di wilayah Eiffel kemarin . Rute pulang saya dari Paris champ de mars menuju Porte maillot kemudian ganti naik metro ke line1 cdg kemudian ke line 2 blanche .Lanjut malemnya menuju Paris bercy untuk menuju amsterdam sloterdijk menggunakan bus lagi .
Tiba di Sloterdijk masih jam 5 subuh jadi terpaksa ngemoer sampe jam 9 , kemudian baru ke Central buat naruh backpack di drop&go , dan beli region pas I AM STERDAM yang bener 13,5 euro . Jam 11 saya kemudian menuju Volendam dan Edam (line316) menggunakan pass tadi , jadwalnya ada dan sangat jelas . Setelah puas berkeliling kemudian saya kembali lagi ke central untuk meunuju ZaanseSchaans menggunakan bus line 391 . Hingga akhirnya jam 19;30 saya harus kembali menuju Kuala Lumpur karena sudah selesai euro trip saya
Begitulah kira-kira euro trip saya sebagaii solo backpacker pertama kali , mungkin tidak lama dan tidak ekstrim ya , tapi ini sudah jadi pengalaman yang luar biasa bagi saya . Bagi yang ingin menambahkan , nubie persilahkan . CMIIW . Maaf juga kalau mungkin post-nya kepaNjangan , hehe
Jadi untuk total kasarnya saya habiskan dana 22 juta include tiket dan akomodasi , untuk detailnya akan saya buat di lain waktu
Terima kasih banyak BI !
#BIEUROPE #BIAMSTERDAM #bibrugge #bipisa #BIROMA #BITURIN #bizurich #BIPARIS
Ada beberapa foto yg idak sy posting disini , bisa lihat di instagram saya @tombuana

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/