Assalamu’alaikum.
Sedikit bagi2 pengetahuan kang2 dan mba2. Saya rasa tempat wisata yang satu ini gak asing lagi bagi para pelancong nusantara.

Jogjakarta mempunyai sejarah dan nilai kebudayaan yang sangat berharga. Salah satunya garis lurus yang membentang dari titik puncak Gunung Merapi hingga titik tengah Laut Kidul yang mempunyai makna filosofis tentang arti kehidupan.

Di pusaran tengah ada Tugu Golong Gilig sampai rel yang diberi nama Jl. Margo Utomo. Margo Utomo kalau diartikan ialah mencari keutamaan dalam hidup, atau manusia pada tahap awal haruslah mengenali dirinya sendiri.

Lalu dari Rel sampai perempatan Toko terang bulan yang di beri nama Jl. Malioboro. Malioboro atau dalam bahasa jawanya maliho dadi wali kang ngumboro (jadilah wali yang mengembara) merupakan filosofis kehidupan yang bermakna manusia untuk berusaha bekerja (mengembara) dengan ilmu yang ia miliki.

Lalu dari Toko terang bulan sampai Kantor Pos di beri nama Jl. Margo Mulio. Margo Mulio atau dalam bahasa jawanya ialah mendapatkan kemulian. Kemuliaan inilah yang manusia raih setelah melewati siklus kehidupan margo utomo dan malioboro. Kemuliaan ini merupakan kemuliaan batin (rohani).

Lalu dari Kantor pos sampai Keraton Yogyakarta yaitu membelah alun-alun di beri nama Jl. Pungaran. Pungaran mempunyai makna filosofis hidup yang berarti setiap tutur kata hingga perilaku manusia selalulah baik, karena telah melalui tahap-tahap kehidupan margo utomo, malioboro dan margo mulio.

Dan Gunung Merapi menjadi titik tumpu utara yang bermakna api dan Laut Kidul menjadi titik tumpu selatan yang bermakna air, ini merupakan simbol keseimbangan dalam kehidupan manusia yang indah.

Karena pada hakikatnya keindahan yang sejati tidak terletak pada keindahan yang bisa dilihat oleh mata, tidak terletak pada keindahan yang bisa didengar oleh telinga dan tidak terletak pada kelembutan yang bisa diraba oleh kulit. Namun terletak pada kesadaran yang lebih mendalam pada dasar setiap hati manusia.

#yogyakarta #malioboro #cultureindonesia #indonesia #nusantara #ngopimalam #ngopishubuh #santriindonesia

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/