BACKPACKER TO SINGAPORE-KUALA LUMPUR-MALACCA
Only 900k?

1. Koper dengan ukuran yang sudah ditetapkan (56cmx36cmx23cm)/ Tas Daypack yang praktik namun muat banyak (fleksibel tergantung style orang, namun disarankan menggunakan daypack karena banyak jalan kaki supaya praktis)
2. Dokumen penting (KTP,Paspor,Tiket/Boarding Pass, Print Out Bookingan Hotel). Itinerary, map, catatan pendukung, Notes Book, Balpoint (semuanya disatukan dalam satu tas kecil untuk dokumen yang mudah dibawa) dan copyan dokumennya di taruh di koper.
3. Alat mandi (dalam satu pocket tidak lebih dari 100ml: Sabun cair, sampo sachet (tidak selamanya hostel ada sampo), sikat gigi+pasta gigi, handuk) + detergen sachet
4. Alat Shalat, Al-Qur’an
5. Make up (alas bedak, sunscreen, bedak, eyeliner, lip ice, handbody, deodorant, parfume)
6. Payung, elementer air, botol minum kosong, kacamata, topi, kain pantai, jaket, kaos kaki, bantal leher, sandal jepit, charger hp dan kamera
7. Alat makan (mangkuk, gelas, sendok, garpu)
8. Obat pribadi ( kayu putih, obat panas dalam (karena cuaca bia jadi berubah setiap waktunya), freshcare, koyo (Pastinya banyak jalan kaki)
9. Bawa tas kecil yang bisa dilipat (takut over belanja bisa ditenteng hehe)
10. Baju, rok dan kerudung seperlunya ( pilih bahan siphon supaya lebih ringan dan mudah kering jika dicuci, sesuaikan dengan tempat yang akan dituju misal aku mau ke daerah pantai dan mau berenang berarti siapkan baju panjang warna cerah, celana untuk berenang dan daleman kerudung yang menutupi kepala)
Makanan dan minuman yang wajib dibawa sebagai penghematan :
1. Madu (untuk sumber tenaga dan juga bisa menjadi pelengkap minum susu dipagi hari)
2. Abon, Rendang yang di pack tinggal di hangatkan
3. Roti
4. Biskuit dan Snack cemilan
5. Saos sachet untuk pelengkap makanan
6. Bubur instan
7. Mie goreng, mie gelas
8. Teri tempe yang sudah dimasak (Bisa diganti apapun jenisnya)
9. Susu bubuk sachet, nutrisari sachet

13 Januari 2016

08.30 Kumpul di Bandara Husen Sanstra Negara
09.00 Check in counter AA
09.20 Shalat Duha di Mushola Bandara Lantai 2 Ruang tunggu (setelah pemeriksaan X-Ray dan Cap Paspor)
10.20 Boarding Time

Bismillah, Singapore I’m coming

11.30 Tiba di Changi Airport
12.00 Imigrasi
12.30- 14.00 Keliling Changi, membeli Ez-Link/MRT Card/STP
Ez-Link dan MRT Card cukup membeli nya dengan harga 12 SGD, saldo 7 SGD. Jika kalian membeli STP (Singapore Tourist Pass) cukup membeli 26 SGD, saldo 16 SGD untuk 2 hari saja namun dapat memakai MRT sepuasnya.

Dapet tragedi “lift” yang menegangkan sekaligus menjadi lelucon dalam perjalanan kami. Tiba di lift terminal 2 changi airport, kami hendak transfer lift menuju MRT, ketika kami tekan angka 2 lift tidak mau bergerak, alhasil kami tekan angka yang tertera di dinding lift, pintu lift terbuka dan jrengg jrengg sekitar 4 orang anggota bersenjata berdiri di depan kita dengan sorot mata yang membuat kami sangat tegang. Astaga kami salah lantai!. Akhirnya kami balik lagi menuju lantai sebelumnya dan terlihat petunjuk arah menuju MRT adalah B2 yang jelas2 kami kira itu adalah lantai parkiran mobil zzzz.

14.00 Go to Hostel/Hotel

Sedikit cerita tentang hostel kami, namanya 60’s Hostel, alamatnya di 569 Seranggoon Road, Lavender (+6562970060) . lokasinya cukup strategis dan AMAN juga free breakfast. Karena sebelah hostel kami ada kios murah yang jual makanan serta hanya 250 m menuju MRT Farrer Park atau MRT Boon Keng. Jika malam turun di MRT Boon Keng ada pasar malam yang murah meriah terutama buah2an. Kami memilih hostel ini karena beberapa faktor, Hostel Joyfor Backapacker di kallang penuhh karena di booking 40 kamar sama anak ITB yang sedang ikut seminar di Singapore. Alhasil kami booking 60’s Hostel di waktu yang mepet dengan harga Rp. 188.093.

Cara menuju 60’s Hostel dari Changi Airport naik MRT East West Line (Hijau) jurusan Joo Koon dan interchange tanah merah turun di MRT Lavender (TAP MRT Card) tapi kami jalan cukup jauh, seharusnya kami turun di MRT Boon Keng atau MRT Farrer Park MRT North East Line (Ungu) jadi hanya 250 m saja menuju hostel.

15.00-16.30 Check In Hotel, shalat Dzuhur dan Ashar, Makan serta siap2 JJS (Bawa Air Minum, cemilan)

1. Untuk menuju Henderson Waves kami naik MRT North East Line (Ungu) jurusan Harbourfront, turun di Harbourfront Station. Dari Harbourfront Station kami naik MRT Circle Line (Kuning) jurusan Bras Basah turun di MRT Telok Blangah (TAP MRT Card) keluar ke jalan Telok Blangah dan menyusuri jalan tersebut hingga sampai Henderson Road lalu terlihatlah jembatan yang berkelok seperti keong yang sejak dulu membuat kami penasaran.

Tragedi “Lepas Sepatu”. Karena kami hanya pejalan minim budget, kami memutuskan apapun yang terjadi kami akan berjalan kaki selagi mampu. Tanpa pikir panjang saya (Herna) dan mba Wida memutuskan untuk membuka sepatu. Banyak sorot mata yang melihat kekonyolan kami. So far, terbayar lelahnya kaki kami melangkah tanpa alas kaki ketika sampai menyusuri kurang lebih 100 anak buah tangga. Suguhan pemandangan yang begitu dahsyat. Aduhai, Nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?

Saran : Jika berniat ke Henderson Waves, ajaklah calon pacar, pacar, atau mantan pacar karena jika tanpa mereka maka kalian akan bernasib sama seperti kami yang cukup foto manja seorang diri saja hiks hiks.
Atau dari MRT Harbourfront keluar dari pintu exit C, menuju tempat pemberhentian bus yang berada di luar gedung (ikuti saja petunjuk yang tersedia untuk menuju halte bus). Kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik bus nomor 131 atau 145. Dari halte bus Harbourfront, turun di halte bus ke 5 terhitung dari Harbourfront. Ataupun cara termudah dengan menghitung jumlah halte bus setelah bus berbelok di Henderson Road. Bus 131 atau 145 akan menyusuri Telok Blangah Road, kemudian bus akan berbelok kanan untuk menuju Henderson Road dan turun di pemberhentian bus ke dua (halte Aft Telok Blangah Hts). Setelah turun di halte Aft Telok Blangah Hts, kita bisa langsung melihat jembatan berbentuk ombak di bagian atas. Setelah itu menyeberangi Henderson Road dan menaiki anak tangga. Setelah tiba diatas, belok kiri menyusuri jalan pedestrian hingga menemukan tulisan HENDERSON WAVES.

2. Supertree Grove at Garden By the Bay
Lokasinya cukup mudah dicapai…bisa jalan kaki dari Marina By Sand atau naik MRT langsung turun di BAYFRONT dan tinggal jalan kaki ketamannya. Dari Henderson Waves kami naik Bus No 145 atau 131 menuju MRT Harbourfront, hitung saja 5 halte dari Halte Henderson Road. Dari MRT North East Line (Ungu) Harbourfront jurusan Punggol kami turun di MRT Chinatown interchange MRT Downtown Line (Biru) turun di MRT Bayfront. Viewnya bagus kalo malam dan kalo bisa datang sebelum jam 7pm trus cari tempat duduk yg pw (lokasi saya duduk ini depan lift masuk yg menuju OCBC skybridge) dari posisi ini bisa liat main tree-nya (yg ditengah itu) sekitar jam 7.30pm akan ada show berupa permainan lampu2 di supertree grove dengan diiringi lagu2…buat duduk2 dibawah sini gratis tp kalau naik ke skybridgenya bayar.

21.45 Pulang Ke Hostel, Shalat Magrib dan Isya sama mandi dan makan malam(nasi dan rendang (ada microwave di hostel))
23.00 Packing karena besok check out

Tragedi “Durian Runtuh”. Dari MRT Downtown Line (Biru) Bayfront kami balik arah kembali ke MRT Chinatown, interchange MRT North East Line (Ungu) jurusan Punggol turun di MRT Boon Keng (TAP MRT Card). Ketika kami keluar dari MRT, ada pasar malam yang sepertinya memang selalu ada, kami berkeliling sebentar dan tertuju lah pada tenda buah2an. Kami tergiur pada durian, dia telah memasang label harga pada plastik kemasan, tapi kami coba menawar dengan harga heran, alhasil penjual nya menyerah dan memberikan 1 pack durian kepada kami (buy 1 get 1). Alhamdulillah rezeki anak shaleh.

Total Payment :
19,5 SGD (Hostel) + 10 SGD (Top Up MRT Card) + 2+1+1 (Beli Durian, Pepaya, Jambu Air) : 4 = 1 SGD = 30,5 SGD = 303.475

14 Januari 2016

05.30 Shalat Subuh
06.00-07.30 Mandi dan Siap2
08.00.08.30 Sarapan
09.00 Shalat Duha
09.30 Check Out

1. Untuk menuju Sentosa Island, kami menggunakan MRT dari Stasiun Farrer Park (North East Line) lalu turun di Stasiun Harbourfront. Waktu tempuh sekitar 20 menit dengan tarif SGD 2 (TAP MRT Card). Tiba di Stasiun Harbourfront, kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Sentosa Express dengan tarif SGD 4 untuk perjalanan pergi pulang (PP). BIsa Pake Ez-Link
Sebelum ke Universal Studio Singapore, kami pergi ke belakang Vivo City Mall, disana pemandangannya indah sekali, karena terlihat Cable Car dan monorel yang terakses ke Sentosa Island. Juga melirik ke DAISO (outlet jepang yang menjual barang serba 2 SGD) tergiur dehh. Saya dan Gitta membeli Paspor Case yang lucu only 2 SGD, mba Wida yang kalap membeli panci berwarna hijau muda, juga mba Nisye membeli Eyes Shadow yang elegan juga kuas kue (Di bandung 45 ribu).
Di Sentosa Island yang kami lakukan hanya jalan-jalan berkeliling pulau sambil mengambil beberapa foto. Banyak atraksi yang bisa dicoba di sini, namun rata-rata tarifnya cukup mahal sehingga kami lebih memilih untuk melihat-lihat dan berkeliling saja.

2. Merlion
Dari MRT Harbourfront kami naik MRT menuju MRT Outram Park (1 stasiun) interchange MRT East West Line (Hijau) menuju Raffles Place (TAP MRT Card), keluar exit H dan kami tepat berada di jembatan seperti di Perancis (padahal belum kesana) dibalut sungai yang membentang sangat bersih dilalui boat yang mengantar penumpang ke Merlion

3. Mesjid Sultan (Shalat Dzuhur dan Ashar disini dan isi air untuk di kereta)
Menyusuri jalan haji lane (Wall Art) dan banyak tempat oleh2 murah
Untuk menuju ke sini kami menggunakan MRT dari Stasiun Raffles Place lalu turun di Stasiun Bugis. Tarif MRT hanya SGD 1,30 (TAP MRT Card). Dari Stasiun Bugis lokasi masjid sudah dekat, dapat dijangkau dengan 10 menit berjalan kaki. Lokasi masjid berada di Jl. Haji Lane. Di sekitar masjid banyak tempat makan ala timur tengah. Jika kamu penyuka makanan timur tengah, kamu patut mencoba hidangan seperti shawarma, fattoush, atau dolma.

18.00 Menuju ke Johor Bahru, naik Bus Cause Way Link (CW1/CW2) dari Queen Street tarif 3,3 SGD untuk cap paspor 2 kali, cap paspor di Woodlands (Keluar Singapore) dan di Larkin (Masuk Malaysia).

Tragedi “Tertipu Antrian”. Padahal kami sudah lari begitu kencangnya namun tetap saja ada yang lebih dulu mengantri untuk cap paspor, karena yang paling malas adalah mengantri. Ditambah kami kepikiran belum dapat tiket sleeper train karena beberapa minggu yang lalu mau booking, server sibuk. Jika kalian mau booking kunjungi (www.ktmb.com.my). Kami masuk antrian untuk cap paspor di antrian yang paling sedikit supaya lebih cepat, eh padahal justru yang antriannya bergerak malah yang panjang. Damn!. Bertubi-tubi Allah menguji kami, pas turun kami mengantri untuk naik bus menuju Larkin tak taunya itu antrian bus pegawai pantas saja lama. Alhasil ada laki2 dari Jawa Tengah yang berbaik hati memotong antriannya untuk kami karena waktu kami untuk sampai di Johor tinggal sedikit lagi juga menunjukan hingga ke loket tiket kereta.
21.20 Shalat Magrib dan Isya, makan malam
22.30 Johor Bahru Sentral- Sentral Kuala Lumpur
Yuhuuuu, Alhamdulillah merasakan pengalaman pertama menaiki moda angkutan seperti ini. Cukup 39 RM (untuk upper) kalau yang (Lower) sekitar 45 RM. Kereta berangkat pukul 22.30. Dijamin harus coba, karena menghemat penginapan.

Payment : 2 SGD + 4 SGD + 3,3 SGD + 6,3 SGD (Souvernir) = 15,6 SGD + 39 RM = 155.220 + 130.650 = 285.870

15 Januari 2016

06.00 Shalat Subuh di Kereta
07.20 Sampai di KL Sentral, sarapan dengan nasi lemak 2 RM dan air 1,2 RM
08.00 Menuju ke Rumah Pakci ( kami numpang selama di KL) di UKM dan simpan barang2 (KTM 4,5 RM)
09.00-12.00 Mandi, makan dan siap2

Hari ini ceritanya mau keliling gratisannn, oke tentunya kita naik Bus GO KL. (bawa petanya supaya tidak blahbloh). Dari UKM kami naik KTM Menuju KL Sentral, kemudian Keluar dan naik menunggu Bus GO KL.

1. Dataran Merdeka
2. KL Gallery
3. Muzeum Telekom (Shalat Ashar dan Dzuhur)
4. Bukit Bintang
5. Central Market (Oleh2)
18.00 Makan Siang ke Sore di warung jawa 5,5 RM (Dibayarin tante)

19.30 shalat magrib

6. Petronas Twin Tower (Ada pertunjukan air mancur malam)

Tragedi “ Mengejar Cinta”. Dibilang cape tentunya dong karena namanya juga Backpackeran pastinya banyak jalan, desak-desakan di bus, sampe lari2 mengejar cinta si abang supir. Entah kenapa hari ini kami selalu beruntung, tapi kami percaya semua ini buah dari kesabaran dan percaya kita sama Allah, buktinya bus GO KL yang kami tumpangi pas mau pulang adalah bus terakhir, KTM yang kita tumpangi pun mendadak ada gangguan teknis sehingga lebih lambat waktu train terakhirnya. Bayangkan jika bukan karena rencana Allah, pastinya kita harus merogoh kantong hingga puluhan ringgit untuk taxi.

23.45 shalat isya, makan malam dan siap2 tidur serta siapin besok ke malacca

Payment : 2 RM + 1,2 RM + 4,5 RM + 8 RM (Souvernir) =15,7 RM = 52.595

16 Januari 2016
Go to Malacaa PP (20 RM) naik Delima Bus, Dari UKM naik KTM Ke TBS (stasiun Bandar Tasik Selatan) yang terminal nya kaya di bandara ituloh. Jangan lupa bawa air minum, cemilan, topi, kacamata hitam,sunblock)

05.30 Shalat Subuh
06.30 Mandi dan siap2
08.30 Sarapan (Bubur Instan pakai abon Kelantan, susu milo/sereal)
11.00-13.00 Kuala Lumpur- Malacca
13.20 Shalat Dzuhur

1. Red Buildings (StudHuys)
Naik bus panorama no. 17, ada papan petunjuk (domestik) atau patokannya ada Mcd dan berjalan di pinggirnya kemudian cari platform 17. (biasanya selalu penuh sama penumpang yang mau ke Studhuys)
2. Red Church
3. Wisata sejarah
4. Perahu
17.30 Shalat Ashar di halte
18.00-20.00 Malacca-Kuala Lumpur
20.20 Menuju UKM
21.00 Shalat Magrib dan Isya lalu makan malam sama tomyam
23.00 Istirahat

Payment : 3 RM + 20 RM + 3 RM = 26 RM = 87.100

17 Januari 2016
05.30 Shalat Subuh
06.00-07.30 Mandi dan sarapan
08.00 Go to Batu Caves (12 RM pp)
13.00 Shalat Dzuhur
Flexibel bisa langsung pulang dan istirahat atau cari oleh2 lagi di sekitar Kuala Lumpur (MY DIN)
Saya memutuskan untuk diam dirumah saja, karena hari sangat panas. Tapi membiarkan teman2 untuk berpetualang sendiri tapi tetap dibekali catatan. Dan mereka berhasil sampai di rumah pada pukul 15.20.
16.30 Shalat ashar
19.30 Shalat Magrib
20.00 Karena kami ada Flight pagi, jadi untuk antisipasi kami memutuskan untuk menginap di bandara.
berarti berangkat dari rumah naik Airport Line dari KTM Nilai (3RM + 4,5 RM).
22.00 Shalat Isya

Payment : 3 RM + 4,5 RM = 7,5 RM = 25.125

18 Januari 2016

06.10 Shalat subuh
06.45 Check in counter
07.00 Sarapan di Bandara
10.30 Sampai di Jekardah
11.00 OTW BANDUNG TERCINTA (bus primajasa 115Rb)
14. 00 Sampai Bandung

Payment : 115 ribu

1 SGD = 9.950
1 RM = 3.350

TOTAL PAYMENT : 303.475 + 285.870 + 52.595 + 87.100 + 25.125 + 115.000 = 869.165

NOTES :
Terimakasih untuk ketiga travelmates saya, mba Nisye Narlia Karnysa, mba Wida Noviyanti, dan Gitta Octaviani. Sudah gak penasaran lagi kan kenapa saya bisa tetep pergi ke Luar Negeri meski budget pas pasan? Kuncinya , percaya bahwa Allah mencukupkan pada waktunya asal ada usaha dari diri kita sendiri. Kalau sudah waktunya kita pasti merasakan hal yang sama. Buktinya walau paspor jadi H-1 keberangkatan, ditambah selama perjalanan banyak tragedi haha saya pikir bisa jadi bahan cerita buat anak cucu kita nanti. Maaf untuk segala kesalahan. Hati2 ketagihan!

#BIsingapore #BIkualalumpur #BImalacca

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/