Backpaker inspirasi πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
Sangune uuuuuuuuuwwwakehhhhhh iki

Jeffrey Polnaja lahir di kota Bandung, Juni 1962.[3] Kegemaran bertualang sudah dimulai sejak muda, mulai dari mendaki gunung, terbang layang, menunggang kuda dan lintas alam dengan motor merupakan bagian dari petualangannya.

Pada tahun 1978 ia bergabung dengan Aviantara Aero Club[4], sebuah klub terbang layang dan berhasil meraih terbang solo menggunakan pesawat layang tandem maupun single seater buatan Schweizer Aircraft, Amerika[5]. Pada tahun ini pertama kali ia berkendaraan jauh seorang diri, menunggangi sepeda motor Honda CB100 dari Bandung melintas seluruh Pulau Jawa sampai ke Pulau Bali. Tahun 1989 ia bergabung dengan klub berkuda Bala Turangga dan meraih beberapa piala di kejuaraan nasional, dengan spesialisasi Lompat Rintangan.[6]

Tepat 23 April 2006 Jeffrey memulai perjalanan keliling dunianya dari Jakarta mengendarai BMW R1150GS Adventure dengan tema Ride For Peace.[7] Ia menjelajah Asia,[8] Afrika Utara,[9], Eropah.[10] Pada 29 November 2008 ia kembali ke Indonesia untuk menerima Lifetime Achievement Award,[11] penghargaan tertinggi yang dapat diberikan Ikatan Motor Indonesia (IMI) pada insan otomotif Indonesia. Sejak IMI berdiri seratus tahun yang lalu, baru dua orang yang di anugerahkan penghargaan prestisius ini.[12]

Setelah menerbitkan buku berjudul Wind Rider,[13] Jeffrey kembali ke Eropah menemui sepeda motor tungganggannya dan kembali melanjutkan perjalanan. Dimulai dari Paris menjelajah trans Siberia[14], dilanjutkan ke Amerika Utara,[15][16] Amerika Tengah[17] dan Amerika Selatan.[18] [19] Saat ini ia berada di Chile[20], negara ke 94 yang dikunjunginya. Negara tujuan berikutnya adalah Selandia Baru, Australia dan kembali ke Indonesia melalui Timor Leste.

Jeffrey Polnaja juga tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang bergabung dalam organisasi Internasional Jupiter’s Traveller, sebuah organisasi dibawah naungan Ted Simon Foundation[21] yang berpusat di Inggris untuk mewadahi para penjelajah dari seluruh dunia.

Bibliografi

Daftar negara yang sudah dijelajahi Sunting

Indonesia (start).
Singapura.
Malaysia.
Thailand.
Kamboja.
Laos.
Vietnam.
Bangladesh.
India.
Bhutan.
Nepal.
Pakistan.
Afghanistan.
Iran.
Uni Emirat Arab.
Oman.
Qatar.
Saudi Arabia.
Jordan.
Lebanon.
Mesir.
Libia.
Tunisia.
Aljazair.
Maroko.
Spanyol.
Portugal.
Andora.
Perancis.
Monaco.
Belanda.
Belgia.
Inggris Raya.
Denmark.
Norwegia
Swedia.
Finlandia.
Estonia.
Latvia.
Lithuania.
Belarus.
Rusia.
Ukraina.
Moldova.
Romania.
Hungaria.
Kroasia.
Bosnia Herzegovina.
Serbia.
Montenegro.
Albania.
Macedonia.
Bulgaria.
Turki.
Georgia.
Armenia.
Azerbaijan.
Suriah.
Siprus.
Yunani.
Itali.
Vatikan.
San Marino.
Slovenia.
Austria.
Slowakia.
Ceko.
Polandia.
Liechtenstein.
Swiss.
Luxemburg.
Jerman.
Kazakhstan.
Mongolia.
Jepang.
Korea Selatan.(Busan/Kota pelabuhan)
Kanada.
Amerika Serikat. (38 negara bagian)
Mexico.
Belize.
Guatemala.
El Salvador.
Honduras.
Nikaragua.
Costa Rica.
Panama.
Kolombia.
Ekuador.
Peru.
Brasil.
Paraguay.
Uruguay.
Argentina.
Chili.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/