Bagian ke IV dari cerita roadtrip Sulawesi saya antara Luwuk ke Gorontalo via Pagimana. Dari Luwuk kita mesti cari info jadwal kapal dari Pagimana-Gorontalo yang 2 hari sekali untuk jadwal yg fix, karena Pagimana sendiri 2 jam perjalanan dari Luwuk. Di tengah perjalanan ke Pagimana jgn lupa singgah ke air terjun Salodik.

Air terjun Salodik sangat asyik untuk tempat rekreasi. Airnya segar dan bersih, belum terlalu ramai, namun sudah dibuat gazebo/pendopo untuk wisatawan yg hendak melepas penat. Tapi cobalah buka sepatumu dan rasakan airnya, basuhlah mukamu. Niscaya fresh.

Perjalanan dr Luwuk-Pagimana cukup lancar, jalanan bagus walau berkelok2. Tiba di sisi teluk Tomini kita akan disuguhi pemandangan indah lagi. Tiba di pelabuhan Pagimana segeralah beli tiket. Kita akan dapat pilihan kelas bisnis atau ekonomi, selisih 20 ribuan saja tapi yg kelas bisnis itu nyaman kita dapat dipan n matras, bisa tidur nyaman.

Sambil menunggu kapal kita bisa makan minum di warung2 dalam pelabuhan. Kapal berangkat pukul 5 dan perjalanan 9 jam ke Gorontalo. Kadang jadwalnya berangkat pukul 8 malam, namun krn sudah penuh muatan kendaraan jadi lebih awal. Sunset di teluk Tomini sendiri jangan dilewatkan dr atas geladak kapal.

#roadtripsulawesi

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/