#BDATHENS #BDATHENA #BDSANTORINI #BDYUNANI #BDGREECE

Halo..Saya ingin sharing mengenai catatan perjalanan Saya di Yunani. Semoga membantu πŸ™‚

Yunani adalah negara yang Saya datangi setelah Turkey, dalam rangkaian trip Eropa tahun 2016 ini. Kami menggunakan pesawat Olympic air dengan harga sekitar Rp. 300.000 ,- dengan rute Izmir (Turkey) menuju Athens (Yunani)

Athens
Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam, akhirnya kami sampai di Eleftherios Venizelos Airport (Athens Airport).

Rencana berikutnya setelah sampai di Athens adalah menuju Syntagma square dan Acropolis. Dari Airport menuju Syntagma kami menggunakan metro line 3, seharga 9 Euro per orang, seharusnya 10 Euro per-orang, tetapi jika membeli paket berdua lebih murah yaitu 18 Euro untuk 2 orang, one way. Ternyata pilihan kami untuk menaiki metro salah.. (karena mahal πŸ˜€ ). Lebih murah menggunakan bus X95 dengan tarif hanya 6 Euro per orang.

Waktu tempuh menggunakan metro dari Athens airport ke Syntagma square sekitar 1 jam. Sesampainya di Syntagma square jam 10 pagi, sedangkan pergantian penjaga dilakukan jam 11 Siang, sehingga kami harus menunggu terlebih dahulu. Kostum yang dipakai oleh penjaga di sini sangat unik, apalagi sepatu yang dipakai.

Setelah menyaksikan pergantian penjaga di Syntagma square, destinasi berikutnya adalah Acropolis. Dari Syntagma square kami berjalan kaki menuju Acropolis sekitar 10 menit. Acropolis adalah sebuah bangunan bersejarah di atas bukit yang merupakan Unesco world Heritage site, kalau dulu pernah nonton Saint Seiya pasti tau deh πŸ˜€ . Tiket masuk Acropolis adalah 12 Euro. Untuk menuju Acropolis harus jalan menanjak, jadi persiapkan minum yah.

Waktu yang dibutuhkan untuk berfoto-foto sekitar 2 jam. Setelah selesai berfoto-foto di Acropolis kami berjalan kembali menuju Syntagma Square untuk kembali ke Airport, karena kami akan melanjutkan perjalanan ke Santorini. Dari Syntagma square menuju airport kami menaiki bus dengan nomer X95, dengan harga 6 Euro per-orang yang dibayar di loket. Perjalanan sekitar 1 jam.

Santorini
Untuk menuju Santorini dari Athens, kami menggunakan pesawat Ryan Air, yang tiketnya sudah kami beli 2 bulan sebelum keberangkatan dengan harga per-orang sekitar Rp. 220.000,- oneway. Perjalanan dari Athens Airport menuju Santorini airport sekitar 50 menit.

Sesampainya di Santorini airport kami dijemput oleh perwakilan dari Villa Agas. Kami memilih Villa Agas di Karterados, dengan pertimbangan Villa Agas memberikan free airport pick up, lalu letaknya yang strategis (hanya 10 menit jalan kaki menuju Fira Bus terminal), dilewati Airport bus dan juga murah. Untuk private bedroom harganya hanya 22 Euro untuk 2 orang.
Saya sarankan jika memilih penginapan di Santorini lebih baik di daerah yang dekat dengan Fira bus terminal, karena Fira bus terminal menyediakan bus dengan rute ke Oia, airport dan sekitarnya.

Keesokan harinya, tujuan kami ke Santorini hanya ingin ke Oia, yaitu tempat yang paling hits di Santorini, yaitu rumah berundak-undak dan gereja dengan kubah biru. Untuk menuju Oia kami harus menggunakan bus dari Fira bus terminal, dengan tarif 1,60 Euro per-orang. Pembelian tiketnya di dalam bus, karena ada kondektur yang akan menagihkan ongkos perjalanan. Perjalanan dari Fira menuju Oia sekitar 45 menit.

Oia
Oia merupakan suatu kota kecil di Pulau Santorini yang sangat terkenal dengan gereja kubah biru dan rumah yang berundak-undak. Saya tidak dapat membayangkan betapa hebatnya orang-orang di sini, dapat membuat rumah di tebing-tebing.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/