#BDICELAND
Sekilas cerita iceland dari traveler newbie

Tanggal 30 sept – 5 oktober 2016 kemarin akhirnya saya berhasil juga ke islandia, dengan segala masalah yang dateng tapi ternyata kalo udah niat mah, bisa aja kejadian semuanya (berbekal keberanian setelah baca-baca cerita para solo traveler) *girang.

tanggal 1 berangkat dari london menuju reykjavik, karena cari penerbangan murah (WOW air) akhirnya berangkat dari gatwick (halimnya london kayanya sih) setelah penerbangan kurang lebih 3 jam sampai di keflavik airport tengah malam.

Di bandara gatwick udah keringet dingin karena ga tau nasib sampe keflavik gimana transportasinya (paket data udah mati pula dan wifi gatwick simpang siur) tapi alhamdulillah sampe keflavik ada transportasi bus yang stand by sepanjang penerbangan, mereka akan berangkat tiap 20-40 menit kemudian setiap ada flight arrival. Ada 2 perusahaan bus besar. tinggal dibandingin yang murah dan cocok jadwalnya yang mana, di antaranya ada yang langsung drop depan hotel/hostel partneran mereka, sangat membantu kalo kita cek dulu hotel/hostelnya. Sampai hostel saya sekitar jam 3 am. masuk kamar hostel (8 bed) udah gelap dan lagi-lagi bingung cari tempat tidur kosong, nyesel deh ga bawa senter kecil.

Besok paginya keliling di reykjavik. kota nya manis banget, hangat dan sangat lokal (apeuuu) sagala makan aya (makanan uk, italy, vietnam, thailand, bekasi ga ada sih) tapi mahal bangettt, karena kantong saya cuman muat makanan2 convenience store, jadi saya ga bisa review kulinernya deh. point of interest di reykjavik sendiri ga terlalu banyak, sehari di awal aja cukup untuk explore menurut saya.

Hari ke 2 udah siap banget ke golden circle, ada beberapa car rental besar yang punya aplikasi sendiri yang mempermudah proses bookingnya.
tapi nasib berkata lain, udah jalan kaki sejam ke tempat rentalnya (karena transportasi umum di reykjavik susah dan jarang) eeeh.. ditolak karena ga punya cc (esensial untuk jaminan mobil). coba-cobain telp tempat lain juga mereka sama aja. Udah agak panik dan desperate karena kayanya harus ikut trip2 dari travel agent yang mahal dan menurut saya gak worth it. Alhasil saya pake aplikasi couchsurfing cari-cari tebengan dan voila! saya dapet tebengan gratis dari traveler yang lagi cari temen juga.

GOLDEN CIRCLE (rute gampang & populer u/ explore alam iceland)
sendiri bisa diselesaikan dalam waktu seharian, tapi karena alamnya bagus pisan edan, jadi saya 2 hari juga ga bosen-bosen muterin ini. di rute ini ada banyak point of interest yang bisa didatengin (thingvellir national park, gulfoss waterfall, geysir, dkk) dan semua informasinya sudah tersedia di google maps (tinggal ketik euy)

Hari ke 4 bingung lagi deh, karena tebengan saya pulang, saya cari lagi di couchsurfing, eeeh ketemu orang bekasi , mana 1 almamater pula SD nya. Rasanya gimanaa gitu ketemu temen sekampung di tempat sejauh itu. kita patungan sewa mobil dengan memakai cc dia. kita sewa di perusahaan car rental yang ga gedegede amat di pusat kota. untuk menyewa mobil sendiri butuh cc + sim internasional (bisa dibikin di mabes korlantas polri, MT haryono, jakarta) dan kita ke bagian selatan iceland, nama daerahnya vik. disitu ketemu pantai dan landscape-landscape berbeda yang bikin cengo setiap saat. pulangnya kita niat hunting aurora berbekal aplikasi pemantau aurora, dan nungguin aurora sambil begadang, tapi dasar amatir. ternyata kalo mau liat aurora itu butuh kesabaran + taktik dan terakhir hoki yang besar.

Overall saya cukup puas dan bersyukur untuk trip iceland saya, karena sebetulnya kalau dipikir-pikir, saya termasuk beruntung masih bisa roadtrip dengan perbekalan minim.

HIGHLIGHTS dari saya (might be useful)
1. lebih baik sedia kartu kredit.
2. sewa mobil langsung dari bandara jauh lebih hemat ketimbang naik bus / transportasi umum lainnya.
3. orang-orang iceland di reykjavik rata-rata sudah bisa bahasa inggris.
4. seenggaknya orang menghabiskan waktu 1-2 minggu untuk hunting aurora (dari orang-orang yang saya tanya) kecuali dia hoki, dan harus tepat timingnya (bulan, cuaca, dsb)
5. Supermarket murah disana : Bonus
6. trip-trip yang ditawarkan travel agent disana suka overpriced.
7. banyak yang harus diperhatikan kalau nyetir disana, seperti
– hati-hati kalau nyetir di iceland, suka ada domba / sapi nyebrang jalanan dan perusahaan car rental tidak menyediakan asuransi untuk ini.
– anginnya kenceng bgttt (mungkin tergantung musim) saya sempet penyokin pintu mobil karena ga hati-hati pas buka pintu, dan pintunya terhempas ke arah luar karena angin, untung aja ga copot.
– kalau mau nyetir ke arah off road harus hati-hati sama ban selip, udah ada beberapa kejadian mobil terbalik.
– posisi setir di iceland kebalikan posisi setir kita. jadi harus adaptasi yang cepat, dan saya suka kagok.

Sejauh ini itu yang bisa saya share dari perjalanan iceland saya.
terima kasih udah mau baca cerita saya 🙂

PS. beberapa foto ada yang diedit ada yang ngga. hehe..

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/