Beberapa hari yang lalu, saya sempet kesel banget pas mau boarding dari Big Island ke Honolulu.

Soalnya pas antri boarding, saya antri dari belakang dan ada anak laki-laki yang masuk dari samping. Dikira dia anak atau apalah dari ibu2 yang di depanku walau agak ragu juga karena ibu2 depanku seperti keturunan Jepang.

Makin jalan ke depan, dia makin mepet ke barisan dan berdampingan dengan ibu itu. Lalu akhirnya berdiri di depanku dengan rasa tidak bersalah. Padahal dia lihat aku berdua dengan mama yang sudah cukup berumur.

Ga sengaja, aku lihat tiket dan paspor yang dia pegang. Oalah, orang Indonesia. Rasanya pengen nabok aja. Soalnya orang cape2 antri, dia nyelak. Kebiasaan buruk dibawa2. Bikin malu aja.

Dia dengar pula mamaku ngomong pake bahasa Indonesia dan dia ga nyapa sama sekali. Padahal biasanya kita selalu saling sapa kalau ktemu orang Indo disini.
Dalam pesawat, dia malah sangat ramah sama penumpang disebelahnya. Ngakunya sih dari Bali. Mungkin anak perhotelan kali ya. Ga tau juga.

Ketauan noraknya juga secara mau boarding bawa2 paspor, sementara kita cuma perlu nunjukkin tiket aja.

Kalau ga pergi sama rombongan keluarga tanteku, pasti sudah kusemprot tu anak. Bikin bete aja, sumpah.

Alhasil waktu dia kebingungan di bandara honolulu, aku diemin aja. Cuma aku lihatin aja dia nyasar kesana kemari cari tahu jalan keluar dan entah apalagi.
Padahal kalau dia nice, aku bisa bantu dia. At least nanyain ke om yg sudah cukup lama tinggal dsini dan tahu banyak hal.

Tolonglah, kalau ke luar negeri belajar yang baik dan terapkan di negara kita supaya kita juga bisa maju. Jangan cuma takut kena denda aja tapi karena aturan disana dijalankan dan jadi teratur serta lebih baik.

Ini ada fotonya, siapa tahu ada yang ngenalin…. tolong dijitak supaya ga begitu lagi lain waktu.

Salam traveling.

#BINgomel
#BIUSA
#BIHawaii

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/