Belakangan sebagian orang indonesia mengambil jalan dengan datang ke jepang menggunakan visa waiver, setelah masuk ke jepang, mereka mengajukan permohonan visa refugee/pengungsi (namin).
Jika proses pengajuan diterima, maka akan mendapat visa dengan status designated activities (tokutei katsudo) tanpa boleh bekerja, kemudian mengajukan perpanjangan lagi, jika diterima dapat 6 bulan lagi plus dapat izin bekerja, kemudian mengajukan lagi terus seperti itu sampai batas waktu yang tidak ditentukan, karena sewaktu-waktu pengajuan ini bisa ditolak dan orang yang bersangkutan harus pulang ke Indonesia.
Karena aslinya orang indonesia tidak bisa urus visa pengungsi karena negara kita termasuk aman (bukan sedang dalam konflik).

Efeknya dari sekian banyak yang mengajukan, pasti banyak yang diterima dan banyak yang ditolak pengajuannya, yang ditolak ujung-ujungnya jadi ilegal (over stay).
menurut data immigrasi jepang, saat indonesia masuk urutan nomor 7. tetapi kenaikannya 77% dibandingkan tahun lalu.
Imbasnya buat yang benar-benar mau travel ke jepang kena random cek ketat, yang terfatal dideportasi.

Saran saya sebaikanya persiapkan segala dokumen dan jawaban yang masuk akal saat diinterview, tetap tenang dan berlaku sewajarnya, yang paling penting berdoa, selama tujuan anda benar, insyallah semua lancar, perasaan ragu/grogi hanya akan membuat hasil wawancara jelek dan berakhir dengan pemulangan keesokan harinya.

#BIjepang

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/