berbekal Informasi dari teman-teman Backpacker Dunia, akhirnya kami ber8 menjelajahi Jepang selama 9 hari. mulai dari tokyo, kyoto, osaka, Nagano dan shirakawago. berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan selama berada di Jepang dan informasi dari BDer, gue coba rangkum beberapa tips untuk travel ke Jepang yaitu:

1. cari tahu destinasi yang akan kalian kunjungi, dengan begitu kalian akan menentukan apakah perlu untuk membeli JR pass seharga Rp 3.400.000. jika tujuan hanya tokyo, kyoto dan osaka, gue lebih menyarankan untuk menggunakan whiller bus saja.

2. sebaiknya hindari golden week di jepang, yang biasa di mulai tanggal 29 april sd 5 Mei. di masa ini, orang jepang mendapat liburan tanggal merah dalam memperingati Showa day, constitution day, grennary day dan children day. jadi tempat wisata pasti akan penuh dengan turis lokal.

3. tiket Pesawat murah bisa didapatkan dari maskapai Air asia, waktu itu gue dapat Rp 2.8juta PP jakarta-tokyo. kalo jalan hanya di tokyo, kyoto dan osaka, lebih baik masuk jepang melalui Haneda airport tokyo, kemudian pulang melalui Kansai airport di osaka.

4. Rute Shinkansen Nozomi tercepat bisa di coba dari Kyoto ke Osaka selama 15 menit. harga kurang lebih Rp 160.000, in option untuk mencoba shinkansen bagi yang gak punya JRpass.

5. gunakan hyperdia.com (buka dari browser) ini sangat membantu kalian untuk menemukan rute dan transportasi selama di Jepang.

6. penginapan hostel di jepang kisaran 250.000 sd 350.000, kalian bisa book di booking.com. gue nginap di Bunka hostel di asakusa, tempat ini rekomended banget karena tempatnya bersih dan modern.

7. Salah satu biaya paling mahal ketika travelling di jepang yaitu transportasi. usahakan untuk membeli onedaypass transportation. ketika nyampe di Narita, kami membeli 2 day pass untuk metro dan toei seharga 1200 yen, pass ini berguna untuk menjelajahi Tokyo. sementara di kyoto kalian bisa menggunakan one day pass bus seharga 500 Yen. Pass ini bisa dibeli langsung dengan supir bus.

8. Shirakawago salah satu tempat yang menarik untuk di kunjungi ketika Winter, jika kalian tidak kebagian Seat untuk Nohi bus di kanazawa dan takayama, kalian bisa menggunakan Heritage bus di Shin-takaoka. Bus ini tidak perlu di reserve, ini adalah jalur yg biasa digunakan turis lokal untuk ke shirakawago. untuk lebih detilnya, bisa cari postingan gue di grup ini dgn #BDshirakawago

9. orang jepang khususnya yang berada di tourist information sangat membantu turis, jangan pernah ragu untuk bertanya kepada mereka, mereka pasti akan membantu kalian melebihi apa yang kalian harapkan.

10. agar tetap terhubung internet, kalian bisa menggunakan J-mobile Sim card yang bisa dibeli di Indonesia seharga Rp 350.000 untuk masa aktif selama 15 hari.

11. ketika winter, pakaian Long john dan ultra Light Down (ULD) uniqlo sangat membantu untuk menghangatkan badan. harga Normal ULD Rp 1.200.000, tapi kalo bisa cari penawaran terbatasnya jadi Rp 600.000.

sekian informasi dari gue semoga bisa informasi ini bisa membantu teman teman dalam merencanakan trip yang seru di Jepang. jika teman ada informasi tambahan bisa menambahkan di comment.

ini sepotong video liputan perjalanan kami ketika berada di Jepang.

#bdjepang #bdshirakawago #bdnagano #BDvlog #bdtokyo

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/