#BI JEPANG

Sebenarnya sudah banyak yang menulis tentang trip ke Jepang, saya hanya melengkapi saja dan mudah2an ada sisi baru yang belum terkespos. Pernah ada yang menanyakan saya di forum ini berapa sih biaya yang diperlukan untuk travelling ke Jepang; pada kesempatan ini akan saya coba bagikan biaya yang saya keluarkan dan apa tips yang bisa digunakan untuk menghemat, moga-moga bisa berguna.
1. Bila ingin berkeliling ke beberapa kota di Jepang ada baiknya membeli JR PASS dari Indonesia karena ongkosnya pasti lebih murah dibanding bolak-balik beli tiket kereta. Teman saya pernah mengatakan yang berat di Jepang adalah ongkos transportasinya dan kurasa perkataannya ada benarnya.
2. Untung akomodasi bila travel sendirian bisa mempertimbangkan menggunakan AirBnb karena bila beruntung kita bisa mendapatkan tempat akomodasi yang menyenangkan dan juga murah. Tapi harus diingat karena AirBnb sepertinya ilegal di Jepang bila di bagian imigrasi sebelum masuk ke Jepang bila petugas menanyakan akan tinggal dimana bila saja tinggal bersama teman, dengan nama teman adalah nama host kita di AirBnb.
3. Untuk makan pagi bisa mempertimbangkan convenient store-convenient store yang tersebar di banyak area perumahan dan pusat perbelanjaan. Onigiri menjadi makanan pagi favorit saya ketika disana.
4. Menyewa sepeda bisa menjadi alternatif perjalanan yang menyenangkan dan murah pula. Cukup banyak tempat yang menyediakan penyewaan sepeda, harap diingat untuk meninggalkannya di tempat yang tersedia.
5. Masyarakat Jepang sangat ramah dan bersedia membantu, masih saya ingat beberapa kali mereka membantu saya ketika saya tersesat. Arigatou.
6. Untuk tiket bisa mulai hunting ketika ada pameran travel. Saya bisa mendapat tiket pp 4 juta rupiah dan mengingat gencarnya pameran travel saya rasa bisa mendapat harga tiket lebih murah dari itu.
7. Masih banyak tempat di Jepang yang menarik selain tempat main stream, saya kemarin mencoba berkunjung ke Kurobe di sini saya berjodoh bersahabat dengan supir bus di kota itu yang menjadi teman mengobrol selama perjalanan saya. Arigatou Akira-san. Terima kasih atas segala kebaikan dan keramahanmu Akira-san.
8. Jepang terkenal karena keamanannya, jadi jangan ragu untuk traveling sendiri.
9. Untuk biaya selama 10 hari saya menghabiskan biaya sekitar 6000 Yen(di luar tiket kereta, pesawat dan akomadasi).
10. Terakhir masukan dari saya, Bawalah diri dengan sopan di tempat dan negara baru, sesuaikan dengan peraturan dan jagalah kebersihan, lebih baik meninggalkan kenangan baik di negara orang, jangan tinggalkan kotoran dan sampah. 😁😁

“Investment in travel is an investment in yourself.” – Matthew Karsten.

Many thanks to my friens; Tan Silvia, Danny Aquino, and all Japanese people to welcome me with great friendship and hospitality.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/