#BIAmsterdam #BINetherlands #BIHolland

Kalau ada yg punya waktu sisa di Amsterdam dan udah pernah doing mainstream tourist objects spt lihat kincir angin, ke red light district, liat bunga tulip, sebagai orang indonesia, tempat2 ini mgk opsi untuk melihat sedikit sejarah perjuangan bangsa mu 😁 (lihat dr sisi mereka) dan mencoba makanan Indonesia yg disesuaikan dgn lidah mereka.

1. Ke Batavia Werf, lokasi di Lelystad, bisa pake kereta ke Lelystad trs pake bus No. 3 stop di tujuan akhir, Batavia stad. Ini adalah prototype kapal voc pertama yg ke batavia. Ambil tiket Zeehelden sekitar E11, lihat websitenya pd hari2 tertentu ada pertunjukkan yg menceritakan perjalanan ke batavia lengkap dgn org2 berbaju masa itu, dan kita diperlihatkan bgmn kehidupan dikapal. Sangat menarik! selain itu lokasi tempat ini bersebelahan dgn outlet Batavia Stad πŸ˜‰.

2. Jalan2 ke kota Hoorn untuk melihat sejarah VOC (bisa ke tourist info yg disebut VVD untuk minta peta lokasi2 yg menarik utk didatangi terkait VOC spt West Fries Museum, patung JP Zoen Coen, gubernur jend Batavia yg makamnya ada di Museum Wayang, jl Fatahillah). Tempat2 ini bisa dijangkau dgn jalan kaki dr Stasion Hoorn. Kota Hoorn dr Central Stasiun Amsterdam sekitar 30 menit dgn kereta.

3. Mencoba ‘snack bar’, mereka menjual goreng2an spt lumpia, kroket, dll harganya cukup murah E1-3, coba pesan bami blok atau nasi bal, itu adalah bami/nasi yg digoreng dgn tepung. Jangan lupa pesan kentang goreng ‘patat’ dan minta bumbu ‘orloog’ (artinya perang), mixed bumbu sate dan mayones.

4. Mencoba ‘rijsttafel’ di salah satu restauran Indonesia, terjemahan nya nasi meja, kyk makanan padang deh, nasi dgn aneka lauk pauk, spt kering tempe, sate, serundeng, acar, telur gulai, krupuk dll. Setelah keliling Eropa makan roti2an atau chinese food, terus end up makan ini, rasanya jd enak banget πŸ˜‰

Silakan mencoba.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/