#BIAUSTRALIA #BICURHAT #BISYDNEY

PENGALAMAN MENDAPAT PERLAKUAN RASIS DI SYDNEY

Guyz,
Gue mau berbagi pengalaman nehhh alias curhat mudah2an diantara kalian ga ada yang mengalaminya dan pengalaman gue mudah2an bisa menjadi pelajaran berharga buat kalian yang akan ke Australia. Gue sehh da tau kalo di Australia termasuk tinggi tingkat rasismenya tapi ga nyangka aja kalo gue sampe ngalamin juga.

Pas hari ke 6 di Australia ceritanya gue nganterin klien pulang duluan ke Indonesia. Gue urusinlah semuanya termasuk anterin mrk ke Sydney airport. Pas gue mau balik ke hotel gue naek bus 400 dan gue mau turun di Mascot stasiun. Didepan antrian gue tuhh ada turis Jepang cowo, dibelakangnya 2 turis China cewe, trus turis India cowo, turis Korea cowo baru kemudian gue dan dibelakang gue dstnya bule semua.

Pas kita naek bus dan mau tap opal card turis pertama yg orang Jepang nanya kurleb kaya gini ” apa bus ini berhenti di Mascot stasiun ?? ” .. itu driver busnya diem aja dan ga menoleh sedikit pun sambil narik nafas. Krn ga dijawab turis Japan jadinya langsung turun bus lagi. Begitupun turis kedua dst dg bertanya pertanyaan yg sama dan lagi2 ga dijawab sama drivernya. Mungkin kebetulan juga yaaa krn kita semua turis jadi kita semua juga turunnya sama di Mascot stasiun. Sampe akhirnya pas turis India nanya tuhh driver teriak2 dan ngebentak2 tuh turis India sambil nunjuk2 turis korea dan gue…. intinya kurleb tuhh driver ngomong kaya gini.. ” heyyyy kaliaaan…. kalo kalian mau naek bus kalian seharusnya udah tau dong kalian mau kmana dan mau turun dimana serta naek bus nomer berapa…. kalian sangat menggangu saya… sana lekas turun dari mobil saya…. saya gak mau mengangkut kalian…” kurleb kalimatnya seperti itu. Ntu driver ngomong sambil teriak2 dan dg nada yg tinggi dan mengacungkan tangan. Otomatis kita semua akhirnya turun dari bus lagi… dan memang selalu ada aja orang baik disekitar kita. Mendapat perlakuan spt itu ada satu bule yg ga jadi naek dan bantuin kita. Kita nunggu bus berikutnya dimana ntu bule naek duluan dan bertanya untuk memastikan kalo bus 400 emang melewati mascot stasiun.

Boro2 kita mau catet ID dan nomer platnya…. kita semua pada panik saat itu jadi bener2 ga kepikiran untuk mendokumentasikan kejadian ini buat dilaporin ke yg berwenang.

Gue sehh merasa wajar yaa kalo kita bertanya untuk memastikan tujuan bus itu karena kitakan turis. Kita juga ga mau nyasar yang akan buang2 waktu kita juga.

Dengan kejadian ini ya gue ambil hikmahnya aja sehhh kalo perlakuan rasis emang masih banyak di Sydney. Kalo ditanya masih minat balik ke Ausie lagi apa nggak ya gue akan jawab masih dong. Kejadian ini ga akan mempengaruhi keinginan gue untuk eksplore suatu negara tapi kejadian ini akan membuat gue untuk lebih hati2 lagi.

Thanks yaa yg udah baca curhatan gue mudah2an bisa diambil hikmahnya dari kasus yg gue alamin.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/