#BIINFO #BIEROPA #BIEUROPE #BIMASAKMASAK

Halo temans Salam kenal yah
Kali ini saya ingin share mengenai travelling hemat di Eropa. Travel keliling eropa selama 12 hari untuk 5 negara dan 11 kota di eropa.

Terinspirasi share informasi yang bermanfaat dari Mbak Aika Barus yang sangat keceh banget bisa travelling gayah dan keyen selama eropaah dengan budget yang sangat minim sekali dan sharing dari mas Imam Firdaus ttg travelling mandiri di eropa dan Umroh.

Disini saya fokus untuk Soal Makan selama di eropa, dimana hal ini yang sangat berpengaruh kepada biaya dikeluarkan, sehingga saat travelling ke eropa Oktober 2015 kemaren total All in biaya yang dikeluarkan adalah 14 juta(termasuk persiapan dr Indonesia spt Visa, bekal, dan kebutuhan lainnya), tentunya bagi temen2 yang saat travelling suka masak, dan hobby masak. Kebetulan saya sedikit bisa soal masak dan hobby masak, sehingga temen2 yang travelling bareng saya Happy banget. hehee

Berikut Tips nya :

– Siapkan Bekal bekal dari indonesia, seperti Mie, rendang , teri balado, sambel, kecap, garem, bumbu opor, bumbu rendang, beras dan semuaa yang disukai selama perjalanan di eropa. Kebetulan saya masak rendang dan teri balado kacang dari indonesia, sehingga bs mengobati jika kangen ama masakan dari indonesia (seperti foto terlampir)

– Bawa kotak spt lock and lock, atau tupperware yang bisa masuk microwave dan bisa digunakan untuk masak di microwafe, ternyata di bagian tutup Lock and Lock itu ada tulisan โ€œMicrowave Safeโ€, artinya itu bisa dipake untuk masak nasi di dalam microwave. Cara masaknya adalah masukin beras ke dalam Lock and lock dan ditambahkan air dan tidak ditutup. Masukin ke dalam microwave dalam 2 tahap. Masing2 nya adalah 15 menit. Tahap pertama selama 15 menit lalu dikeluarin lock and lock dr microwave dan diaduk2 nasinya, bagian bawa diaduk sehingga keatas, dan atas diaduk sehingga kebawah. Tahap kedua adalah 15 menit lagi sampe nasi matang. Kringggg, microwave berbunyi dan nasi sudah matang dan siap dimakan…. jrengg

– Carilah hostel sebagai penginapan, selain murah, hostel juga punya dapur loch, bisa berkomunikasi dengan traveller lain dari negara lain sehingga kita bisa menambah temen baru, jika tidak mau dormitory, bisa memilih private room, yang harganyaa lebih murah daripada hotel untuk kualitas kamar hampir mirip dengan hotel bintang 2 atau 3.

– Beli bahan bahan makanan basah saat di eropa aja, jangan bawa dari Indonesiaa yach… ntar layu sampai disana. Dijamin lebih murah saat beli di eropa, dan bs banyak.. jadi makan nya puas selama jalan jalan. Seperti telor, sayur, ayam fillet, kentang, bawang merah dan putih, dan lain lain. Di eropa banyak supermarket yang menjual kebutuhan tersebut, kalau untuk beras, jika memungkinkan bawa dari indonesia saja, karena disana agak mahal, spt beras thailand dan brasmati.

– Bawa bekal selama jalan jalan di eropa, misal saat di paris kemaren jalan jalan di sungai eifel saya bawa bekal nasi + rendang + teri kacang balado. Suhu udara yang dingin memang bikin lapar, Tinggal keluarin aja dari ransel kita dan makan… disini saya abadikan foto rendang di depan eifel. Seruu aja

– Bawa botol minum kemana mana yach. Disini untuk mensiasati air mineral dalam kemasan botol yang mahal di eropa. Untuk kotak lock and lock selama travelling selalu saya bawa kemana mana baik travelling domestik maupun international. karena sangat membantu saving biayaa selama travel.

Sekian sharing dari saya. Smg bisa membantu. tunggu sharing travelling hemat ke negara lainnya. CIAO

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/