#biInfo #biReport #biNorway #biBergen #NorwayInANutShell #biCruise #biFlam #biMyrdal #biFjord

Previously : Sesampai di bandara Copenhagen, Denmark, kami segera menuju self check in, print boardingpass dan print luggage tag secara mandiri dan pergi ke self baggage drop. Seperti biasa Norwegian bahkan tidak menimbang berat bagasi kami, hanya butuh melakukan scan barcode secara mandiri dan jumlah tag sesuai bagasi yang kami pesan.

Setelahnya kami menuju ke terminal keberangkatan yang letaknya cukup jauh, benar saja antrian cukup panjang karena adanya renovasi juga di tempat ini.

Setelah melalui pemeriksaan ketat namun menyenangkan, kami segera menuju gate yang dituju.

Pemeriksaan ketat karena LAGs harus ditaruh dalam seal bag bening, dan dipisahkan dari barang kabin lainnya. Untungnya terdapat plastik gratis pada mesin Xray jadi tinggal pindahkan saja.

Menyenangkan adalah karena petugas yang murah senyum, tidak ada bentak-bentak seperti Avsec kita, sama seperti di Belanda petugasnya sangat sangat murah senyum dan ramah.

Pesawat kami kali ini tidak menyediakan free wifi onboard ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Move Forward..

Saya tertidur dari awal sampai pesawat landing karena lelah yang amat sangat.

Bergen merupakan salah satu kota besar di Norway, bandara cukup sepi karena mungkin ini termasuk penerbangan yang hampir terakhir hari ini. Segera kami ambil bagasi dan mencari tempat penukaran uang.

Kami temukanlah dua buah mesin money exchange, mesin kiri bisa tukar USD, mesin kanan tidak, mata uang lainnya EUR THB JPY dan mata beberapa currency lainnya.

Saya memutuskan tukar USD karena nilanya yang lebih kuat dr EUR saat itu, hanya saja penukaran dikenakan komisi 50NOK. Saya menukar 120USD dan sisa 170NOK saat pulang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

tiket 24 jam bisa digunakan untuk moda tram maupun bus, harganya 95NOK, sementara untuk single way 37NOK, lagi-lagi sampai kami pulang ga ada yang ngecek tiket kami ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ beberapa orang lokal pun kami lihat tidak tap in-out saat naik atau turun dari transportasi tersebut.

Ada apa sih di Bergen?

Bergen merupakan salah satu kota dalam pilihan perjalanan Norway in a Nutshell, kami mengambil jalur beli putus karena beda yang cukup signifikan apabila beli di agen.

Rute yang kami pilih :
Bergen – Voss by train NSB
Voss – Gudvangen by bus
Gudvangen – Flรฅm by FjordCruise
Flรฅm – Myrdal – Bergen by NSB

Sayang, perjalanan ini dirundung hujan, mendung, dan kabut yang tak berkesudahan..

Tapi itu memberikan kesan dramatis lain, karena perjalanan kesini bisa dinikmati sepanjang musim, utamanya summer atau winter kalau mau dapat foto seperti di kalender atau menikmati pepohonan dengan warna-warni berbeda atau tertutup salju.

Makan disini sama mahalnya dengan negara scandi sebelumnya, start 70NOK, belum kalau beli minum berasa, tapi saya suka sama Lasagna dan makanan panas dari Deli de Luca, harganya sekitar 80NOK dan udah paling pas aja di lidah.

Penginapan saya gunakan airbnb, sekitar 800 meter dari tram stop, atau 200 meter dari bus stop, sayangnya bus stop tersebut ditutup sementara karena event sepeda internasional.

Secara umum, Norway merupakan negara yang menarik untuk dikunjungi, saya masih mau mengulang ke Flรฅm dengan musim yang berbeda atau pergi ke utara untuk chasing Aurora.

Untuk yang mau hemat, karena banyak tersedia AirBnB jadi bisa lah bawa supply dari Indonesia dan masak sendiri disini plus hot meal juga tersedia untuk yang ga mau ribet ๐Ÿ˜ Jangan lupa bawa botol kosong yak untuk hemat, karena tap water tersedia untuk diminum.

Yakk.. saatnya pindah ke tempat selanjutnya.. Iceland! ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ธ Doain ketemu Aurora yaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/