#BIInfo #BIShenzhen #BIHongkong

VOA dari Port Luo Hu buat masuk ke Shenzhen sudah dibuka. Saya akui, memang agak tricky dapet VOA nya. Tergantung amal ibadah masing-masing. Soalnya beda petugas di counternya beda perlakuan. Saya sama petugas ibu-ibu umur 35-40 tahun cuma diliat paspor saya, udah nggak ditanya apa-apa. Habis serahin paspor ke petugas, bayar 168 Yuan, langsung dapet stiker visa.

Yang unik beberapa antrian setelah saya juga ada 2 orang Indonesia mau apply VOA juga, kebagian petugas yang beda. Mereka kebagian petugas bapak-bapak umur 45-50 dan sampai stiker visa saya selesai ditempelkan mereka belum selesai ditanya-tanya sama petugasnya, nggak tau juga akhirnya dapet visa atau nggak.

Intinya, apply VOA Shenzhen itu sepertinya untung-untungan. Iseng-iseng berhadiah. Kalo lagi hoki ya bisa masuk China Mainland. Kalo lagi nggak hoki ya nggak usah emosi dan ngedumel. Sayang liburannya. Timbang maki-maki petugas, mending namatin objek wisata di Hongkong soalnya banyak banget tempat buat shopping dan piknik di Hong Kong.

Saran saya, sebaiknya jangan lupa senyumin petugasnya waktu mau nyerahin paspor, walopun orang China Mainland rata-rata nggak ramah. Siapa tau petugasnya jadi luluh dan nggak banyak tanya hehehe

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/