#BIInfo #BIUKVisa #BIUK

Mau sharing info aplikasi visa UK, tipe Standard Visitor Visa, regular 15 hari kerja, karyawan, Visa UK pertama & punya Schengen Visa Ned multiple yang masih aktiv dengan masa berlaku 1 tahun hingga Sept 2017.

Pada awal mau bikin #VisaUK sempat bingung juga dimana harus mengisi form aplikasi. Mencoba akses web vfs global, membuka akun namun mati langkah. Akhirnya akses ke web visa4uk, dibaca pelan-pelan dan ikuti petunjuknya.

Langkah pertama, bikin akun di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/account/register lalu isi form visa secara online. Tujuan ke UK seperti halnya yang kuisi di form aplikasi adalah menonton match Liverpool vs Hull City di Anfield.

Pada saat mengisi form pastikan passport di tangan, kalaupun tidak pastikan kita ingat atau mencatat riwayat 10 perjalan kita sebelumnya (ada pertanyaan country visited, date of travel & reason for the trip). Pengalamanku, saat isi form visa online posisi pasport di kedutaan Belanda sehingga aku hanya menuliskan 6 perjalanan terakhir saja, karena masih simpan copy flight ticketnya.

Kedua, lanjut bikin appointment untuk interview & foto biomatrix di VFS Global Kuningan. Awalnya bikin appoinment buat Senin, 18 Juli 2017, namun jumat 15 July saat ambil pasport di kedutaan Belanda sudah tutup jadi aku reschedule menjadi hari Rabu 20 Jul 2017. Melakukan pembayaran secara online dg CC sebesar £ 132.00 GBP, tagihan CC dalam rupiahnya Rp1.779.023,-
Untuk priority, diluar £ 132.00 nambah 3 juta, proses dari 3 minggu menjadi 4 hari, tapi gak ada jaminan visa bakalan di approve, cuma prosesnya lebih cepat.

Persyaratan dokumen sebagaimana tertera pada guideline web official: https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/423699/2015_04_20_Visitor_Supporting_Documents_Guide_-_Final__2__-_CLEAN.pdf

Sementara dokumen yang kuserahkan:
1. Passport Baru. Pasport lama entah kemana (kusebut juga pada saat pengisian form aplikasi visa kalau pasport lama hilang)
2. Formulir Aplikasi yang sudah diprint out & TTD. Tidak perlu pas foto karena langsung diambil bersamaan dengan biomatrix
3. Print out bukti appoinment. Di FVS Global baru bisa masuk ke dalam 15 menit sebelum jam yang tertera di appointment
3. Tiket Kuala Lumpur – Amsterdam, London – Jakarta. Tiket masuk ke London memang sengaja belum beli, menunggu approval visa.
4. Bookingan hostel di Liverpool 2 malam, London 1 malam
5. Tiket Megabus London – Liverpool (PP) kusertakan karena ada 1 malam yang menginap di bus
6. Print out internet banking CIMB Niaga 3 bulan terakhir April – Mei –Juni (Saldo terakhir di bulan Juni 28 jutaan) dan Surat referensi bank yang baru sempat aku minta tgl 12 Juli 2016, dimana saldo sudah susut jauh tinggal 6 jutaan hahaha)
7. Bukti SPT tahunan (Ga wajib, buat pelengkap saja mengingat saldoku yang mengkhawatirkan)
8. Copy KTP (gak diterjemahkan)
9. Copy pasport dari halaman depan sampai belakang termasuk yang kosong
10. Copy KK (Gak diterjemahkan)
11. Copy akte kelahiran (gak diterjemahkan)
12. Surat keterangan kerja dalam bahasa inggris
13. Travel Insurance (gak disebutkan di web visa4uk)

Pada saat di loket VFS Global akan diberikan 2 halaman (1 lembar bolak-balik) check list dokumen apa saja yang kita serahkan untuk kita isi (tinggal contreng) lalu ditanda tangani. Petugas hanya menanyakan, lebih tepatnya mengkonfirmasi kalau aku punya Schengen visa yang masih aktiv, dan kujawab saja kalau memang kebetulan mau ke Belanda dulu menghadiri nikahan saudara lalu mampir Liverpool nonton bola. Dan memastikan kalau aku mengambil proses reguler dengan lama prosedur 3 minggu, apakah cukup dengan jadwal traveling. Setelah petugas cek kelengkapan dokumenku, memastikan nomor HP dan email tidak salah, aku diminta menunggu panggilan selanjutnya untuk foto biomatrix.

Minggu 7 Agustus 2016, ada email yang menginformasikan kalau pasportku sudah bisa diambil di VFS Global. Senin 8 Agustus 2016 jam 4 sore, aku mampir untuk ambil dan Alhamdulillah #VisaUK granted.

ITINERARY
22 Sep
14:15 – 16:05 Roma FCO ke London LHR by Alitalia.
23:45 – 04:50 London – Liverpool by megabus

23 Sep
Galau antara mau ke York atau jd groupies nongkrongin Liverpool FC training siapa tau bisa ketemu pemain bola, minta ttd & wefie?? *dream on*
Stadion tour (mesti cek apakah buka sehari sblm home game)

24 Sep
Ada waktu sampai jam 12 siang buat keliling Liverpool city center, Albert dock, the beatles, dll.
15:00 kick off Match Liverpool vs Hull City

25 Sep
06:15 – 12:30 Liverpool – London by megabus.

26 Sept
10:45 capcus

Barangkali ada yg mau barengan, jalan bareng #BILiverpool #BILondon atau temen #BIUK yg tinggal di sana ketemuan 😊😊

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/