#BIINFO
Mau sedikit share pengalaman yg melelahkan dan extra cost..2 minggu lalu saya process visa china karena ada training dari kantor. Tenang2 aja karena merasa yakin bakal issued karena selain record passport bagus ada sponsor kantor, apa daya seminggu kemudian visa saya di nyatakan belum bisa di terima dengan alasan di halaman endorsement ada coretan. Coretan ini sebenarnya kesalahan pihak imigrasi indonesia pada saat saya tahun lalu mengajukan tiga nama untuk keperluan ke saudi suatu hari nanti. Entah kenapa mereka mem-print 3 nama saya terbalik menghadap kebawah dihalaman endorsement kemudian di strike through/coret oleh mereka dengan ada sedikit noda tinta di halaman tersebut dan di print kembali 3 nama yg saya ajukan dg posisi yg benar. Saya sempat complain saat itu takut coretan tersebut jadi masalah pada saat memasuki negara lain atau mengajukan visa, jawaban mereka meyakinkan saya bahwa halaman tsb hanya untuk keperluan visa ke saudi..jadi yg benar adalah halaman depan.
Waktu berjalan dan memang selama ini tidak menjadi masalah, visa lebanon, visa australia, keluar masuk jepang dan negara lain aman2 aja…sampai kali ini proses visa china.
Karena waktu saya sempit dan saya harus berangkat ke china, akhirnya saya harus menbuat passport baru supaya bisa re-apply visa china kembali.
Passport lama saya e-passport baru dibuat ditahun 2015. Dan karena coretan tersebut saya harus ganti passport sebelum waktunya dan mebayar penuh. Belum lagi karena waktu expired masih lama, penggantian passport dianggap sbg passport rusak sehingga saya harus BAP dulu…berapa banyak biaya dan waktu yg harus dikeluarkan dikarenakan kesalah petugas imigrasi ygbteledor terbalik memprint sesuatu di dalam passport.
Jadi mengingatkan teman2 saja agar pada saat passport baru jadi atau seperti saya mengajukan perubahan atau tamabahan di halaman endorsement sebaiknya cek benar2 tidak ada yg salah dan tidak ada yg janggal, seperti nama, atau photo yg kadang terlalu gelap atau malah terlalu putih sehingga tidak jelas. Ada kemungkinan jadi masalah untuk negara2 tertentu dan yg dirugikan kita nantinya. Kalau saya next akan ngotot meminta pertanggung jawabannya mereka saat itu daripada nunggu pas ada masalah, malah imigrasi ngecharge kita lebih ๐Ÿ˜“

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/