#BIJapan
#BIJepang
#BITokyo
#BIDisneySea

Panduan Tokyo DisneySea dari Seorang Newbie

1. Pembelian Tiket: disarankan langsung membeli online di website resmi (http://www.tokyodisneyresort.jp/en/tds/) dan diprint di kertas A4 sesuai aturan yang tertulis di website, supaya tidak mengantri saat hari H.

2. Transport.
Saya & Istri menginap di Shibuya, kami mencari jalur kereta melalui hyperdia.com atau google map. Berikut jalur yang kami lalui:
STASIUN SHIBUYA -> JR Yamanote line -> STASIUN TOKYO -> JR Keiyo line / Musashino line -> STASIUN MAIHAMA -> jalan kaki -> DISNEY RESORT GATE WAY -> Disney resort line -> TOKYO DISNEYSEA

Selama di Jepang kami menggunakan Pasmo. Jika anda membeli JR Pass, maka jalur ke DisneySea sudah tercover. Tapi jika anda membeli Tokunai Pass maka Keiyo Line tidak tercover, anda harus membayar biaya tambahan.

3. Menikmati Tokyo DisneySea.
Ada satu hal yang harus diketahui yaitu Fast Pass. Berbeda dengan Universal Studio, dimana anda bisa membeli Express Pass dengan harga yang lebih mahal supaya tidak mengantri di wahana2 yang ramai, Tokyo DisneySea hanya menjual satu jenis tiket dan semua orang berhak memanfaatkan fasilitas Fast Pass.
Fast Pass memungkinkan setiap pengunjung untuk memanfaatkan waktu secara efektif dalam menikmati DisneySea, tidak menghabiskan waktu berdiri menunggu berjam2 hanya untuk masuk ke Wahana favorit.
Fast Pass bisa diambil dengan cara scanning tiket DisneySea yang sudah anda print di kertas A4, kemudian akan keluar tiket dari mesin yang menunjukkan jam berapa anda harus kembali untuk bermain.
Jadi ada dua jalur antrian. Jalur reguler adalah jalur orang yang mengantri tanpa Fast Pass dimana untuk wahana favorit antriannya bisa mengular panjaaang sekali. Satu lagi adalah jalur Fast Pass yang jumlah antriannya relatif lebih sedikit.

Ada 9 wahana favorit yang menggunakan Fast Pass, daftar lengkapnya silakan dilihat di: http://www.tokyodisneyresort.jp/en/help/tds_fastpass.html

Jadi sebelum berangkat, anda harus memastikan wahana apa yang ingin anda kunjungi. Misal, anda ingin bermain di Toy Story, maka yang pertama kali anda lakukan adalah berlari menuju Toy Story untuk mengambil Fast Pass yang akan menunjukkan jam berapa tepatnya anda harus kembali.
Wahana yang sangat favorit seperti Toy Story, bisa kehabisan Fast Pass meski masih siang.
Tips: Satu orang bisa scanning lebih dari satu tiket DisneySea. Fast Pass untuk wahana lain hanya bisa diambil 2 jam persis setelah pengambilan Fast Pass sebelumnya. Jadi bisa terjadi skenario begini:
Anda mengambil Fast Pass Toy Story pkl 09.00.
Tiket Fast Pass pkl 12.00-13.00.
Maka jam 11.00 anda bisa mengambil Fast Pass untuk wahana lain seperti Tower of Terror.

Banyak wahana menarik yang tidak menggunakan Fast Pass, antriannya juga tidak terlalu panjang, favorit kami berdua adalah: DisneySea electric railway, Venetian Gondolas, DisneySea Transit Steamer Line, dan tentunya foto2 sepuasnya di setiap area.

Anda bisa mendownload aplikasi: TDR Wait Time Check di Playstore untuk Android. Aplikasi ini sangat berguna karena diupdate secara real time tiap beberapa menit, dan akan menunjukkan lama antrian masing2 wahana, baik yang menggunakan Fast Pass maupun tidak. Aplikasi ini sangat berguna untuk menentukan wahana non- Fast Pass yang bisa anda nikmati saat menunggu datangnya giliran Fast Pass.

Setiap orang akan memiliki cara berbeda untuk menikmati DisneySea. Jika anda ingin menikmati semua wahana favorit maka strategi Fast Pass harus dipikir matang2. Kalau kami berdua lebih memilih menikmati setiap sudut DisneySea yang sangat fotogenik, foto2, makan (caramel pop corn, bakpao dan es krim nya enak). Kami hanya menggunakan satu kali Fast Pass di Tower of Terror. Sebenarnya saya sudah mengambil Fast Pass Journey to the Center of the Earth dan Indiana Jones, tapi ternyata saya tidak cukup berani untuk mencoba. Kami mengantri Toy Story tanpa Fast Pass, selama hampir 2 jam, tapi cukup worth it.

Jangan melewatkan pertunjukan penutup “Fantasmic” yang dimulai sekitar pkl 19.30. Satu jam sebelumnya sudah banyak orang duduk di tempat2 strategis.

Sementara ini dulu, nanti kalau ada tambahan, saya update.

Info dan Tips liburan di Jepang lainnya:
https://www.facebook.com/groups/1468005403448997/permalink/1992986594284206/
https://www.facebook.com/groups/1468005403448997/permalink/1969797706603095/
https://www.facebook.com/groups/1468005403448997/permalink/1983537201895812/
https://www.facebook.com/groups/1468005403448997/permalink/1981430608773138/

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/