#bijapan #bitakayama #bishirakawago

Takayama dan Shirakawago – Autumn

Ini lanjutan cerita Japan in Autumn oct2014

Dari Toyama ke Takayama seharusnya ada kereta limited express Hida dengan panoramic window hanya 90 menit, tapi karena saya penasaran beli Masu Sushi di stasiun, akhirnya naik kereta berikutnya yang lebih pelan dan selisih 30menit. View dalam perjalanan memang bagus karena melewati pegunungan dan sungai, jadi kalau bisa memang mending naik Hida wide view.

Setelah titip barang di ryokan, kami jalan jalan di old town Takayama. Suka nonton Oshin? Nah suasananya kayak di film itu deh (ketauan umur๐Ÿ˜‚)..

Lanjut ke Shirakawago dengan half day tour lokal Isite takayama. Waktu itu jika dibandingkan dengan pp Nohi bus, tour ini termasuk stop di Shiroyama viewpoint dan harganya lebih murah sedikit dan review yang bagus di trip advisor.
Kalau tidak ikut tur, maka dari village katanya ada jalan menanjak untuk ke view point atau naik shuttle bus disana.
Pilihan lain tour lokal yang saya tau adalah J-Hop atau Nohi – jadi Nohi bisa bis saja atau ikut turnya (jangan lupa reservasi). Alternatif lain menuju Shirakawago umumnya adalah dari Kanazawa.
Coba dibandingkan sendiri ya untuk rute ataupun harga terkini.

Note.
Sekalian bahas menentukan Itinerary dan moda transportasi ya.. Kayaknya sering banget baca ah kalau cuma kesitu dan kesini, ngga usah beli jr pass.
Kalau saya, tentuin dulu pengen liat apa yang utama. Kalau saya dulu memang ceklist utamanya Japan Alpine route, Takayama old town dan Shirakawago, dan kebetulan saya ada perlu ke Hamamatsu/Iwata karena ada saudara.
Cari pass yang cover (dan sesuai bujet masing2), terus pass itu bisa saya ‘abuse’ buat dipake kemana aja untuk nentuin itinerary lanjutannya ๐Ÿ˜„ Untuk atraksi yang ramai, usahakan plot rute di hari biasa, jangan akhir minggu.
Kalau tertarik ke Jepang saat autumn, di japan-guide juga ada autumn color report yang kasih info warna autumn sudah muncul dimana, bisa buat bantu nyusun itinerary juga.

Saya juga pilih kereta karena saya ga tahan duduk lama2 di bus, apalagi anak saya (umur hampir 5tahun). Waktunya juga sayang mending dipakai jalan jalan karena kereta di jepang kan cepet banget. Jadi kalau kereta bisa masuk dalam bujet, saran saya sih pilih kereta aja. Tinggal tentukan setelah itu mau pakai pass yang mana.
Jepang banyak sekali tawaran pass berdasarkan area.. Jadi banyakin baca japan-guide.com, plot rute di hyperdia.com, ubek2 forum ini dan trip advisor. Semakin banyak baca, nanti semakin bingung..karena jadi mupeng semua..๐Ÿ˜‚
Selamat berlibur ๐Ÿ˜Š

Ini sharing sebelumnya ya
https://m.facebook.com/groups/1468005403448997?view=permalink&id=1863540377228829

http://www.japan-guide.com/bus/shirakawago.html
http://www.japan-guide.com/blog/koyo16/
http://www.japan-guide.com/e/e5903.html

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/