#BILourdes #BIPerancis
Yg ingin berziarah ke Lourdes, ada baiknya perhitungkan masa tinggal di Lourdes, jangan terlalu singkat sekedar lewat jika memang diniatkan untuk ziarah. Idealnya ambillah 2 hari 1 malam di Lourdes dg contoh agenda sbb :

– Hari 1 : jika sampainya sudah siang atau sore, maka bisa mengunjungi grotto, gereja, sekedar berbelanja suvenir, dll. Malamnya sekitar jam 7 malam bisa mengikuti prosesi perarakan lilin, start dari depan gereja. Lilin bisa dibeli di dekat grotto atau di toko2 suvenir.
PS. Dalam setiap prosesi, akan didaraskan doa Salam Maria dalam berbagai bahasa, oleh para peziarah dari seluruh dunia. Juga lagu Ave Maria dinyanyikan dalam berbagai bahasa. Anda bisa menjadi voluntir doa atau nyanyi dengan bahasa Indonesia (yes, I did sing there! What an experience!). Caranya datanglah lebih awal ke gereja, di terasnya ada Romo/Pastur yg biasanya daftarin voluntir dan melatih yg mau nyanyi Ave Maria berbagai bahasa (ambil nada biar pas tembakan nadanya). Saya lupa nama beliau tapi suaranya indah sekali kayak Luciano Pavaroti, hehe, dan bisa banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia!

Hari 2 : bangunlah pagi2 karena ada misa pagi harian di grotto, kalo gak salah jam 6 pagi (buset, matahari Eropa aja masih bobok). Lalu sekitar jam 8 antrilah mandi di kolam Lourdes yg termasyur itu. Kolam cowok dan cewek beda ya, hehe. Gak usah repot2 bawa baju ganti atau handuk karena disana sudah ada voluntir yg menyediakan handuk lebar utk nutup seluruh tubuh sementara seluruh pakaian kita tanggalkan. Lalu kita akan dibimbing masuk kolam utk berendam sejenak dan memanjatkan doa dan ujub permohonan kita. Lalu kita akan diminta keluar kolam dan mengenakan kembali baju kita.
PS. Lho, kan handuknya basah udah dipake berendam, dikasih handuk baru utk ngeringin badan? Nggak. Tapi percaya gak percaya, air kolam Lourdes akan langsung kering begitu kita keluar kolam, tanpa perlu dihanduki. Jadi bisa langsung pake baju lagi. Kok bisa gitu, hanya Tuhan yg tahu.

Lalu siangnya bisa eksplor Lourdes yg daerah diatas bukit. Bisa mendaki jalan kaki (ada tangga undakan juga) atau berjalanlah ke arah hotel Rosy/Panorama hingga mentok, akan terlihat suatu kotak merah yg aneh, hehe, yg ternyata adalah lift. Iya sodara, liftnya di jalan bukan di hotel atau gedung, hehe. Lift tsb bisa membawa ke Lourdes bagian atas. Disana ada banyak toko suvenir, hotel, restoran, cafe, dll dan tentu saja pemandangan indah. Untuk turun, bisa naik lift ini lagi (hapalin letaknya ya, makanya).

3. Sediakan juga waktu untuk eksplor gereja bawah tanah yaitu Basilica St. Pius X. Letaknya dekat banget dg gereja Bunda Maria yaitu diseberangnya. Jadi dari gereja Bunda Maria berjalanlah lurus, lalu belok kanan (kalo gak salah, hehe, agak lupa. Bisa tanya pada orang sekitar letak underground church), masuknya lewat semacam jalan menurun seperti jalanan mau masuk garasi underground di mall. This place is glorious. Sukur2 bisa devosi Jalan Salib karena disini ada perhentian2 jalan salib.

NOTE :
Waktu terbaik berkunjung ke Lourdes tentu di bulan Maria Mei atau Oktober. Ambillah di akhir bulan menjelang penutupan bulan Maria karena peziarahnya udah gak tumplek blek, udah agak sepi. Tapi jangan sampe lebih pertengahan November ya karena kolam Lourdes ditutup kalo winter. Jika berkunjung bulan Oktober-November, bawa perlengkapan baju dingin (mantel, jaket, thermal inner, gloves, dll) yg memadai karena dinginnya minta ampun meskipun baru autumn dan anginnya besar, bikin tambah dingin, maklum tulang tua eh tropis, hehe….

Dan pastinya pada mau bawa air Lourdes kan? Disana tiap toko suvenir jual jerigen atau tempat air, jadi jangan khawatir. Air sucinya sudah ditata rapi dalam keran-keran dindekat grotto jadi tinggal ambil sendiri, palingan antri aja.

Lourdes adalah kawasan pedesaan, masih otentik sekali. Toko2nya rata2 jam 6 sore udah tutup. Kalo saya sih, sore gini jalan2 ke Lourdes atas trus nanti turun waktu mau prosesi lilin. Saya pernah iseng habis prosesi lilin (sekitar jam 9 malam), saya naik ke atas. Udah sepi! Manusia yg berkeliaran cuma saya. Tapi saya belum sampe ke jalan rayanya sih, pasti rame kalo disana.

Semoga membantu yg pengen ke #Lourdes dan mau nyusun itinerary.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/