#BIMaroko #BIMerzouga #BISaharaDessertTour

Ada banyak operator tur gurun sahara yang beroperasi di negeri Maroko. Awalnya saya cuma tau yang beroperasi di Marrakech. Namun, setelah berdiskusi dengan mbak Maya Hawai, member BD yang hendak ke Maroko sekitar 1 minggu sebelum jadwal kami menginformasikan kemungkinan mengikuti tur dari kota lain. Salah satunya yaitu dari Merzouga. Kalau di Merzouga, kita bahkan bisa mencari penginapan yang terletak “on the spot” alias benar2 di gurun saharanya.

Saat kami sudah di Maroko pun, saya masih belum memutuskan untuk mengikuti tur dengan operator yang mana. Operator tur gurun sahara yang diikuti mbak Maya pun letaknya bukan tepat di Merzouga. Saya benar2 santai ketika itu, mengikuti perkembangan liburan kami saja. Kalau jadi ya jadi, nggak juga ga apa2. Namanya jg lg liburan, masa masih harus pake stress sih? πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

Tak disangka2, sehari sebelum kami meninggalkan kota Ouarzazate, Idrisse, sopir taksi sewaan kami yang menemani kami berkeliling menyampaikan bahwa beliau ada teman di Merzouga yang juga menjadi operator tur dan menyediakan penginapan juga.

Rincian biaya selama di Merzouga adalah:
1. Tur gurun sahara MAD 800 atau MAD 400 per orang utk saya san suami: jemput dan antar dari pool bus (kami tiba dari Ouarzazate jam 9 malam dan naik bus ke FΓ¨s jam 7 malam), makan malam setibanya kami di Merzouga dari Ouarzazat, makan malam saat kemping di gurun Sahara, hiburan perkusi khas suku berber, menginap di tenda 1 malam, perjalanan dengan onta dari hotel ke tenda pp masing-masing selama 2 jam. Pegel juga loh naik onta selama 2 jam. Mana waktu saya mau naik k atas punggung onta, si onta agak ketendang perutnya. Eh tiba2 si onta langsung berdiri karena kaget. Alhamdulillah saya ga jatoh krn guide kita lgsg menenangkan sang onta. Selamet selamett πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kami berangkat menuju tenda pukul 5 sore dan kembali ke hotel jam 7 pagi. Setelah si guide bolak balik tepuk2 tangan di luar tenda kami, maksudnya utk bangunin kita. Saat itu, hanya kami saja tamu mereka. Tenda mereka sepertinya terdiri dari paling tidak 6 kamar, 1 restoran besar & 1 restoran kecil. Kami sih makan malam di luar, di bawah naungan bintang2 dan dikelilingi oleh kucing2 gurun yang cantik. Mereka siap sedia membantu kita menghabiskan menu makan malam kita yang terdiri dari sop, tajin ayam, roti dan tentu saja Mint tea! 😍😍😍 enak loh. Tajin dimasak saat itu juga oleh guide kami, Tijani dan Aziz. Karena porsinya besar, mereka berdua kami paksa menemani kami makan. Sudah dibantu mereka aja, si Tajin Ayam ga habis juga kami makan.

2. Kamar hotel MAD 500: kami nginap d hotel sebenarnya hanya 1 malam, tetapi kamar kami pakai selama 2 malam 2 hari. Selama kami d tenda, barang2 tetap d kamar itu. Setelah kembali dari kemping yang jam 9 pagi itu, kami tetap menggunakan kamar, tidur pules sampai sore karena bus kami ke Fès berangkat jam 7 malam. Awalnya kami hanya dikenai biaya MAS 300, namun saat kami berpamitan sebelum kami diantar ke pool bus Supratour, eh saya ditagih duit lagi MAD 200. Katanya itu karena kami pakai kamar sekembalinya kami dari tenda. Bener juga sih mereka. Saya aja yang ge er kl kami boleh pake itu kamar gratisan 😁😁😁

3. Tur padang pasir mengunjungi situs laut purba dan pemukiman kaum nomaden berber MAD 650.
Seusai makan pagi di hari kami akan kemping d gurun sahara, kan msh ada waktu 8 jam nganggur tuh. Si pengelola tur kan tau tuh. Tau2 salah 1 dr mereka mendatangi kami, nawarin tur ini. Awalnya kita dimintai uang sebesar MAD 900 tp saya rasa utk 4 jam tur, harga itu kemahalan..lagipula saya juga ga punya uang sebanyak itu. Setelah proses tawar menawar yang alot selama 1/2 jam lebih, disepakati lah harga MAD 650. Saya pikir2, ga sering2 ini ke gurun sahara. Kl ternyata msh kemahalan, berarti itu memang sudah rejeki mereka hehehe.

4. Makan siang MAD 120 dengan menu tajin kefta dan salad khas berber.

Sebelum berangkat tur ke laut purba itu, saya nanya dulu dong ke pemilik hotel. Makan siang kita nanti gimana nih? Secara kita lg d gurun, rumah aja jaraknya jauh2an. Apalagi restoran? Kata si baba, kl mau makan ya harus pesan dan bayar lg dong. Saya dan suami dikenai MAD 60/ org.

Sekembalinya dari kemping, saya sengaja ga pesan makan siang. Kirain masih kenyang setelah makan pagi yg kita sengaja banyak. Eh taunya kita tetap lapar. Semua bekal makanan habis sama anak saya yg sulung siang itu. Kami baru ketemu makanan lagi setelah 3 jam naik bus, perjalanan dari Merzouga – FΓ¨s.

Oya, perjalanan kami dari setiap kota ke kota lainnya nyaris menggunakan bus umum (supratour atau CTM). Busnya bagus, bersih dan tepat waktu.

Overall, our trip was very fun, knowledgeful and all the tiredness are worth it 😊😊😊

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/