#bipaspor
Mau share proses pembuatan paspor tanggal 6juli di kanim mampang dengan aplikasi antri online. Merasa sangat terbantu dan di mudahkan.

Sebelum daftar online tanggal 4 sempat walk in di kanim ulp jakbar dan kemayoran,memang datang agak siang karena dengan 2anak tapi ga jadi antri karena untuk kanim jakbar antrian udah habis sedangkan untuk kemayoran ga kuat antrinya,udah sampai ke belakang gedung imigrasi dan ga kelihatan ujung antrian (lihat yang antri jd miris,di luar gedung panas2an Ada baby,anak2 dan orangtua, posisi waktu itu udah jam 9lewat bisa di bayangin betapa panasnya di luar)

Akhirnya langsung saat itu daftar antrian online sengaja pilih siang biar ga buru2 Jg pas pagi,dapat jadwal jam 14.01-15.00
Proses :
Tanggal 6 tiba di kanim mampang jam 13.30 ( datang sesuai jam yang di dapat saat antri online,jd ga lama tunggunya, ga perlu datang duluan seperti mau antri walk in karena udah pasti kita kebagian jatah buat hari itu dan biar ga numpuk Jg di ruang tunggu)

Langsung menuju lantai 2 (semua proses di lantai 2).
Ambil nomor antrian,dikasih map kuning,isi formulir buat yg baru bikin,untuk per panjang ga perlu isi formulir.
Untuk anak dibawah 3tahun dapat prioritas, dan ibu si anak Jg ikut prioritas nebeng anaknya.
Kemarin dapat nomor 0-0009 untuk anak 3tahun, 2-0023 untuk ibunya dan 5-0053 untuk anak umur 5tahun antrian normal. (Tidal tanya kenapa antrian depan beda2)

Untuk anak wajib menyertakan Surat persetujuan orang tua, bisa beli di Koperasi (lantai 2jg) se harga 8rb udah termasuk materai. Kedua orangtua tandatangan diatas materai,berlaku jd untuk anak yang akan perpanjang paspor ya.
Masing2 anak 1 ya Surat persetujuannya, begitu juga dengan dokumen2 lainnya, dan buat anak yang perpanjangan paspor dokumen tetap harus lengkap seperti syarat dokumen buat baru.
Penting, fotokopi ktp kedua orangtua harus di 1lembar kertas untuk kedua ktp orangtua,jadi bukan masing2.

Belum selesai isi formulir udah di panggil untuk antrian anak, jadilah formulir di isi di meja petugas sambil Petugas cek kelengkapan dokumen.
Sambil isi formulir, Ada yg lagi wawancara juga ( 1 meja Ada 2petugas, 1 cek kelengkapan dokumen dan 1lg wawancara dan interview, jd saat udh di interview petugas akan panggil nomor berikutnya, jadi antrian Cepat jalannya )
antrian saya no 2-0023 di lewatin,di papan antrian Ada nomor 2-0022, 0024,0025 langsung saya bilang kata petugas depan barengan sm adek,jadilah dokumen kasih ke si ibu imigrasi lagi.
Foto dan cm di Tanya mau kemana,dokumen asli ga di lihat Jg tali tetap di bawa ya. Selesai

Giliran antri buat anak 5tahun, lamaan lama. Pas kelar buat punya adek lihat papan baru 5-0005
Antri di panggil sekitar 1jam tapi ga masalah karena kita antri di dalam dengan ac dan kursi, jd ga perlu panas2an serta capek berdiri. Memang ramai banget tapi teratur.
Dan saat udah di panggil ternyata nama di nomor antrian bukan nama ka kak,petugas Jg bingung kok namanya bukan kakak tapi Wes ga masalah,tetap di buat kok.
Kemungkinan petugas nomor antrian salah,feeling sih harusnya ga selama itu buat anak2 meskipun bukan di bawah 3th.
Tapi tetap sangat puas dengan sistem antrian online karena:
1. Ga perlu pagi2 buta ke kanim biar dapat jatah antrian
2. Ga usah capek ber diri dan panas2an buat antri
3. Petugas imigrasi ramah dan sabar dengan senyum dan sama anak2 di ajak ngobrol juga jd anak2 Jg ga takut dan Tanya soal pembayaran dengan transfer juga di tulisin step2nya

Saya bayar dengan klikbca,hari selasa tinggal ambil paspor ya

Sekian sharingnya, semoga bermanfaat terutama bagi yang mau buat paspor anak,kasihan anak2 di ajak antri subuh dan panas2an

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/