#BIShirakawago#BITakayama
Kemarin saya berencana email ke beberapa teman yang tertarik tentang perjalanan saya ke Shirakawa Go. Tapi saya cari cari alamat emailnya belum ketemu. Tertimbun disini. Banyak benar postingan grup ini, hehehe. Ini saya share secara singkat itin saya, jika belum jelas bisa inbox.

JAPAN TRIP
05 – 12 Desember 2016
05 Desember : Jakarta – Osaka by Cathay Pacific
Transit sarapan di Hongkong
06 Desember : KIX Narita
Imigrasi
Sewa router ( jika mau )
Tukar JR Pass
Arashiyama
JR Pass dibeli di agen travel di Indonesia misal JaLan Tour, Dwidaya. Harga sekitar Rp. 3.000.000,-. Untuk keputusan beli JR pass atau tidak, kita hitung dulu biaya perjalanan kita yang menggunakan kereta yang ada dalam kelompok JR ( Japan Railway ). Apabila biaya sama atau lebih besar dari Rp. 3.000.000,- sebaiknya beli JR pass karena lebih praktis. Kita tinggal menunjukkan pass masuk. JR Pass bisa digunakan untuk naik Shinkasen, kecuali untuk Shinkasen tercepat yaitu Nozomi.

Kami menuju Kyoto dengan JR Haruka sambung dengan JR Sagano line Turun di Arashiyama
Titip tas di stasiun lalu jalan jalan di hutan bambu Arashiyama. Sekalian makan malam. Ada Kedai makanan Jepang yang enak dan murah di sekitar situ. Pulang ke Penginapan Stella Gosho. Untuk moda transportasi bisa check ke Hyperdia.
Stella Gosho penginapan imut dengan 1 kamar ber 4 ( bunkbed ) harga Rp. 750.000/orang. Cukup mahal karena kyoto adalah kota wisata dan kami datang pada saat weekend. Letaknya dekat dengan stasiun kereta dan ada Sevel disekitar situ. Hotelnya bersih dan nyaman.

07 Desember : Fushimi Inari Taisa
Kyomizudera Temple
Gion
Namba, Dotonburi
Menginap di Taiyo Hotel Osaka

Hotel Taiyo cukup strategis karena terletak di dekat subway midosuji line dan Dobutsuenmae station. Banyak mini market juga sekitar situ. Hanya saja pengaturan kamar mandi yang tidak selalu ada di setiap lantai yang membuat kami agak kesulitan. Tiap lantai hanya terdapat toilet saja. Kamar kecil dan tidur di tatami berkasur.

08 Desember : Universal Studios
Menginap di Taiyo Hotel

09 Desember : Osaka Castle
Foto Kimono
Menuju Takayama

Naik kereta menuju Shin Osaka stasiun Utama di Osaka. Lalu naik Shinkasen ke Nagoya. Dari Nagoya naik Limited Express Hida View Ke kota Takayama. Menginap di JJ Hoppers Hotel. Pesan one day tour ke Shirakawa Go, bisa dapat diskon. Harga sekitar Rp. 300.000,-

10 Desember : Tour Shirakawa go
Explore Takayama
Menuju Tokyo

Naik Limited Express Hida View ke Nagoya, lalu naik Shinkasen ke Tokyo. Menginap di rumah saudara

11 Desember : Explore Tokyo
Sensoji Temple
Shibuya
Nakamishe
Odaiba

12 Desember : Kembali Ke Indonesia melalui Narita

Yang paling penting miliki hyperdia di android. Jadi kemana mana kita mau pergi bisa check disitu. Apabila lama di satu kota tertentu sebaiknya beli pass masing2 kota. Karena lebih untung daripada beli ketengan. JR Pass biasanya lebih banyak melayani antar kota walaupun ada juga rute dalam kota yang dilayani.
Makanan di Jepang lucu-lucu. Check aja di minimarket yang tersebar dimana mana. Masakan Jepang yang sudah masuk di Indonesia macam Yosinoya dan Marugame, rasanya lain banget. Biaya tertinggi di Jepang biasanya biaya transport dan makan.
Hotel dan Tour bisa pesan online. Jika naik Shinkasen lebih baik juga reserve seat. Walaupun dengan JR Pass pasti ada seat, tetapi kalau perginya rame2, bisa kepisah tempat duduk.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/