#BISingapore #BISingapura
Part 2

JALAN-JALAN
Gak susah kok jalan2 di Singapore, modal peta MRT doang cukup. Soalnya semua penunjuk arah sudah sangat jelas dan lengkap. Di tiap stasiun MRT juga ada officenya yang siap sedia kalo kita mau tanya2. Mau tukar uang pecahan kecil untuk top up karcis MRT juga bisa dilakuin di sini. Kalau mau tambah lengkap, bisa ke web gothere.sg aja. Detail perjalanan, tukar MRT, sampai keluar di exit berapa sesuai tempat yg kita tuju, ada lengkap di gothere.sg

Berikut itinerary jalan2 4d3n aku di Singapore.

Day 1 Sampai di Singapore sudah agak sore. Setelah cek-in hotel yang Puji Tuhan berjalan lancar dan istirahat sebentar, sekitar jam 7an kita jalan2 ke Boat Quay, lalu balik lagi ke hotel, setwlah sebelumnya mampir di City square mall untuk makan malam.

Day 2. Jam 8.30 Pagi setelah sarapan langsung ke Sentosa, via Sentosa Broadwalk. Foto2 aja sekeliling, gak masuk USS. Baliknya via Broadwalk juga, mampir Vivocity buat makan siang, kemudian balik ke hotel.
Sampe hotel, mandi ganti baju trus jalan lagi ke Merlion, lanjut MBS via helix bridge, dari MBS ke Garden by the bay. Sayangnya belum lama di GBTB turun hujan, bubar jalan deh. Balik hotel lagi.
Malamnya ke Chinatown, jalan2 sekalian makan malam.

Day 3. Pagi ke Mustafa dan sekitarnya beli oleh2. Kemudian ke Orchard, siangnya makan siang di Killiney road.
Malamnya ke City Square Mall.

Day 4. Pagi ke Budha tooth relic Temple. Siang cek-out dari hotel jam 12.30 langsung menuju Changi, walaupun flightnya masih ntar malam jam 20.20, tapi pengen explore Changi dulu.

CHANGI
Dari hotel ke Changi pake Uber, bayar S$22.15. Sampe Changi, cek-in, masukin koper ke bagasi, lapor imigrasi, kemudian makan siang. Setelah itu mulai explor. Kita gak ke terminal lain, hanya di T3 saja. Sempat ke butterfly garden dan nonton di bioskop (gratis…!!) Kalo di T1 malah ada free swimming pool juga. Setelah capek jalan muter2, cari tempat duduk untuk santai sekalian ngecas hp. Buat yang pegel2 kakinya, ada juga tempat buat mijet kaki (gratis juga πŸ˜„πŸ˜„).

OLEH-OLEH
Kadang memang agak kesel sih kalo ada yg minta oleh2 saat kita travelling. Tapi ga ada salahnya kalo beliin orang rumah especially anak2 sedikit oleh2 dari negara tujuan kita, apalagi kalo coklat… Pasti seneng banget.

Di Mustafa banyak jenis coklat yang dijual, tapi gak murah2 banget juga. Aku beli coklat Swiss ukuran 1kg dan coklat kerikil di Mustafa. Kalo coklat Merlion lebih murah di toko souvenir depan Mustafa justru. Yang isi 12, beli 3 harganya S$10; yang isi 10, beli 4 harga S$10. Coklat batangan berbagai varian beli 5 harga S$10. Ada toblerone juga. Tapi kalo hersey’s kisses ga ada, di Mustafa aja adanya.
Gantungan kunci juga ga beli di Mustafa, tapi beli di toko souvenir di depannya. Harganya S$10 untuk 6 set yang isi 6, jadi total dapat 36 biji gantungan kunci. Tas kanvas juga dijual dengan harga S$10 untuk 3-4 buah.
Selain di situ, belanja murah juga bisa di Chinatown. Pashmina dapat S$5 selembar.

MONEY CHANGER
Ga perlu takut kekurangan SGD karena banyak tempat penukaran uang di mall dan tempat wisata lainnya. Aku sempat tukar uang di Mustafa, Chinatown, dan di City Square mall, dan so far yang rate-nya rendah yang di City Square itu, di Chinatown juga agak murah.
Kalo pun ga bawa IDR untuk ditukar, bisa juga tarik SGD via ATM, tapi karena rate-nya gak tercantum, siap-siap kaget aja ya.. 😊😊

Foto2 nyusul ya…

Baca Part 1 disini ya https://m.facebook.com/groups/1468005403448997?view=permalink&id=1781262095456658&ref=m_notif&notif_t=like&notif_id=1479565211248463

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/