#BISingapura #BIMalaysia #BIJepang #BIHongkong

Sekedar mau share pengalaman honeymoon trip ke empat negara bulan April kemarin dengan total pengeluaran sekitar 30juta berdua, trip 18 hari (4 hari singapura, 4 hari Malaysia, 7 hari jepang, 3 hari hongkong). Untuk penerbangan hampir semuanya menggunakan AirAsia hasil berburu free seat setahun sebelumnya. Tapi ada dua penerbangan yang menggunakan Malaysia Airlines (MH) dan Hongkong Express.

Day 1 – Penerbangan dari Surabaya menuju SIngapura (SIN) dengan transit di KLIA2 (KUL). Penerbangan ini bukan connecting flight, tapi karena sudah cetak boarding pass dan nggak ada bagasi jadinya kami langsung menuju transfer antarbangsa. Landing di SIN maghrib. Beli single trip ticket MRT untuk perjalanan ke Aljunied st. (hotel di wilayah Geylang). Sampai station kami beli makan malam di Nenek Place dan beli simcard di 7 eleven station. Jalan kaki santai ke hotel kurang dari 10 menit. Malam ini langsung istirahat soalnya besok bakal jalan kaki teruss

Day 2 – Sarapan lagi di nenek place (langganan ini. murah sangat, halal lagi). Tujuan hari ini Punggol Waterway, Bugis Area, Merlion, MBS, GBTB dan balik lagi ke merlion buat liat wonderful show. Makan siang di Zam Zam restaurant (halal) lanjut shalat di Masjid Sultan. Sore ini singapura hujan, tapi Alhamdulillah cuma bentar. Habis shalat bisa langsung lanjut ke Raffles Park st. menuju merlion. Merlion ke MBS jalan kaki dan sempet duduk dulu di esplanade buat liat perform orchestra anak2 sekolahan, mayan tontonan gratis hhehe. Habis keliling2 ngadem di MBS kami menuju ke Future of Us dan lanjut ke GBTB. Bungkus makan di McD (halal) buat dinner sambil liat garden rhapsody. Selesai nonton show kami kembali jalan ke merlion. Nunggu wonderful show. Tapi eh tapiii, ternyata ini show nggak ada, hhuhuhu. Akhirnya balik deh ke hotel.

Day 3 – Tujuan hari ini Chinese and Japanese Garden, Chinatown, Little India dan ION Sky. Menuju garden tinggal pakai MRT turun di Chinese Garden st. Lanjut ke Chinatown buat belanja gantungan kunci, makan dan shalat. Selesai disini ke Little India dan akhirnya menuju ke Orchard. Nah, tujuan utama disini adalah ION Sky di dalam ION Mall. Habis itu balik hotel, ambil tas, menuju ke Woodlands buat nyebrang ke Johor karena penginapan untuk 2 malam selanjutnya ada disini. Oia, ternyata STP bisa dipake juga buat naik bus SMRT dari Woodlands ke JB CIQ. Mayan, hemat 3 SGD hhehe. After check in, kami cus ke Restoran Sup Tulang ZZ buat nyobain sup tulang yang terkenal di JB ini πŸ˜€ #BIJohor

Day 4 – Balik ke SG. Masuk JB CIQ, lancar. Masuk Woodlands, mimpi buruuuk sodara2. Ketahan di imigrasi. Kenapa? Nama laah, apa lagi. Kalau biasa masuk lewat Changi ketahan paling lama 10 menit, sekarang ketahan lebih dari sejam. Ditanyain tujuan kemana, duit berapa, ktp mana (pake acara ketinggalan ktp lagi di hotel huff). Soal duit saya jujur aja, bilang bawa sekitar 70 sgd. Lanjut ditanya bawa rupiah? Iya pak, bawa, 150ribu wkwkw. Terus disuruh liatin foto di kamera, ya Alhamdulillah 2hari kemarin udah banyak shoot jadi keliatan kalau turis. Akhirnya setelah satu jam lebih dibolehin juga nyebrang. Ada 2 orang kita juga yg bareng saya, satu boleh lewat, satu lagi dibalikin ke JB. Padahal kata temennya, mereka ada pesawat balik ke Indonesia besok pagi huhu. Well, dari sini SG jadi negara yang g masuk daftar negara favorit saya. 4x kesana, 4x ketahan di imigrasi. Ada mas2 sebelah yg lebih parah, 16x kesana, 16x ketahan. Hahahaha. Oke, berhubung udah kebuang banyak waktu, kami langsung ke Clarke Quay. Pastinya bukan buat makan2 disana, tapi cuma buat foto2 hhehe. Lanjut ke Vivo City untuk makan siang di Kopitiam. Setelah makan siang kami jalan kaki ke Sentosa Island. Disini cuma keliling spot2 gratis menggunakan free bus. Untuk shalat tersedia di lantai basement Beach Station, tinggal tanyakan ke petugas bakal langsung ditunjukkan arahnya.

Day 5 – Terbang dari JB ke Penang #BIPenang pagi. Dari airport ke Georgetown area pake Rapid Penang bus 401E seharga 3MYR (ya ampun murah bet). Karena masih jam10 kita belum bisa check in. Setelah titip tas, keliling sekitar Harmoni street dan shalat di masjid Kapitan Keling. Di depan masjid ada warung nasi kandar dan bapak2 yg jualan nasi lemak 1RM. Di sebelah kiri masjid juga ada laundry koin 24 jam. Penang panas banget, bikin haus terus. Balik ke hotel buat check in dan istirahat. Sore keliling lagi buat foto2 mural.

Day 6 – Penang ini berasa tempat buat rehat habis keliling2 singapur, santai banget kami disini. Hari ini kami sewa motor buat keliling, tujuan ke Pantai Batu Feringhi, Kek Lok Si Temple dan Penang Hill. Isi bensin g sampe 3RM tapi sampe malem masih g habis itu bensin XD. Hari ini kami nyobain char kuay teow halal di Bee Hwa CafΓ©. Ya ampun, enak bett, selama di negeri sendiri g suka kwetiaw, sampe saya sebut ucus ban (hhahaha), tapi kok ini enak banget. Oia, untuk motor kami sewa di depan Red Inn Hotel seharga 34RM. Sewa dari jam 10 pagi dan maksimal dibalikin jam 10 malam.

Day 7 – Hari terakhir di Penang. Ini jadi hari laundry hhehe. Persiapan pakaian buat dipake selama di Jepang. Laundry terdekat dari hotel kami ada di sekitaran Love lane. Lepas laundry dan packing, kami ke perhentian bus terdekat untuk naik bus 401E ke airport, tapi kok ya lama banget g muncul2 itu bus. Akhirnya kami berhentiin bus 401 yang tujuannya juga ke airport. Habis tanya ke pak supir, ternyata 401E g lewat di tempat kami nunggu tadi, ckckck. Landing KLIA2 kami menuju KL Sentral, soalnya lanjut terbang besok. Karena trip kami, meskipun budget backpacker tapi tujuannya honeymoon, sebisa mungkin g ngemper di bandara lah ya πŸ˜€

Day 8 – Flight ke Narita jam 09.50 lewat KLIA. Yuhuuu, mayan bisa nyobain pake MH harga 300ribuan ke Japan. Landing jam 6 sore. Selese imigrasi langsung ke HIS central counter buat ambil dan aktifin SIMcard yg udah dibeli via Klook. Lalu menuju JR office buat nukerin exchange order jadi JR Pass 7 days. Pesen seat Narita Express ke Shinagawa st. Dari sini lanjut pake JR train ke Higashi Jujo st. Beli bento di seberang hotel buat makan malam.

Day 9 – Pagi beli onigiri 3 pcs buat sarapan. Tinggal ditambah abon yg dibawa dari rumah jadilah sarapan nikmat lagi hemat. Selama di jepang, karena hotel tdk menyediakan sarapan, kami selalu sarapan seperti ini. Di luar perkiraan ternyata 3 biji onogiri plus abon udah bikin kenyang kedua suami istri ini XD. Tujuan hari ini adalah Hagoromo Park dan Miho Beach di daerah Shimizu #BIShimizu. Oia, kemarin sempet bingung nyari bus stop buat balik ke shimizu station. Ketemu sama bapak2 yg kayaknya penjaga parkir, kami nanya bus stop ke shimizu, tapi doi g bisa English. Habis bilang shimizu station, si bapak kayaknya ngerti, langsung lah kami dianterin ke bus stop. G lama ada bus yg datang, itu bapak nunjuk2 ke bus, nyuruh kami naik kayaknya. Wah, takjub. Saking pengennya nolong sampe doi mastiin kami bener2 masuk itu bus :O Selese main disini kami balik ke daerah Okachimachi. Shalat di masjid Assalaam, lanjut jalan ke Ayam YA. Yup, nyobain ramen langsung di negaranya, dan pastinya nyoba yang halalan thoyyiban :D. Habis makan kami jalan ke Mode Off. Jalan2 hari ini selesai. Kami balik hotel dan menuju Shinagawa buat naik shinkansen ke Osaka

Day 10 – Today is ancient day! Kami menuju Kyoto menggunakan JR train #BIKyoto . Di Kyoto pindah line menuju Saga Arashiyama. Yup, tujuan pertama adalah Arashiyama Bamboo Forest dan Togetsukyo Bridge. Disini saya nyobain Taiyaki isi coklat. Ya ampun itu eskrim di dalam waffle langsung meleleh waktu digigit. Jam makan siang kami balik ke Kyoto st., jalan kaki menuju Torisoba Ayam YA. Yah, ternyata hari minggu mereka tutup. Jadinya kami lanjut ke Kyoto Tower. Sebenernya g ada niat masuk, cuma karena ayam YA yg jadi lokasi shalat tutup, akhirnya kami pindah tempat shalat kesini. Selese shalat balik station buat lanjut ke Inari st., sebelumnya beli bento dulu buat makan siang. Nyampe Fushimi Inari Taisha keliling2 buat liat2 plus foto2. Disini ketemu mas2 bule berdua, nungguin kami foto, kirain mau lewat, ternyata mereka juga mau foto di spot kami wkwkw. Selese disini lanjut ke Kiyomizu Dera. Nah, train kesini sayangnya g dicover JR Pass, jadi mesti beli tiket seharga 150JPY. Ya ampun, ternyata jalannya nanjak ya kesini. Hahaha, sampe atas langsung minum ampe hampir ngabisin sangu minuman. Disini, kami ketemu lagi sama itu mas2 bule berdua, hhehehe. Selese Kiyomizu Dera kami turun lewatin toko2 suvenir. Lumayan dapat tester berbagai macam cake :D. Lewatin Higashiyama district sampe tujuan akhir Naritaya Gion. Selese makan malam kami balik ke Osaka.

Day 11 – Tujuan hari ini cuma satu. USJ!!! Well, hari ini USJ g serame katanya-katanya. Hhihihi, puas bisa nyobain hampir semua atraksi. Alasan kenapa kami ke USJ, bukan ke USS pastinya adalah Harry Potter. Bucket list istri tercinta buat masuk ke area ini XD. Usahakan udah beli tiket secara online yaa kalau kesini, jadi g perlu antri lama. Dan single rider amat sangat mujarab buat memotong antrian. Seharian di USJ, hampir setengahnya dihabisin di area Harry Potter. Cakep banget buat foto2. Apalagi kalau malam, sebelum Patronum show. Wuih itu kastil cantik bener. Makan siang kami di Three Broomstick, sedangkan dinner di Kineya Mugimaru (halal) area Universal City.

Day 12 – Nara #BINara jadi tujuan hari ini. Setengah hari kami habiskan disana. Setengah hari sisanya kami gunakan untuk bersantai di Osaka Castle #BIOsaka .Waktu jalan menuju kastil, ada banyak bocah2 lokal yg lagi piknik. Mereka begitu riang ngucapin Halooo ke semua orang yg lewat. Lucu, mana matanya hampir ilang tiap kali senyum, hhihi. Tapi kata istri, waktu si bocah2 ngucapin halo ke dia, muka mereka kayak bingung, baru sekali ini apa ya liat cewek jilbaban hhahaha. Osaka selesai, waktunya balik ke Tokyo.

Day 13 – Di Tokyo #BITokyo kami mengunjungi hachiko statue, shibuya crossing dan lanjut belanja di Daiso Takeshita street. Nah, kebetulan istri ketinggalan hp di toilet Shinjuku st. Baru sadar habis selese belanja. Buru2 balik ke station, liat di toiletnya udah g ada. Terus nanya ke petugas, eladalah, disimpenin sama mereka ternyata. Wah takjub, padahal udah ngerasa no hope itu hp bakal kembali. Kagum sama orang2 lokal, jujur euy. Selese belanja kami ke TMG building. Next kami naik Shinkansen menuju Oyama st. Tujuan terakhir hari ini adalah liat wisteria illumination di #BIAshikaga Ashikaga Flower Park. Baguss bunganya, cuma sayang beberapa titik kurang blooming.

Day 14 – Yah, jepang hampir berlalu. Hari terakhir kami prepare buat hamani-an di #BIKitakami Kitakami. Karena udah akhir april, kami harus bepergian jauh sampe sini biar bisa dapat full bloom. Worth it banget tapi. Sakura nya di sepanjang lorong jalan. Di perjalanan balik menuju Haneda, sebelum transfer train ke airport, kami turun bentar di Hamamatsucho st. buat foto sama Tokyo Tower di kejauhan. Well, melihat warganya yg ramah, helpful dan jujur, Jepang jadi destinasi favorit saya. Juara XD

Day 15 – Landing Hongkong pukul setengah 5. Beres imigrasi kami cari lokasi shalat di terminal 2 lantai 5. Habis itu ambil simcard yg udah dibeli via Klook. Lalu beli Octopus Card dan lanjut ngebis ke Tung Chung. Tujuan pagi ini adalah Ngong Ping. Setelah masukin koper di loker Citygate mall, kami ke terminal bus tujuan Ngong Ping terminus. Setelah lewat tengah hari kami menuju Jas Guest House di mirador mansion. Saat sampai penginapan sudah hampir jam 3. Waktu check in ternyata kita ditransfer ke guesthouse lain yg lebih jelek. Parahnya lagi kamar belum ready jadi kita disuruh tunggu lagi. Bener2 mengecewakan. Habis adu urat sama petugas hotel akhirnya kamar ready. Saking capeknya sampe ketiduran. Baru bangun maghrib. Jiah berantakan jadwal hari ini.

Day 16 – Disneyland seharian. Seru banget main2 disini. Dan pastinya harus sampe selesai, karena di akhir bakal ada fireworks yg warbiyasah, rugi buat dilewatkan XD

Day 17 – Keliling2 taman sekitaran TST. Nyebrang pake ferry buat ke Golden Bauhinia Square. Lanjut nyobain Roast duck rice di Wai Kee restaurant dan dimsum halal enyyak di Islamic center canteen Masjid Ammar. Balik hotel ambil tas terus cus ke airport.

Day 18 – Keliling Kuala Lumpur sebelum balik ke Surabaya.

Pengeluaran (2 orang)
Tiket pesawat: Rp 4.998.725
Hotel: Rp 5.798.627
JR Pass: Rp 5.745.411
Tiket Wahana (USJ dan Disneyland HK): Rp 3.038.000
Insurance: Rp 607.000
Pengeluaran selama 18 hari (makan, transport, belanja, oleh2, dll): Rp 10.133.067 (270,35 MYR + 138,6 SGD +37.960 JPY + 1.228 HKD)
TOTAL PENGELUARAN: Rp 30.320.830

Sekian. Mohon maaf panjang banget. Info lebih detail ada di setiap foto. Dan di akhir juga dipasang foto kami berdua berlatar icon wisata di 4 negara berbeda  Semoga bermanfaat yaa sharing perdana saya. Oia, buat yg mau nambah temen di instagram, monggo di add @em.noor atau silakan dibagi id IG nya yaa di komentar. Nanti bakal di follow, tapi jangan lupa followback yuaa ;D

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/