Bismillah..

Kali ini, ijinkan sy share pengalaman separuh hari di Barcelona.*6 jam doank tepatnya😊

Karena sy lagi tinggal di apartemen, maka fokus kali ini tentang wisata kilatnya, terutama tentang photo stop aja😊.

1. Sagrada Familia
Tempat wisata ini adl salah satu gereja terkenal di ibukota Spanyol. Dari apartemen, cukup jalan kaki 5 menit. Mungkin karena hari Sabtu yg bertepatan musim panas, pengunjungnya penuh sesak. Saya nda masuk. Karena selain tidak berminat, lagi penuh juga.

2. Camp Nou
Siapa yg nda kenal FC Barcelona? Ini neh markasnya. Arena yg terletak di kawasan museum ma tokonya. Daripada masuk museum yg berbayar 25 yuro, sy memilih buat muterin tokonya. Semua yg dijual di sini adl asli. Kostum atasan rerata minimal 50 yuro. Bola terkecil 11 yuroan. Botol minum 12 yuroan.
Kalau mau, kemarin ada paket seharga 33 yuro. Isinya bola tanggung*harga asli sekitaran 15 yuro, kostum anak, botol minum dan juga tas punggung.

Harga yg dipatok lumayang dobel dibanding harga toko tidak resmi. Di toko tidak resmi, bola kecil rerata 6 yuroan. Kostum bisa dapat 25 yuro. Tapi yah gitu. Di toko resmi ada label hologram ASLI. Di toko luaran, emang ada sih hologram. Tapi kok nda meyakinkan alias kasar.

3. Museum Picaso

Letaknya di dekat museum coklat. Tutup sampai jam 7 malem.

4. Diagonal Mar
Ini salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Barcelona. Barang yg dijual banyak dan branded dan murah. Kemarin pas sale musim panas.. coat Zara dibandrol 19.99 yuro. Siapa yg mupeng coba? Beli koper pun dapat diskonan separuh lebih.😊

Bagaimana ke sana…

Ini pertanyaan yg harus dikuasai jawabannya sebelum ngider 6 jam.

Kita bisa naik metro dari bandara.
Kemarin turun di terminal 1. Itu terminal paling ujung setelah terminal 2. Jangan kuatir. Metro jalan dari terminal 1 ke terminal 2 lalu menuju kota😊.

1. Pilih semua metro yg turun di Collblanc. Seperti contoh L9S. Supaya diketahui aja, metro ini ada juga lo tengah malam. Sy masih pake metro jam 2 malam. Jd jangan terpancing kalau malam nda ada metro.. trus pake taxi. Kecuali emang pengen nda muter2 lagi😊

Dari terminal 1 atau 2, kita turun jauh ke bawah. Tempat metro. Pilih tujuan kota, zona Universitara, lalu turun di Collblanc. Tar ada petunjuk arah ke arena Camp Nou. Ikutin terus aja. Perjalanan ini sekitar 35 menitan dari bandara.

2. Dari arena, kita balik ke halte metro dan naik L5 tujuan d’Hebrun. Lalu turun di Sagrada Familia. Perjalanan ini butuhin waktu 35 menitan.

3. Buat ke museum Picasso, dari Sagrada kita naek L2 tujuan Parallel.. turun Gracia lalu oper L4 tujuan La Pau. Turun Jaume I dan jalan kaki sekitaran setengah km. Museum Picasso ini kalau terus jalan kaki.. kita bisa ke museum coklat juga.

4. Waktunya belanja.. Diagonal Mar. Balik dari museum ke halte metro Jaume I, ambil L4 jurusan La Pau. Turun di Silva de Mar. Jalan.. sampe dah. Ini sekitaran 20 menit perjalanan.

5. Waktu pulang, ambil metro L4 dari El Maresme (200 meter dari Diagonal) tujuam Trinitat Nova dan turun di Urqionaona.

Lalu ambil L1 Belvitge. Turun di Torassa. Ambil lagi L9S tujuan bandara. Yg ini lumayan panjang. Sekitaran 1,5 jam. Kalau mau, dan bawaan banyak, bisa diakali pake taxi. Taxi/angkutan bandara agak mahalan. Bisa 40-50 yuro dari sini. Mending pesen yg murah. Kemarin coba brosing bisa dapat 30 an.

Tips2:
1. Rencanakan dg baik sebelum keluar bandara. Mengingat waktu tempuh yg sekitar 3 jam. Tidak perlu semua dikunjungi kalau takut mepet. Kemarin saja ngetem di toko Barca bisa 2 jaman.😁

2. Bawa makanan kecil dan minum. Karena lumayan harus banyak jalan, daripada beli minum dan makan, lumayan hemat kalau kita bawa dewe.🍵🍩🍭

3. Souvenir lucu2 dan murah. Emang sih. Kalau mau memburu waktu, kita bisa di mana aja beli. Tapi harganya lumayan juga.
Magnet kulkas dapat antara 1-2 yuro. Begitu juga dg keramik2 macam mug. Belanja yg murah di stasiun metro. Kalau uda di toko2 pingir jalan.. harga bisa 2x lipat.

4. Jam kunjungan yg padat merayap adl akhir pekan dan siangan. Kalau mau masuk TKP.. usahain datang pagi dan bukan jadwal liburan😊.

5. Tiket. Kemarin karena tinggal beberapa hari, jd sy pake tiket terusan. Karena tiket tunggal, mesti beli tiket lagi buat ke bandara. Dan kalau uda beli tiket bandara pake metro, hanya berlaku buat metro. Jangan sekali2 naik bis dll. Dan kalau uda kluar stasiun metro, buat masuknya lagi kita mesti beli karcis baru. Lumayan. Hampir 5 yuro.

Oia..ini tiket jangan ilang yah. Karena pas mau kluar bandara, kita mesti ngeklik lagi😊.

Maafken kalau kepanjangan.. dan semoga bermanfaat.👌👒💼👢

*foto2 adl depan markas Barca.. foto bola.. depan Sagrada.. contoh belakang Diagonal Mar, depan museum Picasso.. dan magnet kulkas😊

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/