Brussels, Ghent atau Antwerp?
Jawabannya: TIGA – TIGANYA XD

Belgia sukses membuat saya jatuh cinta, itu yang membuat saya sampai 3 kali ke negara ini, dengan total 1 hari 1 kota saya eksplor. Semunya PP (dari Belgia – Belanda)

1. Brussels

Kunjungan saya di Brussels saat itu sangat singkat,karena cuma transit dari Amsterdam ke Champ de Mars melalui Brussels, jadi saya hanya punya waktu beberapa jam di sana. Dengan membeli tiket dua arah (4 EURO), kalau lagi di Brussels bisa mampir ke Atomium atau Manekin Piss. Tapi waktu itu saya hanya mampir di komplek Grand Sablon Market (Place du Grand Sablon) di 1000 Bruxelles. Dari Brussels Centraal Station hanya menggunakan bus nomor 95 dan turun di Petit Sablon. Grand Sablon adalah komplek berbelanja, di mana terdapat banyak sekali kafe – kafe, restoran, toko souvenir dan apalagi yang khas dari Belgia:
chocolate shop!! Menyusuri komplek ini tidak bisa hanya sejam – dua jam, apalagi kalau ada musisi jalannya yang bener – bener kece! Setelah puas di Grand Sablon, jalan – jalan di sekitar komplek tersebut terdapat banyak statue dan puing – puing benteng kecil di sana.

Notes: Bahasa yang dipakai sehari – hari: Prancis (sayangnya, di sini jarang sekali saya temui yang bisa berbahasa Inggris πŸ™ )

2. Antwerp

Ayah saya mewanti – wanti agar jangan sok – sokan beli berlian di sini XD Awalnya saya ngga tahu kenapa, ternyata kota ini terkenal dengan berliannya yang indah – indah banget!! Toko berlian berjejeran saat keluar dari Antwerp Central Station.Dalam stasiun ini juga keren banget untuk dieksplor.
Kota ini terkenal dengan warga Yahudi terbanyak sedunia.
Ke mana – mana dekat, dari stasiun Antwerp bisa narsis dulu di Antwerp City Hall, tidak jauh dari sana terdapat Antwerpen Zoo. Kalau mau menyusuri Antwerp, terdapat sepeda yang disewakan di depan stasiun Antwerp (kalau penggunaan kurang dari 30 menit FREE loh). Tidak seperti Brussels yang minim trek sepeda, Antwerp persis seperti Belanda, trek sepeda dan banyak orang mengendarai sepeda.
Jangan lupa menuju Graanmarkt!! Untuk berbelanja. Belgium also about fashion, dan banyak outfit murah di sini.

Notes: Bahasa yang dipakai sehari – hari: Belanda dan Inggris
Referensi blog:

https://chemistryofray.wordpress.com/2015/05/12/antwerp-dan-berlian-berliannya/

3. Ghent

Ini baru kota di Belgia yang bikin saya jatuh hati bukan kepalang! Saya menghabiskan seharian di sini sampai ketinggalan kereta balik ke Belanda XD Saya sampai terlantar di stasiun Antwerp dan baru kembali ke Belanda keesokan harinya. Dari stasiun Ghent – Dampoort, untuk menuju atraksi di Ghent bisa dengan berjalan kaki. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini karena lokasinya berdekatan, tapi sempatkan diri ke Kastil Gravensteen dan sewa audio visual guidenya,saat berjalan menuju Gravensteen otomatis akan melewati beberapa gereja seperti St Bavo’s Cathedral, Belfry of Ghent, Saint Nicholas Church.
WAJIB: Duduk – duduk di Graslei dan Korenlei, menyicipi chocolate blackpepper beverage.

Notes: Bahasa yang dipakai sehari – hari: Belanda dan Inggris

Kalau ada yang mau ditanya – tanya silakan langsung di comment atau inbox ya kalau mau lebih spesifik.

Rekomendasi

Kalau hanya punya 1 hari di Belgia: Brussels (seharian) atau Antwerp dan Ghent (2 kota ini bisa dikunjungi dalam 1 hari)

Kalau punya 2 hari di Belgia: Brussels pada hari pertama dan Antwerp, Ghent di hari kedua

I traveled: alone

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/