Buat yang mau backpackeran ke maldives atau mungkin bilang maldives mahal? coba dibaca dulu deh ya.. soalnya saya pergi pas high season dan pesawat ga promo πŸ˜€

MALDIVES IS SO DAMN CHEAP!!!

Banyak yang bilang Maldives adalah Negara yang akan hilang tenggelam beberapa tahun ke depan. Banyak yang bilang Maldives itu sangat jauh dan cuma buat orang kaya yang kesana.

Well, Siapa bilang liburan ke Maldives itu harus mahal? Kalo yang namanya backpackeran tidak perlu mengeluarkan isi kantong yang berlebihan kok, tinggal kita saja yang mengatur penginapan dan juga pesawat yang murah menuju Maldives itu sendiri dan lebih enaknya Negara ini tidak menggunakan visa lho :p

Saya bepergian pada bulan Januari lalu dengan budget yang menurut saya oke banget buat para backpacker, cuma mungkin karena pesawatnya saya beli beberapa hari sebelum keberangkatan jadi cukup mahal untuk kalangan backpacker.

Untuk dapat mengunjungi Maldives, tidak ada pesawat langsung dari Indonesia menuju Maldives. Akan tetapi, harus transit dahulu di beberapa Negara. Untuk Budget Airlines, bisa transit di Malaysia atau Singapura untuk menggunakan maskapai Air Asia atau Tiger Airways.

Jika hendak bepergian menggunakan pesawat full-board airlines dapat menggunakan maskapai Srilankan Airways yang akan transit di Srilanka atau Emirates yang akan Transit di Dubai atau boleh juga menggunakan Jet Airways yang transit di Mumbai, India.

Jadwal tiba masing-masing maskapai juga berbeda-beda, kemarin saya menggunakan Tiger Airways dan mendarat pukul 19:50.

Day 1

Saya bepergian saat libur kuliah 2016 ke 2017 kemarin, Perjalanan saya dimulai dari Jakarta menuju Singapura menggunakan pesawat singa dikarenakan saya membeli terpisah untuk tiket Maldivesnya agar dapat lebih murah (ini salah satu trik untuk menghemat budget pesawat hehe). Perjalanan dari rumah ke bandara cukup tersendat karena orang Jakarta bepergian ke luar melalui bandara Soekarno – Hatta sepertinya, perjalanan memakan waktu 1,5 jam tetapi tidak membuat saya ketinggalan pesawat. Pesawat singa saya lepas landas pukul 11.00 dan mendarat mulus di Changi International Aiport pukul 14.00 waktu singapura.

Saya melanjutkan perjalanan melalui imigrasi dan check in kembali karena saya menggunakan maskapai yang berbeda yaitu, Tiger Airways. Setelah check in, saya kembali memasuki area bandara dan menunggu hingga pukul 17:50 untuk pesawat saya selanjutnya menuju Maldives.

Perjalanan dari Singapura menuju Maldives memakan waktu sebesar 4,5 jam. Perjalanan di udara yang cukup membuat detak jantung saya berdebar kencang karena turbulence yang sangat tidak wajar, tetapi Alhamdulillah saya masih bisa mengetik tulisan ini sekarang.

Pesawat mendarat mulus di Bandara Male International Airport, bandara kecil yang hanya memiliki beberapa restoran yang menurut saya cukup mahal. Bayangin saja harga salah satu restoran burger yang ada di Indonesia biasanya 50 ribu, disini menjadi 10 dollar lebih. GILAAA!

Anyway, terdapat fasilitas telfon gratis dari bandara untuk ke hotel-hotel yang ada di Maldives. Letaknya cukup keluar bandara dan belok ke kiri sudah kelihatan. Saya menelfon pihak hotel untuk menjemput saya di bandara dan ternyata…. Dikenakan charge sebesar 150USD untuk satu kapalnya. Kalau pergi ber 10 sih enak dibagi 10 tidak begitu berasa yah hehehe.. tapi karena saya ber4, jadinya ya lumayan juga hehe..

Menunggu sekitar 1 jam dan akhirnya saya dijemput menggunakan boat yang cukup luas, sepertinya untuk 10 orang cukup. Perjalanan ke Maafushi Island memakan waktu 1,5 jam dengan ombak yang cukup dahsyat. Tidak terlihat apa-apa hanya merasakan guncangan yang membuat mabuk laut.

Setelah 1,5 jam akhirnya saya sampai juga di Maafushi Island dan disambut oleh pegawai hotelnya. Hotel yang saya tempati ada Arena Lodge Maldives, hotel yang cukup nyaman, bersih, strategis, dan sarapannya ueeenak tenan. Ini samgat saya rekomendasikan karena harganya juga sangat terjangkau, ya masih worth it lah ya.

Day 2

Perjalanan hari ini dimulai dengan tour yang sudah saya pesan kemarin malam, yaitu snorkeling tour one day. Saya membayar sebesar 50 USD untuk kegiatan ini yang dimulai pukul 9 pagi dan akan berakhir pada pukul 4 sore. Kegiatan ini sama seperti kegiatan di Bali atau Gili Trawangan sebenarnya, cuma saya ingin melihat saja keindahan Negara ini.

Start pukul 9 waktu Maldives entah bagian mana haha.. yang jelas mereka cukup on time, satu boat berisikan bule-bule dan juga india. Sepertinya hanya saya yang warga Asia Tenggara :’)

Perjalanan ke tengah juga cukup heboh dengan ombaknya, tetapi diakhiri dengan berhenti di pulau yang cukup menggirukan. Saya lompat dari boat dan mulai mengeksplor keindahan laut Maldives. Menurut saya, tidak ada yang bisa mengalahkan Indonesia. Tetap karang dan ikannya lebih cantik Indonesia.

Sepertinya kebanyakan orang termakan dengan iklan yang sangat cantik akan Maldives but its okay. saya terus melanjutkan eksplor dari satu tempat ke tempat lain, sempat terhenti dengan makan siang dan di akhiri di sandbank yang menurut saya ini baru benar-benar cantik. Saya menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berfoto, sampai akhirnya disuruh pulang karena waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang.

Sampai di Maafushi Island tepat jam 4 sore dan saya berhenti di pinggir lautnya untuk menyaksikan sunset yang indah.

Setelah bersih-bersih, saya melanjutkan untuk mengeksplor pulau maafushi di malam hari.. ternyata tidak apa-apa, seperti kota mati.. tidak ada music, bar, hanya rumah penduduk saja dan suara ombak yang terdengar jelas.

Day 3

Perjalanan Hari ini saya dedikasikan untuk memutar-mutar ibu kota Maldives, yaitu Male. Hal ini dikarenakan saya membeli tour satunya lagi untuk hari terakhir saya.

Perjalanan sendiri ini saya sudah merencanakannnya dari hari pertama, saya membeli tiket ferry pada malam sebelumnya di salah satu toko (kalau kalian Tanya pasti pada tau kok) untuk keberangkatan pukul 8 pagi, perjalanan ke Ibu Kota ini memakan waktu sekitar 1,5 Jam dan harga tiket ferrynya cukup murah sekitar 2USD.

Jangan berekspektasi lebih tentang kapal ini, kapal ini cuma menyediakan kursi panjang dari kayu yang seadanya dan dipenuhi dengan para pekerja, bahkan kadang jadi satu sama tukang sayuran dan lain-lain.

Sesampainya, di Male saya mulai mengkesplor kota ini.. dan ternyata kecil juga. Kota ini bisa dikelilingi dengan berjalan kaki saja. Saya mengunjungi beberapa tempat dan kebetulan ada teman saya yang tinggal bersama suaminya disini sehingga saya diajak ke resto yang cukup ternama di Male dan rasanya maknyus sekali.

Saya mengunjungi:

1. Male Friday Mosque
2. Mule-aage Palace
3. Fish Market Male
4. National Museum

Setelah semua berhasil di eksplor, saya harus kembali ke pelabuhan ferry karena cuma 2x saja keberangkatan dan kepulangan dari Maafushi ke Male dan sebaliknya.

Kembali melakukan perjalanan 2 jam dan sesampainya saya langsung mencari makan malam di salah satu tempat yang menjadi rekomendasi trip advisor yaitu di Arena Lodge Maldives Restaurant, saya membayar 12 dollar untuk makanan all you can eat yang cukup mengenyangkan di malam terakhir saya.

Day 4

Kalo katanya Vanessa Williams, SAVE THE BEST FOR THE LAST!

Hari terakhir yang cukup cerah, saya tutup dengan tour yang sudah saya beli yaitu, Adaaran Prestige Vadoo – Tour.

Tour yang merupakan kunjungan ke salah satu pulau ini meruapakan tour yang cukup menguras kantong karena saya harus membayar 100USD untuk a whole day trip ini. Eits.. jangan salah, saya disuguhkan dengan keindahan pulau ini, saya bebas melakukan apa saja (snorkeling, berenang, dan bahkan minum wine/beer sepuasnya!!!) saya diberi waktu sampai pukul 6 sore karena saya harus menuju ke bandara setelahnya.

Saya juga disediakan makan siang yang menunya cukup membuat lidah bergoyang. Pilihan makanannya juga cukup bervariasi, pokoknya surge semntara ada di depan mata hahaha..

Setelah puas berenang, makan dan mengeksplor pulau ini saya pun mandi dan bersiap untuk kembali ke bandara.

Perjalanan ke bandara dari villa ini memakan waktu 30 menit, sehingga saya sampai di bandara sekitar pukul 7 malam.

Menunggu pesawat hingga pukul 20:30 dan akhirnya saya meninggalkan Maldives….

SEE YA AGAIN MALDIVES!

Rincian Pengeluaran:

1. Pesawat – 5.000.000 (PP)
2. Hotel 3 Malam – 750.000/ orang
3. Tour Day 2 – 50 USD
4. Tour Day 3 – 4 USD (Ferry – Return)
5. Tour Day 4 – 100 USD
6. Ferry Bandara – Maafushi – 37,5 USD
7. Makan Malam – 48 USD (4 Kali)

Total : 8.950.000 IDR
(Ini total disaat high season, apalagi kalau low season? atau dapet promo? kebayang kan?)

Tips and Tricks:
1. Jangan Mendarat di Male Airport ketika hari jumat, karena tidak ada ferry ke Maafushi. Kalau terpaksa hari Jumat, maka menginaplah di Male terlebih dahulu dan besokkannya baru naik ferry ke Maafushi (Untuk Menghemat)
2. Perhatikan Jadwal ferry antar pulau, karena cuma moda transportasi ini saja yang murah untuk pergi dari satu pulau ke pulau lain.
3. Bawa saja USD, karena memang disini sistem transaksinya masih menggunakan USD.
4. Pergi minimal ber 4 sepertinya, agar dapat harga yang lebih murah.
5. Coba browsing terlebih dahulu paket tour untuk perbandingan.
6. Siap-siap bawa obat mual atau masuk angin karena supir ferry atau kapal disana bawanya ngeri banget haha.

Semoga bermanfaat ya temen-temen!

#BIMaldives #BIMale #BIMaafushiIsland

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/