Cosant sahabat BI.

Saya mau share yg kemarin Ada temen Dari member BI ini ditolak imigrasi Honkong.
si mas ini, flight Dari Jakarta – Macau direct. Dan setelah sehari menjelajah Macau, sore dia ke HK karna disana masnya udah book hotel buat 2 Hari. Begitu masuk Macau fery, dia lolos Di imigrasi macau. Tapi sayangnya setelah sampe HK dia ditolak Sama imigrasi hongkong .
Kata masnya ini, waktu dikandang (interview) petugas Tanya :
– kenapa dia sering banget traveling ?
– petugas nolak balik Tanya kenapa Ada cap masuk Sgp tp Ga Ada cap keluar ( autogate ). Masnya bilang, apa mungkin petugas belom tau sistem ini (yaa g tau emang bener apa cuma imigrasi Aja cari kerjaan).
– dicurigai mau Cari kerjaan Di Hong Kong .
Informasi yg saya dapet itu Aja, Karna masnya ini udah bingung, sedih ,kecewa bookingan hotel hangus, begitu ditolak imigrasi hongkong dia dikawal 2 petugas imigrasi sampe Macau. Semua Mata tertuju Sama masnya dikira dia melakukan tindakan kriminal. Dia cerita seadanya Aja.
Dan uniknya Abis saya jemput mas A ini, jam 4 subuh Ada sms suruh jemput lagi si mas B yg ternyata udah terlantar 3 Hari Di pelabuhan taipa. Mas B ini udah sebulan Di hongkong nyampe istrinya yg kerja jadi TKW di hongkong. niat hati mau masuk macau karna perpanjang visa (saya g tau yg ngajarin siapa), tp begitu mau balik ke hongkong dia ditolak sama imigrasi dan disuruh balik ke macau. untungnya bapak ini pegang tiket pesawat pulang ke indonesia, jadi imigrasi ga kebanyakan ngomong.
Menurut komunitas kami sebagai TKW, imigrasi hongkong, Macau, china ini punya waktu tersendiri buat melakukan pemutihan Dari kalangan TKW, anak Yang tunggu visa kerja hongkong, atau Dari kalangan traveller bahkan penduduk resident asli. Biasanya mreka rese waktu Hari senin sampe rabu Malam .
Karna sudah saking banyaknya orang ke HK pake visa turis, tapi dia malah Cari kerja. Setelah lama g dpt kerjaan mereka overstay Ada juga yang lari ke Macau dengan uang minim tanpa bekal Bahasa .
jadi dampak ga enak yg main niat cuma liburan ikut ditahan sementara cuma buat ditanyain pertanyaan muter2 dan akhirnya bingung (imigrasi paling demen liat orang bingung).

jadi sekian cerita saya, intinya kesalahan antara 2belah pihak cuma mereka yg tau (karna dia cuma cerita itu aja, jd saya hargai privasinya). karna setau saya klo petugas sampe ikut ngawal didalem kapal itu cuma untuk yg punya kasus kriminal, overstay. alasan lain karna imigrasi emang lagi rese aja cari kerjaan dan mas nya ini apes.
NB: jadi kemaren saya bilang taxi jam 6 baru beroprasi itu saya ralat, Taxi beroprasi 24 jam. untuk kawasan hotel/hostel yg letaknya pas dipinggir jalan raya utama. untuk yg hotelnya nyelempet, taxi ada tapi jarang.

maaf kepanjangan, trimakasih.
#BIMACAU

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/