Dear BD-ers,
Mau sharing itinerary Eropa dan budgetnya. mumpung masih hanget karena baru dari sana. Semoga bisa menambah referensi BDers yang baru mau pertama kali ke sana.

Bagaimana menentukan itinerary untuk perjalanan ke Eropa? Menurut saya, kembali ke selera travelling, budget dan impian masing-masing. Lihat juga peta, biar rutenya gak bolak balik. Contoh saat Euro trip 2012 yang lalu, impian saya adalah mengunjungi Menara Eiffel, Colleseum, Menara Pisa dan liat salju di Swiss. Trus beli tiket pesawat, masuk dari Amsterdam keluar di Paris. Saya pun memilih rute: Amsterdam-Prague-Budapest-Warsaw-Rome-Venice-Florence-Pisa-Milan-Lucerne-Paris. Perjalanan selama 16 hari. 4x terbang antar kota sisanya naik kereta.

Untuk Eurotrip 2016, saya perginya berdelapan. Enam orang diantaranya adalah first timer. Keinginan saya adalah 70% harus tujuan baru diantaranya Barcelona, Madrid, Maroko dan Santorini. Pengen ke Maroko karena ingin injak benua Afrika hehehe, sekalian merasakan nginap di gurun Sahara. Maroko free visa. Beli tiket pesawat masuk dari Amsterdam keluar dari Venice. Yang first timer pengen ke Paris. Trus ada yang minta ke Vatican buat wisata rohani, ada yang minta ke Lisbon ke kampungnya Ronaldo. Dan cuman punya waktu 11 hari. Puyeng.

Setelah bongkar pasang itinerary, simulasi harga tiket pesawat dan riset sana sini, jadilah itinerary sebagai berikut: Amsterdam-Brussel-Paris-Barcelona-Rome-Vatican-Athens-Santorini-Bologna-Rimini-San Marino-Venice. 6x terbang antar kota, 2x naik Megabus dan sisanya naik kereta. 12kota dalam 11 hari (sebenarnya 10 kota yang diexplore, bologna & rimini tempat transit saja) Masih realistis, bisa dijalani yang penting komit untuk disiplin waktu. Bisa dibilang saya pribadi paling hanya menggunakan energi sekitar 60%, tidak push to limit. Bagi saya ini masih jalan santai. Jalannya berame-rame kayak gini membuat saya harus kompromi dengan energi mereka meski agak gemes. Saya paling ke 3-4 tempat yang paling worth to visit. Beda dengan eurotrip yang lalu, ngetrip cuman berdua semua tempat diabsenin satu-satu. Gak pulang kalo belum selesai semua dikunjungi hehehe.

Sebagaimana yang saya bilang diatas, selera travelling juga akan menentukan itinerary. Kalo suka nyantai, jangan bikin itinerary yang padat. Kalo gak ada tujuan yang dikejar, mending trip pendalaman suatu negara. Misalnya Italy. Dari semua negara, Italy merupakan negara favorit saya, banyak sekali kota yang cantik yang wajib dikunjungi. Rome, Venice, Milan, Florence, San Marino, Pisa, Bologna, Rimini, Cinque Terre, Val D Orcia, Verona. 3 kota yang terakhir belum sempat dikunjungi. Lebih murah juga kan, ngetrip tanpa lintas negara. Sisa naik bus kesana kemari. Kalo gak salah beberapa waktu lalu ada anak BD yang posting perjalanan Euro tripnya selama 12 hari hanya habis sekitar 11juta all in, explore 3 negara yang mainnya kebanyakan di Italy dan transport antar kota dalam Italy menggunakan Megabus dapat harga promo1Euro.

Sebagai kuli kantor saya harus puas hanya memanfaatkan cuti kantor yang cuman 12 hari kerja. Itupun sangat susah diambil dalam satu kesempatan sekaligus. Jadi kesempatan untuk travelling itu sangat berharga, harus dimanfaatkan secara maximal. Apalagi 1 visa Schengen bisa ke 26 negara. Suer, kalo saya punya waktu banyak, saya akan prepare waktu lebih banyak untuk explore setiap kota. Sementara cukup jadi quick explorer saja.

Berapa budget untuk itinerary diatas? Sebenarnya bervariasi karena ada yang naik Qatar dan ada yang naik Etihad. Ada juga starting pointnya tidak dari Jakarta.

Tiket Jakarta-amsterdam, Venice-Jakarta (Garuda+Qatar) 5,2juta
Asuransi 360ribu
Visa 850ribu
Tranport antar negara (Megabus 2x, Vueling Air 1x, Ryan Air 5x, kereta) 3,7 juta
Penginapan 8 malam 3,8juta
Entrance fee+makan dan lain-lain 3,9juta
Biaya kerugian/biaya tak terduga 1,2 juta
Total 19.01 juta (diluar kebutuhan pribadi).

Yang naik Etihad rute sama (MAS+Etihad) 6,3juta

detil ceritanya ada: wwwdotpenyukajalanjalandotcom

Sekian. Semoga bermanfaat.

#BDEurope #BDEropa #BDItaly

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/