Dear teman-teman BI, Saya mau berbagi pengalaman membuat visa Schengen via Belanda dengan saldo rekening yang sederhana hehe. Ini visa Schengen pertama saya, jadi saya mempersiapkan cukup lama, diawali baca-baca blog orang plus postingan di grup ini, lalu interaksi dengan member (sangat-sangat membantu). Pertama yang saya lakukan adalah memenuhi persyaratan pengajuan visa, landing di Belanda dan paling lama di Belanda, walau selisih cuma satu hari. Kemudian daftar online di VFS Global, paling tidak 3 minggu sebelum submit dokumen karena antrenya lumayan banyak kalau di Jakarta.

Karena tiket pesawat dan beberapa tiket atraksi sudah dibayar, jadi saya berusaha semaksimal mungkin melengkapi dokumen wajib dan menyertakan dokumen pendukung untuk meyakinkan.

Berikut dokumen yang dipersiapkan:
1. KK dan KTP diterjemahkan sendiri
2. Paspor dan fotokopi tiap halaman, paspor harus ada tanda tangan dan alamat di belakang
3. Asuransi
4. Bookingan hostel selama 10 hari, via Hostelworld, Agoda, dan Bookingdotcom.
6. Membuat cover letter, isinya permohonan visa, tentang diri saya (alamat tinggal, profesi dan kantornya di mana dan pasti kembali karena harus mulai bekerja per tanggal sekian-sekian…), tujuan ke Eropa kemana saja dan ngapain saja, saya sebutkan tujuan yang spesifik, misalnya mau nonton konser di Amsterdam, mau naik perahu di Giethoorn, mau ngerasain minum beer di heineken experience, pengen foto di mural Tintin, sampe acara ngidam makan waffel di Brussels saya sebutin hehehe. Kemudian saya menyebutkan dokumen apa saja yang saya sertakan, dibuat daftar. Untuk cover letter saya ngambil contohnya di sini https://www.schengenvisainfo.com/application-cover-letter/

5. Itinerary detail, termasuk tempat-tempat yang dikunjungi plus biayanya. Sampai saat transit pun saya tuliskan detail, juga nomor penerbangannya. Saya memberi notes untuk transport lokal dan tiket antarnegara akan dibeli langsung di stasiun.
Saya memberi highlights buat tiket-tiket yang sudah dibayar. (Ditulis paid ticket).

7. Surat keterangan kerja dari HRD
8. Surat izin cuti dari atasan
9. Tiket pesawat PP Kul-Ams dan CGK-Kul
10. Bank statement, bayar 50 ribu di BCA
11. Rekening 3 bulan, print dari e-statement BCA, saldo terakhir Rp 20 juta 600 ribu. Rekening aktif yang dipakai sehari-hari, termasuk untuk payroll, ada pemasukan besar di akhir bulan karena gaji dan orang bayar utang :D.
12. Dokumen pendukung, ini sebenarnya tidak ada di persyaratan, tapi saya mau meyakinkan pihak Kedutaan soal status sebagai karyawan dan pasti kembali ke negara asal. Dokumennya id card karyawan, BPJS, asuransi, slip gaji, dan kartu nama. Dokumen ini saya fotokopi dijadikan satu lembar.

Visa saya jadi dalam 9 hari dan dapat multiple satu tahun *maaf visa tidak saya upload soalnya fotonya bulet dan kusem bgt hahahaha, saya lagi pencitraan muka soalnya πŸ˜€

#BIVisa #BIVisaschengen #BIeropa #BIInfo

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/