DESTINASI WISATA SUNGAI TABBUA .

Sungai Tabbua masih sangat jarang terdengar di telinga kita sebagai tempat objek wisata terutama di kawasan Maros padahal menurut pengalaman dan beberapa sahabat yang pernah merasakan berwisata dan merasakan seperti sedang berada di tengah alam. Seperti pada pagi hari udara di sungai Tabbua sangat sejuk tapi airnya terasa hangat jika kita memasukan tubuh kita ke dalam air.

Tebing yang terdapat di pinggiran sungai bisa dimanfaatkan tempat pengunjung menikmati sungai Tabbua sambil bersantai-santai, menikmati makanan dan minuman. Sungai Tabbua tempat wisata yang paling tidak membosankan dimata saya karena pada dasarnya kita dibolehkan berenang hingga puas.

Supaya berwisata ke sungai Tabbua menjadi menarik dan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi pengunjungnya buatlah perjalanan-perjalanan yang seru dan menguji nyali bagi pengunjungnya seperti : sebelum turis memasuki kawasan pusat sungai Tabbua mereka di angkut mengunakan perahu melewati sungai-sungai kecil, pasti ini akan membuat pengunjung yang belum pernah merasakan naik perahu akan gembira, setelah mereka sampai di pusat wisata sungai Tabbua mereka di tawarkan untuk mencoba berpetualangan mengikuti alur sepanjang sungai. Tidak lupa kita mengikutsertakan satu orang pemandu wisata.

Pemandu yang dipilih harus berjiwa pengertian, sabar, dan penolong, karena didalam kelompok turis pasti ada yang tidak kuat jalan, mudah terperanjat melihat binatang dan ada yang suka menyusuri jalan sendiri.

Tidak lupa pemandu juga membagi-bagikan pengetahuannya kepada para turis, menceritakan sejarah sungai Tabbua itu atau menceritakan legenda dari sungai itu jika ada, memberi kesempatan waktu tersendiri untuk mengambil gambar setelah itu kembali melanjutkan perjalanan lagi.

Seringkali turis yang berkunjung ke tempat wisata menjadi tidak nyaman dengan adanya peraturan-peraturan yang berlebihan dari pihak pengelola tempat wisata, seperti ada beberapa tempat wisata yang melarang pengunjungnya membawa makanan di tempat wisata, dilarang menyentuh binatang, dilarang membawa benda-benda dari tempat wisata.

Wisata sungai Tabbua tidak sama dengan tempat wisata seperti biasanya yang banyak aturan berwisatanya, demi kenyamanan turis kita memberi kepercayaan pada mereka boleh membawa makanan dari luar hanya kita perlu memberi pengarahan dan petunjuk saja untuk menjaga kebersihan udara dan lingkungan wisata sungai Tabbua tersebut dan denda jika ada turis yang sengaja membuang sampah di tempat wisata sungai dan hutan sekitarnya, pengelola mengharuskan turis ikut serta menjaga lingkungan sungai dan hutannya sampah-sampah plastik harus dibawa pulang, dengan begitu kita sekalian mengajarkan turis untuk sama-sama menjaga lingkungan sekaligus tidak melarang mereka membawa jenis makanan apapun dari luar. Sungai Tabbua terdapat bermacam-amacam hewannya ada hewan yang didalam hutan di dekat sungai itu ada juga hewan yang di dalam air.

Pengelola tidak boleh melarang turis menyentuh hewan-hewan yang terdapat di tempat wisata sungai, tetapi memberi peringatan tidak boleh membunuh hewan-hewannya.

Tempat wisata sungai ini menarik karena sangat jarang ada dan sangat bagus untuk orang-orang yang bosan dengan kebisingan di daerah kota, jarang menghirup udara lingkungan sungai, dan orang-orang yang masih kurang pengetahuannya tentang alam.

Pengelola di tempat wisata sungai Tabbua pertama harus memiliki kepedulian terhadap manusia dan lingkungan, jujur dan rendah hati, ramah, tegas, memiliki keahlian yang berhubungan dengan alam, pecinta hewan tumbuhan, ahli dalam membuat strategi, memiliki bakat manajemen.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/