Dream comes true. Ya, setelah 8 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2007 ketika pertama kali menginjakkan kaki di Swiss, saya sudah jatuh cinta dan berikrar harus balik lagi ke Swiss suatu hari nanti.

Akhirnya di tahun 2015 bulan Maret kesampaian juga keliling Swiss selama 7 hari. Kali ini saya puas naik train keliling Swiss dan kesampaian nyobain Bernina Express dari Tirano sampai ke St. Moritz.

Untuk infomasi tentang Bernina Express bisa dicek di website ini : https://www.rhb.ch/en/panoramic-trains/bernina-express .

Bernina Express ini jalurnya dari Lugano (Swiss ) melewati Tirano (Italy) dan lanjut ke Chur. Berhubung saya pengen nyobain juga Glacier Express yang hanya jalan dari St. Moritz ke Zermatt makanya saya turun di St. Moritz dan explore kota yang katanya tempat main orang borju Eropa.

Perjalanan saya ke Tirano berawal dari trip saya yang nyambung dari kota Lecco (part of Lake Como Italy). Perjalanan sepanjang Tirano sampai ke St. Moritz sungguh menakjubkan. Berhubung saya perginya di bln Maret masih keliatan banyak salju di sepanjang perjalanan. Perjalanan sekitar 2,5 jam dari Tirano – St. Moritz dengan biaya sebesar CHF 45 (2nd class) plus biaya reservasi sebesar CHF 13. Total keseluruhan CHF 58.

Kalau menggunakan kereta regional harganya lebih murah sekitar CHF 31 . Bedanya hanya di tipe kereta api saja. Kalau tipe BEX (Bernina Express) menggunakan kaca panoramic sehingga cakupan view lebih besar.Kalau durasi perjalanan sama saja antara BEX atau kereta regional (RE) sekitar 2.5 jam.

Selama saya di Swiss, saya menggunakan Swiss Travel Pass. Kalau menggunakan Swiss Pass, BEX atau Glacier Express sudah termasuk di dalamnya. Jadi tinggal membayar biaya reservasi seat saja. Untuk swiss pass bisa dicek di sini : http://www.sbb.ch/en/home.html.

Swiss Travel Pass
Consecutive travel days.
Adults.

2nd class 1st class
3 days CHF 210 CHF 336
4 days CHF 251 CHF 402
8 days CHF 363 CHF 581
15 days CHF 440 CHF 704

Setelah puas main di St. Moritz besoknya lanjut lagi naik Glacier Express dari St. Moritz ke Zermatt. Informasi bisa dicek di sini : http://www.glacierexpress.ch/en/Pages/default.aspx.

Perjalanan lumayan lama sekitar 8 jam 15 menit nyampe di Zermatt. Pemandangan jauh lebih menakjubkan terutama mendekati area Andermatt. Biaya sekitar CHF 149 plus CHF 13 (winter) untuk reservasi seat. Total sekitar CHF 162 (2nd class).
Kalau summer reservasi seatnya naik menjadi CHF 33.

Oh ya, saya sendirian selama trip di Swiss ini. Jadi benar-benar enjoying “me time” .

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/