FAMILY BACKPACKER (JEPANG), WEBSITE PENTING

Family backpacker, perjalanan mandiri dengan membawa anak-anak, tentu berbeda urusannya dengan solo backpacker atau backpacking bersama teman. Diperlukan persiapan yang matang, detail perjalanan yang terencana, energi yang lebih, dan anggaran yang bisa saja membengkak karena kita membawa anak-anak. Yang paling utama adalah kesiapan mental orang tua, karena ada 1, 2, 3, atau sekian anak yang masih bergantung kepada kita orang tuanya, baik lahir maupun batin.

Berikut ini saya mencoba berbagi sejumlah website atau portal online yang berkaitan dengan travelling dan mungkin bisa membantu teman-teman, berdasarkan pengalaman saya backpacking beberapa tahun terakhir, bersama suami dan tiga anak saya. Ini sesungguhnya bisa berlaku umum, untuk perjalanan ke mana pun. Namun, lebih spesifik untuk perjalanan ke Jepang karena ada poin-poin khusus yang memang ditujukan untuk perjalanan ke sana.

Tulisan ini sekaligus menjawab begitu banyaknya pertanyaan teman-teman BI tentang wisata ke Jepang. Supaya saya jawabnya tuntas, tidak sepotong-sepotong, monggo disimak tulisan singkat ini ya teman. Karena, nyaris semua pertanyaan yang sampai ke saya, jawabannya bulat-bulat sepenuhnya ada di website-website di bawah ini:

1. Accuweather.com untuk memantau suhu udara dan cuaca. Dengan mengetahui bagaimana suhu, cuaca, hujan atau tidak, dll, maka kita bisa mempersiapkan diri kita dan anak-anak. Paling tidak kita tidak salah kostum saat tiba di negara orang. Mengira dingin, ternyata hangat-hangat saja, bisa sumuk nanti karena baju ketebalan. Atau sebaliknya…

2. Airbnb.com, agoda.com, booking.com dan website lainnya seperti hostelworld.com dan ibilik.my (untuk wisata ke Malaysia), sangat berguna saat kita ingin memutuskan tempat tinggal yang paling nyaman buat kita dan keluarga. Ada baiknya jika bepergian dengan anak-anak untuk menyewa penginapan berupa apartemen yang dilengkapi dapur, mesin cuci, dll. Maklum saja, kids always be kids, mereka selalu lapar, lapar, dan lapar. Jika ada dapur, akan memudahkan kita menyediakan makanan untuk anak-anak. Jangan lupa juga perhatikan ukuran kamar atau apartemen yang kita sewa.

3. Xe.com. Ini website yang sering saya gunakan saat memantau nilai tukar uang. Dengan memantau gerakannya maka kita bisa menentukan kapan waktu yang tepat di harga yang paling bagus untuk membeli mata uang asing yang kita perlukan nanti saat bepergian.

4. Skyscanner.com dan traveloka.com. Dua situs ini bisa membantu teman-teman membandingkan tiket pesawat yang termurah. Alhamdulillah, berkat sering kepo dengan harga tiket, saya mendapatkan harga cukup murah dalam beberapa perjalanan bersama anak-anak, meskipun bukan harga ajaib yang termurah. Misalnya, ke Jepang saya dapat tiket di harga Rp 2,9 juta PP jkt-haneda, Jkt -Seoul Rp 2,8 juta, atau pernah juga dpt Rp 99 ribu ke KL.

KHUSUS PERJALANAN KE JEPANG

1. Hyperdia.com. Nah… ini website yang wajib dipantau selama berada di Jepang. Ke mana pun kita pergi, website ini akan menuntun kita menentukan kereta apa yang akan kita naiki. Mulai dari jam keberangkatan kereta, harga tiket, hingga lama perjalanan, dll. Dan, di Jepang tidak ada istilah kereta terlambat alias sangat tepat waktu. Jadi teman… selama di sana, lupakanlah lirik lagu Iwan Fals ‘Kereta Tiba Pukul Berapa’. Artinya, ada baiknya anak-anak juga diberi pengertian betapa pentingnya menerapkan disiplin waktu selama dalam perjalanan di Jepang.

2. Tokyocheapo.com. Bagi yang menganut aliran ‘hemat pangkal kaya’ seperti saya, ini sangat membantu kita jika ingin menjelajah Jepang dengan biaya miring. Banyak data tentang event, lokasi, data penginapan, dll yang sangat membantu teman-teman untuk menentukan destinasi selama berada di Jepang.

3. http://l-tike.com/fujiko-m/english/. Sebagian keluarga yang berwisata ke Jepang mungkin ingin berkunjung ke Museum Doraemon (Museum Fujiko F Fujio). Dan, mungkin banyak yang belum paham jika tiket masuk museum ini tidak dijual di lokasi, tapi dijual di jaringan Lawson di Jepang, di mesin tiket yang ada di convenience store tersebut. Masalahnya, mesin ini hanya bertuliskan huruf Jepang. Bagi yang tidak bisa membaca tulisan Jepang atau sungkan minta tolong ke mas-mas dan mbak-mbak Lawson di sana, akan sangat terbantu dengan membuka website ini. Karena di website ini dijelaskan secara detail dengan gambar bagaimana membeli tiket di mesin ini.

4. www.jreast.co.jp. Bagi teman-teman yang kebingungan untuk membeli tiket dan pass apa yang paling sesuai dengan itinerary kita maka sebaiknya baca dulu di website yang secara detail dan lengkap menjelaskan berbagai pass yang ada di sana.

5. Halalgourmet.jp dan halalmedia.jp. Teman-teman Muslim tentunya berusaha mengonsumsi makanan halal selama berada di sana. Website ini akan membantu teman-teman menentukan hendak ke resto mana saat berada di sana. Saya pribadi tidak mendatangi resto-resto ini karena agak repot juga mengatur itinerary jika harus singgah ke resto tersebut yang lokasinya belum tentu linier dengan jalur perjalanan kita.

6. Willerexpress.com. Situs ini kita perlukan untuk booking tiket bus, juga menjelaskan secara detail tentang bus yang akan kita pilih, mulai dari rute, harga, dan jenis bus.

7. www.tokyo-monorail.co.jp. Untuk yang memutuskan menggunakan monorail dari Bandara Haneda, di situs ini dijelaskan mulai dari jalur yang dilalui, timetable monorail, dll

8. www.limousinebus.co.jp. Bagi yang kerepotan menentukan jenis transportasi apa yang akan digunakan setelah tiba di bandara Narita atau Haneda, ada baiknya membaca website ini juga sebagai alternatif. Di sini dijelaskan sangat detail tentang bus dan jaringan subway di Tokyo dari bandara. Saya kemarin memilih naik shuttle bus yang gratis disediakan dari hotel tempat menginap di hari kedatangan di Haneda. Jika memilih shuttle bus gratis harap diperhatikan juga jadwal keberangkatannya, pada pukul berapa saja bus ini tersedia di bandara.

13. www.japanguide.com dan www.jnto.go.jp. Ini website yang wajib dibaca sebelum kita berangkat atau saat kita menyusun itinerary. Segala hal tentang Jepang bisa didapatkan di situs ini. Situs ‘palugada’ deh… apa lu minta ada…

Demikian sedikit informasi sederhana dari saya…. Malu bertanya sesat di jalan, rajin membaca tenang di jalan… Semoga bermanfaat and happy travelling with your family. Terima kasih (Maghfiroh Yenny). #BIWebsite #BIJepang

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/