Eropa Utara memang terkenal dengan mahalnya… and it’s true. Tapi bukan berarti kita gak bisa enjoy jalan-jalan ke sana dengan budget terbatas. Berikut saya kasih rekomendasi 6 hal yang bisa dilakukan tanpa over-spending di salah satu kota di Eropa Utara, yaitu Helsinki di Finlandia.

1. Keliling kota naik tram
Tram di Helsinki itu nyaman banget karena bersih dan seringnya lumayan kosong jadi kemungkinan gak dapet tempat duduk itu kecil banget. Bisa beli 1-Day-Ticket seharga 8 Euro, dan ini bisa dipake seharian untuk hop on and off di mana saja dan kapan saja.

2. Belanja di secondhand shop
Belanja barang bekas itu sesuatu banget di Helsinki, hahah… Banyak toko yang menjual barang bekas dengan kondisi yang masih bagus banget, mulai dari baju, sepatu, buku, dll. Favorit saya adalah UFF! Waktu saya di sana, mereka lagi ngadain sale di mana semua item harganya hanya 1 Euro! Saya akhirnya beli 2 sweater dan 1 pasang knee-length boots. Total cuma bayar 3 Euro.

3. Nongkrong di daerah Kamppi Chapel
Ada sebuah kapel yang terletak di tengah-tengah Narinkka Square di pusat kota, dikelilingi oleh berbagai pusat perbelanjaan. Bagi saya, memperhatikan orang-orang yang lalu lalang di sana itu menarik banget. Orang Finlandia itu sangat ‘reserved’, dan walaupun di tengah-tengah square itu banyak banget orang, tetep aja rasanya sepiii… karena orang-orangnya jarang ngomong (atau ngomongnya selalu pelan) kalau di tempat umum. Oh ya, kalau mau masuk ke kapelnya juga bisa (asal jangan berisik ya), dan gak dipungut biaya.

4. Nyobain local coffee shop
Udah jauh-jauh ke Helsinki, jangan sampe cuma ke Starbucks kalo mau minum kopi, haha! Saya pecinta Starbucks sih, tapi ya come on lah, harus cobain juga tempat lokal. Saya rekomendasikan Bulevardin Kahvisalonki, mereka punya opsi kopi dan kue yang enak-enak. Harga secangkir kopi sekitar 3-4 Euro.

5. Santai di taman kota
Di Helsinki, taman-taman kotanya keren dan bersih banget. Terus banyak patung-patung cantik pula. Buat yang suka foto-foto apalagi upload di Instagram, nah, taman kota udah pas banget deh – foto di sana dijamin gak perlu banyak editan 😀 Favorit saya selama di sana adalah Vanha Kirkkopuisto (Old Church Park). Dinamain begitu karena di tengah tamannya memang ada gereja yang namanya Vanha Kirkko (Old Church). Menariknya, karena taman ini dulunya adalah pemakaman di zaman perang sipil Finlandia dan juga perang Estonia, banyak nisan dan memorial yang masih dilestarikan di taman ini! Yang pasti, masuk ke taman ini ya tinggal masuk aja, alias gratis.

6. Metik apel, atau jamur
Kalau bosan dengan ‘city life’ di Helsinki dan mau ke daerah suburb, bisa main ke Espoo atau Kirkkonumi, dan petik apel yang tumbuh di beberapa sisi jalan. Kalau jamur saya gak menyarankan kalau gak tau bener mana jamur yang bisa dimakan atau gak. Saya sendiri sih cuma berani petik apel karena gak ngerti tentang bedanya jejamuran :p FYI, orang lokal biasa metik sendiri apel dan jamur mereka, jadi gak perlu beli di supermarket. Eits, tapi saran saya lagi, kalau mau coba aktivitas ini, lebih baik kalau punya teman orang lokal yang bisa nunjukin di mana bisa metik apel/jamurnya, karena ntar salah-salah tanah orang… 😀

Ada foto, tips, dan cerita (dalam bahasa Inggris) di blog saya:

Enjoy Helsinki Without Breaking Your Budget

Terima kasih sebelumnya untuk yang bersedia mampir dan selamat membaca!

#Helsinki #Finlandia #Eropa

Finland is one of the most expensive countries in Europe. If you don’t own an unlimited credit card (or a sugar daddy, haha), you should be careful when spending your money here. As Helsinki …

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/