Flash Trip to IRAN

“Banyak negara lainnya, ngapain ke Iran?”
“Ih gilak! Iran? Aman gak disana?”
“Awas teroris loh! Hati-hati sama Syiah!”
“Ayo kamu bikin surat wasiat dulu!”

Well … kira-kira seperti itu respon orang-orang terdekat ketika saya berencana ke Iran.

Mengapa Iran?
Karena dapat tiket promo dari Thai Airways πŸ˜… dengan rute Denpasar – Bangkok – Tehran – Bangkok
Ada apa di Iran?
Gak banyak yang saya tahu kecuali banyak Masjid 😁. I really have no idea about Iran. Untunglah ada mbak Amalia San yang baik hati membantu saya membuat itinerary. Saya hanya punya waktu dari tanggal 7 -13 April 2017 di Iran. Rutenya adalah Tehran – Shiraz – Yazd – Isfahan – Tehran. Berikut yang bisa saya bagi.

1. VISA
Lebih baik urus di Indonesia sebelum anda berangkat karena lebih murah (20 USD) dan efisien. Kalaupun mau pakai VOA, siap-siaplah untuk ruwet. Sampai di bandara, langsung beli asuransi seharga USD 16, lalu pergi ke konter Visa, mengisi formulir dan menyerahkan pasport (harus ada alamat tinggal di Iran/alamat hotel). Selanjutnya bayar VOA seharga 45 Euro atau 52 USD plus komisi 3 USD. Lalu tunggu hingga nama di panggil dan paspor berisi visa Iran di berikan. So untuk VOA biayanya mencapai 71 USD. Selanjutnya cek imigrasi dan ambil bagasi.

2. Internet
Di bagian arrival kamu bisa beli simcard Iran Cell. 3GB seharga 10 USD. Cukup butuh pasport, jaringan 4G langsung aktif. FB, YouTube, WordPress & Blogspot di banned di Iran. Untuk mengaksesnya kamu harus install VPN.

3. Uang
Mata uang Iran adalah Iran Rial, nominal paling besar adalah 1 juta rial. Jadi ketika menukar di money changer, dengan hanya beberapa lembar dolar, kamu akan menerima segepok puluhan juta uang Rial. Disini gak bisa pakai Visa or Mastercard yah. Jadi harus bawa cash. 1 USD berkisar 40.000 Rial

4. Penginapan
Penginapan di Iran cenderung mahal dan jarang ada di Booking.com ataupun Agoda. Kamu harus mengontak langsung hotel yang bersangkutan. Bisa cari info di wikitravel . Paling murah 15 USD permalam (dorm). Tapi jangan bandingkan dengan hostel di Bangkok ataupun di negara lain. Karena sangat jauh berbeda dari segi fasilitas. Kamu harus ikhlas menerima kasur keras, no locker, dan kamar mandi yang gitu deh. Mau murah bisa disiasati dengan coachsurfing.

5. Transportasi
Dari bandara Imam Khomaeni ke pusat kota Tehran cukup jauh. Kamu bisa naik taxi dengan harga mulai dari 18 – 30 usd. Tergantung tawar menawar. Di Kota seperti Tehran sudah ada subway, dan bus ala transjakarta. Pembayarannya bisa pakai kartu atau cash. Untuk transportasu antar kota bisa menggunakan kereta atau bus VIP. Bus adalah pilihan terbaik. Selain murah, juga lebih cepat dan nyaman dibandingkan kereta.

6. The people
Jangan kaget kalau anda bakal jadi pusat perhatian dan benar-benar jadi ‘tourist’ disini. Mostly orang Iran ramah-ramah. Cobalah bertegur sapa. Tak jarang mereka akan membagikan makanan ataupun mengundang ke rumah mereka. So far saya hanya mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan pemilik hotel di Tehran yang tidak ramah dan mencharge biaya hotel 2 kali lipat dari yang seharusnya, karena saya bingung antara Rial dan Toman (penyebutan uang di Iran).

7. Tempat Wisata
Setiap tempat wisata di Iran untuk tourist jarang ada yang gratis. Kamu harus membayar tiket yang berkisar antara 150.000 rial sampai 250.000 rial. Rata2 200.000rial. So jika dalam sehari kamu mengunjungi setidaknya 4 tempat, at least you need 1 juta rial untuk tiket πŸ™ˆ

8. Makanan
Porsi makanan di Iran sangat besar. Ketika saya minta burger ukuran kecil, yang datang adalah burger yang besarnya 3 kali lebih besar dari burgernya MCDonils. Begitu juga dengan nasi. Porsinya porsi besar. Dengan melihat kuantitas dan banyak daging di setiap makanan, saya bisa bilang makanan di Iran MURAH.

9. Tempat Wisata
AMAZING. Iran punya salju, taman yang hijau dan penuh dengan bunga, gurun pasir, bangunan kuno dengan arsitektur yang memukau. Keren dah pokoknya. You should see in person. Dan waktu terbaik untuk mengunjungi Iran adalah ketika musim Semi. Temperaturenya pas (tidak terlalu dingin dan tidak panas) dan langit cerah.

Funfact: Jalanan di Iran ‘GANAS’, mobil ngebut dan tabrakan sudah hal umum. Kalau mau nyebrang harus ‘nekat’. Pendidikan terakhir rata-rata penduduk Iran adalah S2 (master). Penduduk Iran sangat susah untuk bisa traveling ke luar negeri (banyak syarat dan ketentuan berlaku). Seluruh pemuda di Iran wajib militer selama 2 tahun setelah lulus studi universitas. Dilarang main kartu (remi, domino, uno dan sejenisnya). Wanita selalu punya tempat khusus di bis misalnya di pisah antara cewek dan cowok, lalu ada taxi khusus cewek. Jangan kaget kalau melihat banyak orang Iran yang hidungnya di perban, karena disini banyak orang yang operasi “memangkas” hidung.

Finally… Iran is beautiful and sangatlah aman untuk di kunjungi.

#Iran #Tehran #Isfahan #Yazd #Shiraz

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/