Going strong and be patient akhirnya approved juga visa Mongolia.
Dapet Visa US biasa aja, dapet visa schengen 5 tahun biasa aja, tapi dapet visa mongolia itu sesuatu banget.
Karena untuk dapet visa mongolia dari kedutaan di jakarta dibutuhkan kesabaran yang extra.
Untuk mendapatkan visa mongolia dibutuhkan Invitation Le tter dari operator tour di sana yang disetujui oleh pemerintah.
Ada beberapa operator tour seperti Khongor Expedition atau Zaya dan rata2 mereka mau mengeluarkan IL bila kita menginap atau mengambil paket tour dari mereka dan tentu tidak gratis pula.
Setelah menghubungi melalui email kedua operator tsb tidak ada tanda2 ada balasan dan respon dari mereka, akhirnya teman langsung telepon kemereka dan mereka bilang akan merespon nya, tetapi ditunggu minggu demi minggu gak ada kabar juga, jadi putus asa lalu jadi kita buat plan B untuk tidak ke mongolia, mengingat ticket yang kita beli dari Jakarta Beijing pp, sepakat kita buat plan ke urumqy.
Tetapi tiba2 ada balasan email dari Zaya bahwa kita diharuskan membayar 25$ untuk Invitation Letter, tanpa ragu kita langsung bayar, tetapi setelah pembayaran proses untuk dapet IL tsb juga cukup memakan waktu lama, sampai2 kita tiap hari menghubungi mereka karena waktunya mepet sekali.
Akhirnya dapet IL dan drama kembali muncul lagi, bahwa kedutaan Mongolia pindahan dari semula di The east tower Lt 38 ke gedung Gosco di jalan raya pasar minggu dan tutup selama 1 minggu.
Akhirnya selesai juga perjuangan dapatkan visa mongol dengan membayar $60.
Dan see you Mongolia
#visa mongolia
#mongolia

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/