Hai mau share ttg liburan ke sydney. Maaf kalau sdh ada yg post terlebih dulu. Semoga bermanfaat

Usahakan cari tempat penginapan di George street. Krn jalanan besar,ramai dan memudahkan utk kemana saja ๐Ÿ™‚ Yang lalu kami menginap di daerah the rocks. Enak sekali karena bisa menonton Vivid di opera house setiap malam. Lucky krn tnyata smp 18 juni vivid ada tiap malam dari jam 6 – tengah malam sepertinya. Kalau biasanya hanya di malam minggu saja. Btw dari the rocks kami tinggal jalan kaki ke stasiun kereta di circular quay. Oh ya saat sampai di airport untuk menuju city kami menggunakan van yg kami pesan dr www.viator.com kita cuma tinggal keluar dan nunggu van yang dtg tiap 30 menit dan van tsbt mengantar kita sampai dpn hotel. Oh ya jangan lupa beli opal card. Enaknya ga ada biaya tambahan jadi kalau beli AUD 20 ya bayarnya jg segitu.

Hari 1 :
Dari circular quay kami naik train ke hyde park, depan archibald fountain ada tour leader yang bisa antar kita utk ikutan : free walking tour atau bus tour. Buka web nya di www.freetourssydney.com.au
Hari pertama kami pilih free walking tour, beneran free ga usah bayar apa2, kita diantar menyusuri tempat2 penting beserta cerita sejarahnya. Tour ini makan waktu 2,5jam dan berakhir di dekat circular quay. Kami tdk sampai selesai mengikuti tour ini krn perut keroncongan dan ada perlu menjenguk saudara yang dirawat di RS. Ah ya kami makan di City Extra di bawah stasiun Circular quay. Untuk menu spagheti, salmon smoked, chicken wing, 2 lemon tea habis AUD 60 (hiks mahalnyoo) tapi porsinya gede dan smoked salmon nya enak.
Malamnya kami merencanakan mengikuti Creative Team Night yang diadakan di Hillsongs church Waterloo tiap thursday night. Unfortunately setelah jauh2 kesana (train dr circular quay-green square + jalan kaki 15 menit dengan udara yang berangin seperti ngegaplok muka) hari itu tdk ada acara tsbt hiksss.. Ya sudah kami tetap belajar bersyukur dalam segala keadaan. Akhrnya kami menuju hotel dan mampir menonton Vivid malam itu di kursi di pinggir dermaga.

Hari 2 :
Pagi ini kami mau ikut bus tour ke bondi beach. Jadi naik train kami ke st james menuju Hyde park dan daftar ikut tour tp ternyata hari itu sdh penuh dan kami daftar utk bsk pagi. Oh ya tour ini ada sehari sekali jam 10.30 sdh hrs kumpul di dpn archibald fountain.
Akhrnya pagi itu krn kami sdh sampai st james kami memutuskan untuk beli oleh2 di paddys market. Dari hyde park kami jalan sekitar 13 menit. Akses jalan agak terganggu krn ada perbaikan jalan utk tram. Tapi tetap nyaman. Paddys market adalah area lantai bawah, lantai 1 smp ke atas adalah market city. Dari paddys market kami naik tram menuju fish market. Ada kejadian lucu kami ga tau klu tap off dulu di tiang tmpt halte tram, kirain di dalam pas masuk tram baru tap off. Alhasil pas turun kami kelabakan dan seorang kenalan memberi tau bahwa kami akan kena charge maximum akibat itu. Ya sudahlah haha. Makan di fish market bikin kami hepi banget secara kami penyuka seafood apalagi dlm keadaan fresh seperti ini. Wahh yummy…
Dari fish market kami naik tram menuju central lalu pindah naik train menuju circular quay. Enaknya kalau dalam sehari kami sdh menggunakan public transport AUD 15 maka selebihnya hari itu free. Malamnya kami naik ferry dari circular quay ke darling harbour utk nonton fireworks.
Hari 3 :
Pagi itu kami ikut bus tour berbayar AUD 15 yang sudah kami daftar kemarin. Biaya tsbt hanya utk biaya baik bus. Tips buat TL serela hati kita. Bis itu menyusuri macquarie point, king cross, rose bay, dan berakhir di bondi beach. Tiap berhenti kami diksh waktu 15-20 menit utk liat2 n foto2. Ada yang lucu waktu di Bondi beach, kami turun dan yg kami cari pertama kali adalah WC hihi alhasil habis itu kami main di pasir dan foto2 di dpn lifeguard bondi dan wahh ternyata waktu buat kami sdh habis. Berlarian kami menuju bus. Dan nyaris ditinggal. Turis asal china ngeledekin saya bilang : kamu nyasar ya? Temen kamu kemana? (Teman saya masih lari2an di belakang saya ngejar bis)
Sampai lagi di hyde park kami menyempatkan untuk melihat dalamnya St Mary Catedral dan kebetulan hari itu mau ada pemberkatan pengantin, tapi krn belum datang kami cuek aja foto2 di pintu masuknya xixi
Dari situ kami memutuskan balik lagi ke paddys, kami makan siang nyobain pho seharga AUD 10 di food court lt 2 (atau 3 lupa).
Dari chinatown naik tram (kali ini ga lupa tap off di tiangnya sblm naik hehe) menuju central dan balik hotel. Malam itu kami memutuskan mengikuti ibadah di Hillsong church waterloo. Malamnya tiba2 sepupu saya yang memang bermukim di oz muncul di pintu depan gereja (surprise sekali krn dia baru balik berlibur ke jerman) dan ajak kita makan di Hurricane’s di top ryde city (malam itu malam minggu dan bisa dipastikan lokasi lain akan penuh dan di sini biasanya tdk terlalu penuh). Kami pulang diantar sepupu saya tapi sayangya jalanan malam itu ditutup krn Vivid. Akhrnya kami minta diturunin di daerah terdekat dan jalan kaki ke hotel. Btw hari itu kami sdh terlampau pegal dan kami cuek copot sepatu kami dan pakai slipper hotel buat jalan ( kami pakai rumus : ga ada yang kenal ini haha) saat dekat hotel sekumpulan ibu2 bule tiba2 menunjuk kami sambil ketawa geli : liat tuh cewek2 pake sendal jepit!! Kami? Cuek aje jalan terus haha.
Hari 4 :
Krn hari itu kami pulang Jadi kami putuskan untuk menyusuri the rocks sebelum menuju airport. Seputar hotel tempat kami menginap banyak bazarr yang menjual makanan dan pakaian. Kami menyempatkan masuk ke Discovery Museum utk lihat2 sejarah soal aborigin dan kawasan the rocks di masa lalu.
Setelah itu kami menuju stasiun dan langsung naik train ke airport. Selama di sydney kami isi opal card AUD 40 saja dan masih ada lebih sekitar AUD 6 karena hari minggu kemana pun kita pergi menggunakan public transport dgn memakai opal card berbiaya AUD 2,5

Maaf jika ada kata2 yang menyinggung dalam post saya ini. Tujuan post ini hanya ingin membantu teman BD yang merencanakan short trip ke sydney. #BDsydney

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/