Hai sobat Biers,
Untuk yang mau ke Jungfraujoch Swiss, jangan lupa bukan hanya Jungfraujochnya yang mempesona. Saya kok lebih berkesan dengan kota-kota sekitarnya terutama Grindelwald dan Wengen.

Sebagai info semua kereta api ke Jungfrauhoch berangkat dari stasiun Kleine Scheidegg. Stasiun ini bisa dicapai melalui 2 alternatif yaitu Interlaken – Zweilütschinen – Lauterbrunnen – Wengen atau Interlaken – Zweilütschinen – Grindelwald. Kalau mau dapat lengkap bisa memilih naik dengan rute satunya dan turun dengan rute lainnya. Semua pemandangan sepanjang dua rute tersebut indah. (Tips : duduk di sebelah kanan kereta saat berangkat dari Interlaken menuju Lauterbrunnen kemudian pindah kereta menuju Kleine Scheidegg juga tetap pilih duduk di kanan kereta)

Saking indahnya kita sampai sempai berhenti dan mengelilingi kota Wengen. Kota yang cukup besar dan dilalui baik kereta api maupun mobil hanya Interlaken, Lauterbrunnen dan Grindelwald. Kota-kota kecil lainnya hanya bisa dicapai dengan kereta api sehingga bisa dibayangkan betapa damainya Wengen.

Kita sendiri memilih menginap dua malam di Grindelwald saat bulan September 2017 yang lalu karena selain lebih murah dari hotel di Interlaken, juga lebih terasa suasana pedesaan Swiss.

#BISwiss #BIWengen #BIJungfraujoch #BIGrindelwald

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/