Hai teman-teman BD, saya mau berbagi pengalaman apply Visa Turis Australia. (Notes: Buat yang mau nonton Coldplay bulan Desember 2016 ini saya sarankan sudah apply visa awal November karena just in case ditolak masih ada waktu untuk apply kembali)

Saya apply visa turis ini via www.vfsglobal.com, kantornya ada di Lantai 2 Kuningan City, Jakarta Selatan. Saya pilih ini karena dekat dengan kantor saya di Mega Kuningan. Sebelum ke sana, saya menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen itu antara lain:

1. Passport yang masih berlaku (WAJIB fotokopi bagian depan, tanda tangan, bagian cap2 visa dari negara lain, dan bagian belakang yang ada keterangan alamat)
2. KTP (dan fotokopinya)
3. Akta Lahir (dan fotokopinya)
4. Kartu Keluarga (dan fotokopinya)
5. Surat Keterangan Karyawan (recommended) asli dan ada cap dari kantor menerangkan bahwa kita benar karyawan dan akan kembali ke Indonesia setelah trip berakhir.
6. Mutasi Rekening Aktif 3 Bulan Terakhir (recommended) asli dan ada capnya
7. Foto diri 4×6 dengan background putih, wajah yang datar-datar aja :/
8. Tiket PP (recommended)
9. Jadwal perjalanan atau Itinerary (misalnya kalo di kasus saya: tiket konser, bukti penginapan/hostel selama di Brisbane dan Melbourne, dll)

Tips:
1. Datang ke VFS itu dengan dokumen yang lengkap, minta formulir 1419, petugasnya ramah dan siap membantu, jawab pertanyaannya dengan jujur aja, lalu kalo aplikasinya lengkap, kita masuk ke dalam antrean. Kalo bisa datang lebih bagi sekitar jam 10an karena antrean panjang bangetttt…
2. Visa bisa dibayar dengan uang tunai, debit, atau pakai CC kena charge 3%
3. Di aplikasi itu ada pertanyaan tentang apakah kita punya kerabat atau tidak di Australia, apabila kita punya, saya sarankan untuk juga menyertakan print/fotokopi passport kerabat yang ada di sana. Nah saya awalnya kurang tahu soal info ini, akibatnya saya musti keluar VHS itu untuk fotokopi di luar, lalu masuk kembali ke dalam VHS.
4. Setelah selesai, kita akan mendapatkan bukti pembayaran dan nomor VHN yang bisa kita cek aplikasi visa kita sampai mana (track your aplication). Prosesnya kira-kira 15 hari kerja.
5. Visa elektronik pun akan meluncur ke email kita apabila sudah diproses.

Bagi yang baru kali pertama mengajukan visa ke Australia seperti saya, ketakukan visa tidak granted selalu terbayang tiap hari hehe.. Setelah menunggu dengan cemas, visa saya granted di hari ke 4 🙂 Selamat mencoba! #BDAustralia #BDBrisbane #BDMelbourne #ApplyVisa #VisaAustralia

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/