Hai teman2 jumpa lagi ni. Saya mau berbagi pengalaman untuk apply visa Rusia. Bulan Oktober ini konsulernya baru. Jadi banyak peraturan yang baru. Jadi untuk apply visa Rusia harus lampirkan booking penginapan yg sudah full paid. Jika hanya lampirkan booking penginapan saja visa tidak bisa di proses walaupun kita sudah bayar visa rusia usd 70. Dan semua bukti paid full penginapan harus ada. Banyak sekali yang apply visa sudah bayar dan balik lagi untuk urus penginapan yg sudah bayar. Termasuk jasa travel di Jakarta urus visa Rusia.

Beruntunglah teman2 yang sudah apply visa Rusia dengan konsuler lama. Karena lebih fleksibel dan gak banyak aturan. Awalnya saya apply visa ikutin cara kawan2 yg sudah kasih info. Pas sampai di dubes Rusia dan sudah bayar USD 70, tiba2 di telpon oleh petugas konsuler. Harus lampirkan bukti full paid penginapan. Jadi mau gak mau saya bolak balik ke dubes, sampai 10 hari akhirnya berhasil. Tapi ada juga hostel yang kita booking dan minta full paid, kita infokan bilang bayar full aja, tetapi hostel tsb tidak mau. Jadi pihak hostel itu hanya kasih info bahwa kita bener2 nginep di hostel ini dan bayar di tempat. Lalu saya infokan juga ke dubes Rusia. Tapi dubesnya tetep kekeh minta bukti full paid. Waduhhh bener2 gak mudeng.

Akhirnya semua email dari pihak hostel yg sudah kita booking dan full paid kita forward emailnya ke konsuler dubes rusia. Termasuk hostel yg tidak mau terima bayar dan hanya kasih info bayar di tempat dan nama, no passport di sebutkan.

Tidak lama kemudian dan akhirnya kami ditelpon, besok sudah bisa ambil visanya. Yessss diapproved juga deh.

Jadi teman2 untuk apply visa Rusia mulai hari ini harus siapkan dokument untuk apply visa Rusia sbb :

1. Passport asli dan passport poto copy
2. Foto visa 3 x 4 = 2 lembar dengan background putih (foto harus baru)
3. Visa support bisa minta dari hostel yg sudah kita booking maupun dari EO Rusia
Bayar usd 30
4. Booking penginapan yang sudah di booking dan sudah bayar
5. Form yang sudah di isi on line bisa buka di web : www/visa.kdmid.rv
6. Itinery selama explore di Rusia
7. Datang ke embassy the Rusian Federation Consuler Section (sebrang RS. MCC kuningan)
8. Bayar USD 70
9. Waktu 14 hari kerja
10. Jangan lupa lampirkan poto copy asuransi travel itu wajib ya 😉

Semoga info saya ini bermanfaat ya
#BDRUSIA #BDVISA

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/