Hallo bders..saya mau share pengalaman pertama trip di hongkong-shenzhen-macau, mungkin udah banyak yang share, tapi siapa tau info dari saya bisa menambahkan referensi buat temen-temen di grup ini.
✔️ hari ke -1, naik bis dari bandara HKG ke hotel didaerah tsim tsa sui ternyata mudah dan murah dibandingkan naik express train, itu yg terpenting. Di bandara hkg terminal bis bandara sangat teratur dan dan jelas, krn ada papan petunjuk bis sesuai arah dan ada kode bis, yg penting kita perhatiin jangan sampe salah.

✔️untuk bders yang muslim, cari makanan halal di sekitar tsim tsa sui bisa langsung ke chungking mansion, disitu ada resto chinese food halal dan ada beberapa resto india/arab yg halal. Ada aplikasi “Muslim Pro” yang bisa di install di hp jd bisa bantu untuk nunjukin kiblat, tempat makan halal disekitar lokasi kita dan ada reminder waktu shalat waktu setempat.

✔️sempetin liat symphony of light jam 8 malem di harbour city deket stasiun MTR tsim sha tsui dan hongkong cultural centre.

✔hari ke -2, ️Ke Shenzhen dari hongkong, bikin Visa On Arrival di station Lo wou, sangat gampang. Tinggal siapin uang 169 Yuan buat bayar visa. Ruang pembuatan VOA naik satu lantai dari imigration check nya Shenzhen.

✔️️ke Shenzhen sangat jarang bisa ketemu orang yg bisa bahasa inggris, jadi musti siapin batre hp selalu full, karna musti browsing2 lokasi dan online MTR map dan google map navigation trus selama disana.

✔️kalo ke shenzhen niat belanja, better pilih penginapan disekitar dongmen street, jd bisa puas jalan sampe malem untuk shopping, di dongmen toko2 dan pasar nya buka jam 11 pagi dan tutup jam 12 malem. Oh ya, ada restoran chinese halal di pinggir jalan utama dongmen street, yg buka sampe tengah malem, porsinya banyak dan enak. Pagi bisa jalan ketempat wisata dan sore sampe tengah malam belanja.

✔️Tempat wajib yg saya kunjungi di shenzhen adalah Window of the World (miniatur icon2 negara diseluruh dunia) . Butuh waktu 6 jam an buat ngabisin keliling tempat wisata ini. Untuk yg hobi fotografi kayak saya, waktu cepet bgt berlalu, banyak spot2 bagus yg belum ke capture. Kalo suka pertunjukan musik dan tari, ada pertunjukan bagus malem hari di WOW yg dimulai jam 7.30 pm.

✔️kalo dari beberapa testimoni yg bilang shenzhen gak aman buat cewe bakpacker, menurut saya tergantung kita nya dalam menjaga diri dan pilih tempat2 yang kira2 aman buat nginep dan tempat wisata, kemana mana naik public transport (MTR) so far selama di shenzhen kami aman2 aja sampe kembali ke hkg.

✔️hari ke-3, balik ke hkg, sebelum keluar dari station lo wou di shenzhen menuju hongkong, jangan lupa sempetin mampir di lo wou commercial centre (kayak itc) jual barang2 fashion dan mainan anak2 yg murah2 (dibandingin dgn di indo bisa 3xlipat lebih murah), harga bisa ditawar dan kalo beruntung bisa 50% dari harga awal.

✔️wisata belanja di hongkong adalah Ladies Market, naik MTR jurusan Mongkok (red line), ladies market nya deket stasiun mongkok, baca petunjuk jalan yg ada di persimpangan jalan2 utama. Ladies market buka dari sore sampe jam 12 malem, tapi sebagian pedagang udah mulai beberes pulang dari jam 11. Dan ada 1 pasar lagi agyle centre

✔️ hari ke-4 jalan ke macau, kalo kebanyakan orang akan naik turbojet yg menuju macau ferry terminal, kami secara tdk sengaja membeli tiket cotai ferry yg port nya di taipa ferry terminal. Sempet panik, karna khawatir salah port akan salah tujuan. Mau beli tiket baru, sayang musti buang uang lagi. Akhirnya nekat untuk lanjutin petualangan kami dgn cotai ferry. Alhamdulillah yang awalnya kami fikir bakal nyasar ntah kemana, ternyata malah kami tiba di port yg sangat dekat dengan venetian macao, salah satu tujuan utama kami. Puas berkeliling venetian macao, dari venetian macao kami bisa jalan kaki ke hard rock hotel untuk sekedar beli ole2 dan ke City of Dream. Dari situ bisa naik bis gratis ke arah senado square. Dari senado square jalan kaki ke Ruin St Paul, salah satu icon kota Macau. Jangan lupa cicipi egg roll dan egg tart di toko deket Ruin St Paul. Puas poto2 disini, kami memilih kembali ke taipa ferry terminal menggunakan free bus. Dan sore hari sudah kembali meluncur ke hkg dgn cotai ferry.

✔️hari ke-5 krn flight kami jam 5 sore, jadi hanya berjalan2 disekitar mongkok yg padat pertokoan dan pusat belanja, lanjut ke central station untuk in-town check in. Dan saatnya kembali ke jakarta. Belum puas explore hongkong, tapi paling gak udah berhasil ngebolang di 3 kota tanpa guide, modal nekat dan modal semangat untuk bisa menaklukan rasa takut untuk pergi ketempat baru di negri orang. Tapi sebelum pergi, banyak baca2 aja soal kota yg kita tuju.

Sekian, maaf jadi panjang ya😁 #bdhongkong #bdshenzhen #bdmacau

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/