Hallo guys,

Saya mau share tentang trip ke Australia bagian yang jarang dijamah. Hihihii.. Kalo mayoritas yang ke Australia kebanyakan main ke kota Sydney, Perth atau Melbourne. Kali ini mau share tentang perjalanan agustus tahun lalu ke Darwin – North Territory (a.k.a NT/Top End) selama 5 hari. Kenapa main kesini?? Selain jaraknya dekat dengan Bali hanya 2,5 jam, alamnya yg luar biasa keren dan penasaran banget liat buaya air asin yg gede bgt hahahaaa. Kota Darwin ini sendiri kecil bangett, kebanyakan orang transit karena melanjutkan perjalanan untuk road trip ke national park di North Territory seperti Litchfield NP, Kakadu NP, Katherine George NP, and Uluru. Cuaca di Darwin sama persis dengan Indonesia panas banget tapi anginnya sejuk. Harus bawa sun block extra banyak. Suasana kota sepi banget siang maupun malem.

Waktu terbaik untuk kesini pas Dry Season (Mei-Oct) karena pas wet season national park nya pada banjir nd banyak buaya. Oh iya populasi buaya di NT lbh banyak drpd manusia. Jadi klo pas banjir dijalanan hati-hati bgt banyak buaya. Utk jalan di city muter-muter cuman habis 1-2 jam aja. Tarif bus di darwin 3 A$ 3 jam. Area city sendiri kecil banget kemana bisa jalan kaki kecuali ke daerah sub urban bisa mengunakan bus.
Berhubung dateng pas dry season ada Mindil Beach Market. Pasar terbuka di pinggir pantai yg jual byk makanan, handycrafts asli NT/aborgin, dan pertunjukan seni free, sambil nunggu sunset yang banyak org bilang cuakep, tapi sedihnya pas kemaren disana nggak dapet sunset krn berawan.. hiks. Oh iya di Darwin kita gak boleh sembarangan main air di pantainya karena by saltie (buaya air asin) nd box jellyfish. Typical pantainya juga gak sebagus daerah Australia lainya, pasirnya coklat and airnya keruh.

Untuk Akomodasi, hostel disini terbilang mahal daripada kota lain di Australia. Saya ambil Youth Shack Hostel (http://www.youthshack.com.au/ ) di daerah ST. Mitchel. Daerah paling happening dan pusat kota. Rata-rata harga hostel start dr 28$,tidak ada free wifi dan gak pake breakfast. Depan hostel Youth Shack Hostel ada Crocosaurus Cove (http://www.crocosauruscove.com/ ) dan sebelah sekitar 500 meter ada COLES supermarket yang buka dari jam 6 pagi – 10 malam. Di dalam hostel dan sekitarnya banyak terdapat travel agen, jadi mudah banget kalau mo booking tour atau sewa mobil. Untuk tour harganya tergantung destinasi or kalau mo murah gabung di grup backpacker bikin iklan untuk minta tebengan/share ride. Efektif bgt tuh! Berhubung travel solo jd nyari tmn mll pake cara tersebut. Dikarenakan waktu terbatas akhirnya saya ngambil Day Tour termurah untuk Jumping Croco dan Litchfield NP seharga 99A$, harga termurah yang saya dapat di agen tour hostel saya.

Obyek wisata yang saya datangi selama disana;

Crocosaurus Cove
Ini seperti mini zoo ditengah kota yang isinya 6 aquarium besar berisi saltwater crocodile khas North Territory dan binatang khas North territory lainnya seperti ular dll. Disini juga ada atraksi Cage of Death yaitu berenang bersama saltie hahaha,, biayanya per person 150 A$. budget nelangsa gini ampe gak bisa nyobain atraksi ini. Selain itu ada atraksi ngasih makan anak buaya. Tiket masuknya 35 A$ bisa bebas keluar masuk seharian, jangan hilang tp tiketnya. Perhatikan jam-jam dimana para ranger akan kasih atraksi free dan tanya jawab tentang hewan yang ada disitu.

Jumping Crocodile
Ini bagian dari Day Tour yang saya ikuti. Jadi kita menyusuri Adelaide River, rumah bagi populasi saltwater crocodile terbesar di NT ada sekitar 140rb saltwater crocodile, bull shark ( hiu banteng ) dll. Jad kebayang dunk deg-degannya pas di dalam kapal yang klo ampe jatuh nyemplung bisa gutbye. Disini sepanjang perjalanan kita bisa liat buaya berjemur. Airnya keruh banget jadi extra teliti buat bedain bongkahan kayu atau body buaya yang ngambang hahaaa. Nanti pawangnya akan kasih atraksi mancing buaya pakai daging biar dia lompat tinggi. Asli seruu bgt keren karena itu suara buaya rahangnya kedengeran mengelegar banget ahhahahaa… belum lg ketika rebutan makanan ma buaya lain. Selain itu pawangnya akan ngasih makan elang liar dengan ngelempar makanan di udara terus elangnya langsung nyaplok. Aaahhh keren bgt. Btw di kota Darwin sendiri masi banyak lho kita bisa liat elang siliweran hihiii..

Litchfield National Park
Masih merupakan bagian dari day tour saya, Ini salah satu national park yang terdekat dari Darwin hanya 1,5 jam perjalanan. Di kompleks ini ada berbagai air terjun dan cascade yang hanya dibuka selama dry season ( mei – oct) diluar bulan itu pas wet season banyak terdapat buaya air tawar atau bahkan buaya air asin suka nyangsang disini. Airnya dingin bangettt enak asik buat berendem cyantik maupun berenang lompat-lompatan. Tapi gak semua air terjun di wilayah ini bisa dipakai berenang, please untuk selalu patuh and aware dengan sign tanda beware crocodile here, kalau gak pengen celaka.

Budget yang saya habiskan di Darwin selama 5d4n kurang lebih 3,5jt ;
•Hostel di Youth Shack Hostel per mlm 32A$ jadi 4 mlm 128 A$
•Shuttle bus airport 32A$ pp
•Public bus 3 A$ per 2 jam
•Ticket Masuk Crocosaurus Cove 35 A$ seharian bebas keluar masuk
•Day Tour Litchfield NP and Jumping Crocodile 99 A$
•Biaya makan gak lebih dari 50 A$
Untuk biaya pesawat Airasia Bali – Darwin 2jt pp (beli 2 bln sebelumnya, bisa lbh murah kalo promo).

Klo suka petualangan wajib bgt jelajah Top End. Nabung yaa karena kalau mau jelajah semua national park amat lumayan nguras kocek juga but worth it bangett!! Saya sendiri nyesel berat karena sebentar nd budget terbatas banget jadi gak bisa jelajah semuanya. Jadi someday harus balik lagi campervan road trip keliling NT aminnnn… #BIAustralia #BIDarwin

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/