Hallo selamat malam kawan2, semoga dimanapun kalian berada akan selalu baik2 saja dan sehat walafiat yah setelah seharian melakukan aktifitas kerja..

Akhir2 ini admin sedang ingin sering2 berbagi tips dan tujuan destinasi yang bisa di bilang anti mainstream lah yah kata orang2 gaul gitu.. karena tulisan saya kali ini emang bener2 buat orang2 yang menikmati keindahan alam yang jarang sekali terexplore oleh media..

Masih sekitaran Nusa tenggara timur nih yah, maen maen gak jauh dari ibu kota Kupang.

trip ini cocok buat kalian yang singgah di kupang dan tidak memiliki waktu lama untuk explore kupang, tapi di jamin 1000% kalian akan terobati dengan explore daerah yang saya tulis ini.. mata kalian akan terbuka betapa indah nya indonesia.. cukup satu hari pengalaman kalian akan bisa diingat dalam waktu yang lama.. hahaha

nama daerah nya Pantai Oetune, Kolbano dan dua spot yang tak tahu namanya tapi keindahan nya kelas dunia lah kalau menurut saya pribadi sih… heheh

deretan pantai ini terletak pada sebuah desa unik di Pantai Selatan Pulau Timor, Kabupaten Timor Tengah Selatan-NTT, berjarak sekitar 90 km dari SoE (ibu kota kabupaten) dan 140 km dari Kupang (ibukota provinsi).

akses menuju kesana lumayan banyak kalau dari jawa, bisa lewat bali, surabaya, flores, maupun lembata. akses nya bisa di jangkau menggunakan udara dan laut, kemudian jika kita sudah sampai kota kupang, kita bisa
melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus dengan Tujuan SoE dan anda harus turun dititik percabangan ke kanan antara daerah Noelmina dan daerah Batu putih dan melanjutkan perjalanan lagi dengan jarak lebih dari 65 km, atau juga bisa sewa kendaraan seperti motor dan mobil yah,,

biar lebih santai dan enjoy trip nya, karena percayalah jika kalian menggunakan bus disini kalian akan merasakan pengalaman baru naek bus ala ala orang timor, hahahah not bad lah tapi layak di coba setidak nya sekali seumur hidup..

untuk kondisi jalannya sendiri Mulussssss gak kayak di daerah lain nya, ya mungkin karena masih belum banyak kendaraan berat yang lewat jadi jalanan nya mulus tapi ada beberapa titik yang aspal nya mengelupas, jadi kita harus sedikit waspada pada jalan2 yang rusak di beberapa titik saja.

Dan soal keamanan?
tenang disini 100% aman, saya kategorikan aman untuk tindak kriminal dan pembegalan kendaraan yah, hahah karena disana sangat jarang sekali kasus yang beginian, namun yang tidak aman disana adalah hewan ternak yang liarkan oleh pemilik nya, jadi tak jarang kecelakaan karena nabrak hewan ternah, saya pun sudah pernah nambrak anjing, babi , bahkan hampir mati karena nabrak seekor kerbau yang sedang nyebrang jalan, akh ketika saya mengingat moment itu, baper jadi nya pengen kesana lagi… hahaha

trus akomodasi dll?

kalian bisa naek bus dengan harga sekitaran 50 ribu, atau kalian bisa sewa kendaraan di kota kupang, (tapi saya belum ada info tentang penyewaan kendaraan di kupang hehe maklum kemaren bawa motor sendiri, jadi kemana2 gampang tinggal ngegas aja brummmm )

untuk tiket masuk atau apapun disana semua gratissss tak di pungut biaya apapun dan tidak ada pungli dari warga yang tinggal disana.. disini saya saking respect nya dengan warga timor.. walaupun tingkat kemiskinan di timor itu lumayan besar namun, prinsip mereka pantang sekali mengemis ataupun mencari uang dengan cara yang tidak benar.. saya benar2 takjub dengan kerahaman dan kearifal lokal budaya setempat,, sangat ramah kepada pendatang…

cuma kita harus tau diri aja untuk bayar parkir yang merekapun tidak menetapkan nominal nya berapa,, yah palingan 1 motor kita kasih 5000-10000 mereka sudah sangat senang sekali untuk berbagi cerita canda maupun tawa… akh rasanya ingin kembali lagi kesana kalau ingat2 kebaikan orang timor… hahah

Apa yang akan kalian dapat disana??

nah ini point penting.. kalian akan di suguhi pemandangan yang super duper aduhai.. bener saya bilang begitu.. SUPER DUPER aduhaii indah..

1. disana ada pantai unik yang komposisi pantai nya tidak ada pasir.. namun terdiri dari batu2an koral kecil yang halus dan bersih.. hahhaha ketika saya kesana waktu itu malah ditawatin anak2 sekitar sana batu akik yang langsung di cari di pinggir pantai itu sendiri, harga nya tidak mahal, cukup 1000 atau 2 ribu aja kita udah dapet 1 buah batu yang bila di proses bakalan jadi cincin yang indah .. heheh kalian bisa berguling2 dan tidur2an di pinggir pantai tanpa harus takut kotor terkena pasir,, atau bercanda gurau bersama teman pacar, peliharaan dan keluarga… hahah

2. kalian ada dapet landscape yang jarang di pandang oleh mata manusia kebanyakan… hahahah agak lebay sih… tapi saya ungkapkan disini sesuai dengan apa yang saya lihat,, daerah itu indah dan terjaga , serta lagi2 budaya lokal dan keramah tamahan masyarakat nya yang jadi nilai tambah bagi saya… huh sungguh menguras emosi jika membayang kan dan membuat tulisan mengenai daerah timor. cuma 1 kata. SAYA KANGEN BALIK LAGI.

oh iya, sedikit info, jika kalian sudah sampai kolbano, cukup singgah dan foto2 disana gak usah berenang. dan lanjutlah perjalanan. (kebanyakan orang stop di kolbano foto-foto lalu pulang) disini kesalahan mereka.. saran saya kalian harus melanjutkan perjalanan, yah saya juga gak tau daerah nya dimana itu yang pasti tembus nya ke perbatasan indonesia – malaka.. jalan saja dan nikmati perjalanan.. cukup 1-2 jam perjalanan setelah pantai kolbano.. dan kalian akan menyaksikan pemandangan yang benar2 jarang dilihat oleh orang kebanyakan.. bayangin aja dipinggir jalan ada pemandangan yang sempurna kayak foto yang udah saya ambil dan saya share ini..

tapi ingat yah kawan2, setelah saya share pengalaman dan info ini, jika kalian akan mengunjungi nya, saya titip pesan kepada kalian, tolong di jaga tempat itu minimal tidak membuang sampah sembarangan apalagi kalian sampe melakukan vandalisme, percayalah semua itu akan merusak apa yang sudah di ciptakan oleh tuhan dan mungkin tidak akan disaksikan lagi oleh anak cucu kita nanti… dan yang paling penting selalu ramah kepada warga setempat dan jangan pernah menyombongkan diri kalian di depan mereka.. dimana bumi di pijak di situ langit di junjung yah teman.. hehehe sekian dah tulisan kali ini saya buat… yah kemungkinan saya akan sering2 sharing2 perjalanan saya minimal sehari 1 postingan biar kawan2 tau indonesia bagian timur itu indah dan murah untuk di jelajahi.. dan juga masyarakat nya tidak seperti yang kalian pikirkan, mereka baik, ramah dan yang pasti sangat toleransi terhadap perbedaan…

heheh biar admin nya gak di katain jarang piknik sih sebener nya hahahahaha

hahahah yakin dah yang pada baca postingan kali ini bakalan baper pengen kesana. hahah

tungguin lagi yah postingan saya berikut nya.. masih ada 1 lemari pengalaman dan foto perjalanan yang udah lumayan lama saya simpan,,, dan kali ini saya akan berbagi sama kawan2,, semoga saja kalian bisa menikmati apa yang sudah saya lihat yah heheh

salah explore nusantara yah..

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/